Penderita asam lambung memang memiliki beberapa pantangan makanan yang banyak sekali jenisnya. Walaupun demikian mereka tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian, khususnya vitamin. Lalu apa saja vitamin untuk penderita asam lambung yang bagus untuk kesehatan?

Sebelum membahas lebih lanjut hubungan antara vitamin dengan asam lambung, kita harus mengetahui nutrisi vitamin lebih lanjut terlebih dahulu.

Apa itu Vitamin?

Vitamin adalah nutrisi organik yang masuk dalam jenis nutrisi mikro. Mengapa? Sebab, tubuh sangat membutuhkan vitamin tetapi jumlahnya hanyalah kecil, tidak banyak seperti karbohidrat, protein, dan serat.

Walaupun dalam jumlah kecil, peran vitamin sangat penting untuk tubuh sehari-hari atau di masa depan. Kekurangan vitamin sendiri dapat menyebabkan beberapa penyakit yang tidak diinginkan.

Apa itu Asam Lambung Naik?

Sedangkan asam lambung naik merupakan gangguan pencernaan yang sangat mengganggu kehidupan kita. Gangguan asam lambung naik adalah kondisi di mana naiknya cairan asam dari lambung menuju ke saluran kerongkongan.


Orang terkena asam lambung (sumber: canva)

Penyebab utamanya sendiri adalah melonggarnya atau berkurangnya kinerja dari otot esofagus, bagian yang membatasi antara lambung dengan kerongkongan. Hal ini biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak teratur dan gaya hidup tak sehat.

Kondisi di atas, menyebabkan penderita asam lambung memiliki daftar makanan yang harus mereka hindari. Padahal di lain pihak, berbagai nutrisi harus selalu mereka penuhi agar tidak terjadi komplikasi gangguan kesehatan yang lainnya.

Vitamin untuk Penderita Asam Lambung

Ternyata terdapat beberapa vitamin untuk asam lambung tinggi yang cocok untuk membantu mengatasi asam lambung. Apa saja vitamin-vitamin ini? Berikut adalah ulasannya.

  • Vitamin A

Pada beberapa makanan yang mengandung vitamin A pasti memiliki senyawa antioksidan yang tinggi. Misalnya seperti wortel, ubi jalar, labu, semangka, dan lain sebagainya.

Senyawa antioksidan yang tinggi dapat membantu tubuh dari serangan infeksi atau sumber-sumber penyakit yang dapat menyebabkan gejala asam lambung naik. Sehingga, gangguan asam lambung atau GERD pun dapat terhindari.

  • Vitamin B

Menurut beberapa penelitian, jenis-jenis vitamin B merupakan vitamin yang cocok untuk penderita asam lambung. Sebab, diet sehat bersama vitamin B yang tinggi dapat mengurangi risiko gejala asam lambung untuk kambuh.

Selain itu, vitamin B juga dapat membantu dalam mencegah berkembangnya gangguan asam lambung naik atau GERD. Sehingga gangguan pencernaan ini tidak akan berkembang semakin parah.

Jenis vitamin B kompleks yang dimaksud ini adalah vitamin B6, vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B12.

  • Vitamin C

Sama dengan vitamin A, beberapa makanan yang mengandung vitamin C ini memiliki senyawa antioksidan yang tinggi. Namun, kita harus mengetahui bahwa beberapa sumber vitamin C ini menjadi salah satu pantangan bagi penderita asam lambung, seperti tomat, lemon, dan jeruk.

Oleh karena itu, dalam memenuhi kebutuhan vitamin C, penderita asam lambung harus memilih makanan bervitamin C yang tidak memiliki sifat asam. Misalnya adalah melon, anggur, mangga, dan pisang.


Infuse water kaya vitamin (sumber: canva)

  • Vitamin E

Nutrisi vitamin yang cocok untuk penderita asam lambung berikutnya adalah vitamin E. Jenis vitamin ini memang kurang populer di kalangan masyarakat. Namun, kelompok-kelompok makanan yang mengandung vitamin E pasti akan mempunyai senyawa antioksidan tinggi.

Selain itu, vitamin E ternyata mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan jantung. Vitamin E juga bisa melindungi dari memburuknya asam lambung atau GERD yang dimiliki seseorang.

Kesimpulan Vitamin untuk Asam Lambung Tinggi

Melalui penjelasan di atas, beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E sangat baik dalam membantu mengatasi asam lambung naik. Sebab, vitamin mampu untuk mencegah beberapa gangguan kesehatan yang tidak kita inginkan.

Kita juga dapat mengonsumsi Nutriflakes untuk mengatasi gangguan asam lambung naik. Nutriflakes adalah sereal umbi garus yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik dan menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, bahan-bahan alami yang ada dalam Nutriflakes membuat minuman ini aman untuk penderita asam lambung konsumsi. Nutriflakes tidak menyebabkan efek buruk pada kesehatan tubuh kita.

Sereal sehat ini juga memiliki kandungan vitamin yang lengkap karena salah satu bahan alaminya adalah kandungan umbi garut dan kandungan daun kelor. Kedua bahan pangan ini mengandung vitamin yang tinggi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai vitamin untuk penderita asam lambung tinggi, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung naik!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles