Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Manfaat Air Gula Aren Hangat untuk Asam Lambung
 
Manfaat Air Gula Aren Hangat untuk Asam Lambung

Manfaat Air Gula Aren Hangat untuk Asam Lambung

Setiap makanan yang kita konsumsi sehari-hari cenderung mengandung gula sebagai penambah cita rasa agar makanan makin terasa nikmat. Hanya saja, gula sering kali dikaitkan sebagai penyebab terjadinya risiko penyakit diabetes.

Tapi di sisi lain, tahukah Anda bahwa gula memiliki segudang manfaat terutama untuk lambung? Lalu, apa manfaat air gula aren hangat untuk asam lambung?

Permasalahan yang sangat mengganggu bagi penderita asam lambung adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Hal ini terjadi karena melemahnya otot sfingter esofagus atau akibat dari peningkatan produksi asam pada lambung, baik disebabkan oleh pola hidup ataupun pola makan.

Oleh karena itu, salah satu manfaat air gula aren hangat untuk asam lambung adalah air gula aren hangat dapat membantu meredakan naiknya asam lambung sehingga tidak menyebabkan kondisi yang lebih parah lagi.

Kandungan Air Gula Aren untuk Asam Lambung

Air gula aren hangat mengandung riboflavin yang termasuk ke dalam vitamin B1. Selain itu, air gula hangat juga mengandung vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin C.

Multivitamin B yang terkandung di dalam air gula aren hangat dapat membantu berbagai macam permasalahan lambung, termasuk penyakit asam lambung.

Vitamin B2 dan B6 yang terkandung di dalam air gula aren hangat dapat mengurangi kenaikan asam lambung. Selain itu, vitamin B6 dan B12 pada air gula aren hangat memiliki sifat analgesik atau dapat mengurangi rasa nyeri pada perut dan dada akibat dari naiknya asam lambung. 

Vitamin B kompleks ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya peradangan kerongkongan akibat dari asam lambung yang naik berkali-kali.

Selain itu, vitamin B kompleks juga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel kerongkongan akibat terkena asam lambung.

Cara Pembuatan Air Gula Aren untuk Asam Lambung

Cara membuat air gula aren hangat yang bermanfaat untuk penderita asam lambung sangat mudah dan sederhana, yaitu larutkan gula aren dengan air hangat secukupnya. Setelah gula aren dan air hangat tercampur dengan sempurna, air gula aren hangat siap dikonsumsi.Ā 

Dalam pembuatan air gula hangat untuk penderita asam lambung, penggunaan gula aren lebih dianjurkan dibandingkan gula lainnya terkait nutrisi dan manfaat gula aren bagi penderita diabetes.

Baca juga: Tips Ampuh Cara Menjaga Kesehatan Lambung