Seseorang yang diet cenderung mengurangi asupan kalori harian tubuh. Tidak hanya selektif dalam memilih makanan, pelaku diet juga harus selektif dalam memilih minuman untuk diet. Minuman untuk diet yang baik adalah minuman yang rendah kalori, rendah gula, dan memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan.

Agar mendapatkan informasi lebih luas mengenai minuman untuk diet yang berkhasiat dan mudah dibuat di rumah, simak terus artikel ini hingga selesai.

Rekomendasi Minuman untuk Diet

1. Protein Shake

Minuman untuk diet ini terbuat dari bubuk whey, yaitu susu yang dihasilkan dari proses pembuatan keju. Selain rendah kalori, whey tinggi kandungan protein yang berfungsi untuk mempercepat laju metabolisme tubuh kenyang lebih lama, dan mengontrol nafsu makan. Apabila diimbangi dengan olahraga rutin, minuman ini bisa membantu membangun massa otot agar lebih optimal.

2. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak atau susu low fat memiliki kadar lemak lebih sedikit, yaitu sekitar 1 persen hingga 2 persen dibandingkan susu lainnya, sehingga tidak memicu kenaikan berat badan. Bagi orang yang sedang diet, susu rendah lemak ini cocok dijadikan minuman untuk diet. Dengan minum susu rendah lemak, Anda akan mendapatkan lemak sehat dengan kebutuhan kalsium tetap tercukupi.

3. Air Putih

Minuman untuk diet yang paling mudah kita dapatkan adalah air putih. Air putih adalah minuman yang sangat rendah kalori karena air putih mengandung 0 kalori, tapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Minum air putih saat lapar bisa menunda rasa lapar dan mengurangi nafsu makan. Sehingga, mengganti minuman berkalori tinggi dengan air putih bisa membantu menurunkan berat badan. Minum air putih juga diperlukan oleh tubuh agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

4. Infused Water

Selain air putih, minuman rendah kalori lainnya adalah infused water. Infused water dipercaya bisa menghilangkan racun di dalam tubuh, sehingga tidak jarang disebut sebagai air detoks. Dalam satu botol infused water, kalorinya hampir 0 kalori.

minuman_untuk_diet_infused_water

Berbeda dengan air putih, minuman ini memiliki cita rasa tambahan dari buah berupa rasa manis. Selain baik untuk diet, cara pembuatannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu memotong buah lemon, timun, dan daun mint, kemudian mencampurkannya dengan sebotol air.

5. Jus Buah dan Sayur

Jus buah dan sayur adalah salah satu minuman untuk diet. Dengan konsumsi minuman jenis ini, Anda bisa mendapatkan asupan serat dan vitamin. Jus buah yang terbuat dari tomat, apel, melon, semangka, dan stroberi rendah kalori, tapi kaya serat.

Sementara itu, jus sayur bisa terbuat dari sayur bayam, kale, wortel, brokoli, dan tomat. Selain dijadikan jus, sayur ini bisa dijadikan smoothie. Kandungan serat yang tinggi pada sayuran bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Tapi saat Anda konsumsi jus buah ataupun sayur, sebaiknya tidak ditambahkan gula.

6. Air Kelapa

Minuman untuk diet yang satu ini memiliki rasa segar dan nikmat, terutama saat diminum di cuaca panas. Dibandingkan jenis minuman yang memiliki rasa manis lainnya, air kelapa termasuk rendah kalori. Di dalam 10 ml air kepala mengandung kalori sebanyak 19 kalori.

Selain rendah kalori, air kelapa juga mengandung nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, mineral, dan kalium. Air kelapa juga mengandung elektrolit yang bisa membantu memenuhi kebutuhan air harian tubuh.

7. Teh Hijau

minuman_untuk_diet_teh_hijau

Teh hijau adalah salah satu makanan rendah kalori. Di dalam satu cangkir teh hijau panas, hanya mengandung kalori sebesar 1 kalori. Kafein di dalam teh hijau bisa meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar kalori. Kafein juga bisa meningkatkan pembakaran lemak tubuh saat berolahraga. Itu sebabnya, teh hijau bisa dijadikan minuman untuk diet.

8. Air Kayu Manis

Selain dijadikan sebagai salah satu rempah-rempah masakan, ternyata air kayu manis bisa menjadi salah satu minuman untuk diet. Minum air kayu manis bisa membantu menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan.

Cara membuat air kayu manis cukup mudah, yaitu Anda bisa memasukkan batang kayu manis ke dalam air panas, kemudian didihkan selama kurang lebih 6-8 menit. Anda bisa menyaring air kayu manis yang sudah didihkan, kemudian mencampurnya dengan jahe, lemon, atau madu untuk menambah cita rasa.

9. Teh Jahe

air_jahe

Jahe memiliki rasa pedas yang khas bisa menghangatkan tubuh. Tidak hanya menghangatkan, ternyata teh jahe juga baik dikonsumsi saat diet. Panas yang dihasilkan dari teh jahe bisa membuat metabolisme tubuh menjadi lebih cepat, termasuk mempercepat proses pembakaran lemak. Itu sebabnya jahe bisa dijadikan sebagai salah satu minuman untuk diet.

10. Air Lemon

Air lemon sudah sejak lama dikenal sebagai minuman untuk diet. Selain segar, air lemon juga tinggi vitamin C, antioksidan, dan serat. Air lemon juga rendah kalori. Manfaatnya dalam meningkatkan metabolisme tubuh, berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Selain bermanfaat untuk penurunan berat badan, air lemon juga bisa membantu melancarkan pencernaan dan menghindari tubuh dari dehidrasi.

Artikel terkait:

10 Tips Menurunkan Berat Badan di Rumah dengan Cepat dan Sehat


About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles