Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Apa Sih yang Menyebabkan Asam Lambung Naik di Pagi Hari?
 
Apa Sih yang Menyebabkan Asam Lambung Naik di Pagi Hari?

Apa Sih yang Menyebabkan Asam Lambung Naik di Pagi Hari?

Asam lambung naik bisa menyerang seseorang pada waktu kapan saja dan di mana pun, salah satunya saat pagi hari. Penyebab asam lambung naik di pagi hari pun bisa berbeda dari penyebab penyakit pada umumnya. Gejala yang biasanya dirasakan ketika asam lambung kambuh adalah perasaan mual pada perut dan ingin muntah. Selain itu, bagian atas perut sampai dada akan merasa panas ketika asam lambung kambuh. Bahkan seseorang bisa merasakan aliran cairan asam lambung yang mengalir dari perut ke saluran kerongkongan. Perasaan panas ini adalah akibat dari cairan asam ini. Efek dari asam lambung naik ini pun sangat mengganggu, seperti kerongkongan yang kering atau mulut terasa pahit. Penyakit asam lambung yang kambuh di pagi hari bisa mempengaruhi mood seseorang untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

Penyebab Asam Lambung Naik di Pagi Hari

Ketika seseorang bangun tidur dan merasa sakit serta panas pada area perut sampai dada, artinya gangguan asam lambung naik sedang kambuh. Orang yang merasakan hal ini pasti menjadi tidak nyaman dan menjadi malas untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

Orang bangun tidur (sumber: canva)

Penyebab asam lambung naik di pagi hari ini bisa dikarenakan aktivitas penderita asam lambung ketika malam hari sebelum tidur. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan asam lambung naik pada pagi hari. Berikut ini adalah rinciannya:
  1. Mengonsumsi makanan pedas atau asam sebelum tidur.
  2. Banyak minum minuman yang mengandung kafein.
  3. Sedang dalam keadaan stress.
  4. Makan berlebihan ketika mau tidur.
  5. Sering merokok dan minum minuman beralkohol.
Jika kita ingin menghindari kondisi di mana asam lambung kambuh saat malam hari, sebaiknya hindari aktivitas-aktivitas yang tidak baik seperti penjelasan di atas. Hal ini untuk mencegah gangguan asam lambung, sehingga kemauan untuk menjalani aktivitas pada hari itu tetap ada.

Cara Mengatasi Asam Lambung yang Kambuh

Tentu saja gangguan asam lambung yang sering kambuh ini bisa diatasi dengan mengubah gaya hidup sehat serta pola makan teratur. Olah raga dan makanan sehat masuk di dalam gaya hidup ini.

Suasana pagi hari (sumber: canva)

Namun terdapat beberapa cara untuk mencegah agar gangguan asam lambung naik ini tidak kambuh, yaitu:
  1. Meminum air jahe
Jahe memiliki senyawa atau nutrisi yang dapat berguna untuk menyegarkan mulut dan merangsang produksi air liur dalam mulut. Selain itu, jahe juga berfungsi untuk menenangkan perut dan mengurangi produksi asam dalam organ lambung. Air jahe dapat diminum untuk menekan atau mendorong agar asam tetap berada dalam lambung. Minuman ini dapat diminum ketika malam hari atau pagi hari sehingga perut tetap tenang.
  1. Tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi daripada perut
Atur posisi yang tepat sebelum tidur menjadi kunci utama pada asam lambung agar tidak kambung pada pagi hari. Gunakan penyangga atau bantal yang sedikit tinggi, kurang lebih setinggi 15 cm. Tujuan dari penggunaan penyangga ini adalah agar posisi kerongkongan dapat lebih tinggi daripada posisi perut. Sehingga cairan asam dalam lambung tidak mudah untuk naik. Sebuah kajian menunjukkan bahwa cara ini efektif untuk menekan asam lambung di pagi hari.
  1. Membatasi porsi makan saat malam hari
Kendalikan porsi makan malam agar tidak berlebihan. Porsi makan yang banyak menjadikan organ pencernaan lama untuk mengolah makanan. Makanan yang belum tercerna dengan baik dan sempurna, asam lambung naik di pagi hari bisa terjadi. Cara lain dalam mengatasi asam lambung ini bisa mengonsumsi minuman serbuk Nutriflakes. Sereal Nutriflakes ini memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik dan menjaga kesehatan. Bahan-bahan alami yang ada dalam Nutriflakes memang diformulasikan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Demikian artikel mengenai penyebab asam lambng di pagi hari. Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Lambung