Asam lambung naik bisa menyerang seseorang pada waktu kapan saja dan di mana pun, salah satunya saat malam hari. Penyebab asam lambung naik di malam hari pun bisa berbeda dari penyebab penyakit pada umumnya.

Gejala yang biasanya dirasakan ketika asam lambung kambuh adalah rasa panas pada area perut dan dada. Bahkan seseorang bisa merasakan aliran cairan asam lambung yang mengalir dari perut ke saluran kerongkongan.

Efek dari asam lambung naik ini pun sangat mengganggu, seperti kerongkongan yang kering atau mulut terasa pahit. Penyakit asam lambung yang kambuh di malam hari bisa mengganggu kualitas tidur seseorang.

Akibatnya, orang yang kehilangan waktu tidur bisa memiliki permasalahan kesehatan lainnya. Contohnya adalah cepat lelah, mudah mengalami stress, mudah merasa marah, dan susah untuk fokus.

Penyebab Asam Lambung Naik saat Malam Hari

Melansir dari Sleep Foundation, asam lambung naik di malam hari dapat dipengaruhi karena posisi tidur yang tidak tepat. Terdapat beberapa alasan yang membuat asam lambung naik di malam hari.

 
Orang yang sedang tidur (sumber: canva)

Berikut ini adalah beberapa alasan yang dimaksud:

  1. Ketika seseorang dalam keadaan berbaring, cairan asam lambung tidak didukung oleh gaya gravitasi. Sehingga cairan asam lambung ini tidak bisa berdiam dalam perut. Cairan asam ini rentan untuk melewati katup esofagus dan naik ke saluran kerongkongan.
  2. Aktivitas menelan air liur sangat penting untuk menekan agar cairan asam tidak naik ke kerongkongan. Namun, tidur dengan posisi berbaring ini dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk menelan sesuatu.
  3. Saat orang melakukan aktivitas tidur, produksi air liur akan berkurang. Padahal air liur yang kita telan dapat mentralkan suasana asam dalam organ lambung. Sehingga air liur ini diaggap dapat mencegah kambuhnya asam lambung naik.

Selain kondisi alami saat seseorang dalam posisi tidur seperti yang telah dijelaskan di atas. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan asam lambung naik di malam hari. Berikut adalah uraiannya:

  1. Mengonsumsi makanan pedas atau asam sebelum tidur.
  2. Sedang dalam keadaan stress.
  3. Makan berlebihan ketika mau tidur.
  4. Sering merokok dan minum minuman beralkohol.

Jika kita ingin menghindari kondisi di mana asam lambung kambuh saat malam hari, sebaiknya hindari aktivitas-aktivitas yang tidak baik seperti penjelasan di atas.

Hal ini untuk mencegah gangguan asam lambung, sehingga kualitas tidur kita tetap terjaga.

Baca Juga: Melakukan Langkah Pertama Pertolongan Asam Lambung Naik

Cara Mencegah Asam Lambung Naik


Malam hari (sumber: canva)

Tentu saja gangguan asam lambung yang sering kambuh ini bisa diatasi dengan mengubah gaya hidup sehat serta pola makan teratur. Namun terdapat beberapa cara untuk mencegah agar gangguan ini tidak kambuh, yaitu:

  • Jangan makan makanan berat dekat dengan waktu tidur. Paling tidak beri sela selama 3 jam dari waktu makan dengan waktu tidur.
  • Posisi tidur dapat diganti dengan posisi miring, bukan berbaring. Hal ini sangat disarankan bagi penderita asam lambung naik.
  • Gunakan penyangga atau bantal yang sedikit tinggi, kurang lebih setinggi 15 cm. Tujuan dari penggunaan penyangga ini adalah agar posisi kerongkongan dapat lebih tinggi daripada posisi perut. Sehingga cairan asam dalam lambung tidak mudah untuk naik.

Selain cara-cara di atas, kita juga bisa mengonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes sebelum tidur. Minuman serbuk yang sehat ini bisa menetralkan asam pada lambung karena menggunakan bahan-bahan alami yang terjamin kualitasnya.

Nutriflakes bisa menjadi salah satu tips menjaga kesehatan lambung agar terhindar dari permasalahan pencernaan. Demikian artikel mengenai penyebab asam lambung naik di malam hari. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles