Home » Artikel Nutriflakes » Kaki Lemas karena Asam Lambung: Gejala dan Penyebab

Gangguan asam lambung bisa memberikan rasa tidak nyaman dan gangguan lainnya yang disebabkan asam lambung naik. Kaki lemas karena asam lambung bisa menjadi salah satunya.

Selain ketidaknyamanan dalam perut, penderita asam lambung juga bisa merasakan badan atau kaki lemas. Asam lambung naik terjadi karena produksi asam yang berlebihan dalam organ lambung.

Selain itu, katup esofagus juga tidak dapat bekerja dengan optimal akibatnya cairan asam ini akan naik ke saluran kerongkongan. Ketika refluks asam ini terjadi, orang akan merasakan perasaan panas seperti terbakar pada area perut hingga dada.

Hal tersebut akibat dari cairan asam yang mengalir naik. Selain itu, penderita asam lambung akan mengalami mual dan muntah, perut kembung, serta perut yang cepat kenyang.

Gejala-gejala tersebut akan dialami oleh penderita asam lambung selama beberapa jam jika tidak berubah menjadi lebih buruk. Apabila keadaan tersebut sering kali terjadi, minimal dua kali dalam seminggu, maka asam lambung naik ini sudah berubah menjadi GERD.


Orang tua yang mengalami kaki lemas (sumber: canva)

Kaki Lemas karena Asam Lambung

Salah satu akibat dari asam lambung yang tidak dicegah adalah badan atau kaki lemas. Bagaiman bisa kaki lemas yang dikarenakan asam lambung ini terjadi? Berikut penjelasannya.

Berdasarkan data dari International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorder (IFFGD), bahwa sebanyak 4 dari 5 orang mengalami asam lambung atau refluks asam pada malam hari.

Oleh karena itu, penderita asam lambung biasanya akan mengalami batuk yang ekstrim ketika malam hari. Hal ini tentu saja akan mengganggu kualitas tidur dari orang tersebut, khususnya yang mengalami asam lambung pada malam hari.

Akibat dari kurang tidur adalah tubuh tidak akan mendapatkan cukup istirahat atau kurang tidur. Akhirnya, penderita asam lambung akan merasakan lelah, terutama pada bagian kaki.

Rasa lelah pada anggota tubuh bagian bawah atau kaki akibat asam lambung ini dapat terjadi ketika kita tidak melakukan aktivitas apapun. Biasanya, kurang tidur dikaitkan dengan peningkatan keparahan refluks sehingga harus segera ditangani dengan baik. 

Meski gejala asam lambung yang dirasakan cukup ringan, asam lambung harus tetap segera ditangani. Gangguan dengan gejala-gejala ringan jika disepelekan akan berbahaya, sebab jika dibiarkan bisa memicu komplikasi yang lebih parah.


Bantuan untuk kaki lemas (sumber: canva)

Penyebab Kaki Lemas

Terdapat beberapa penyebab kaki menjadi lemas karena asam lambung. Penyebab kaki lemas ini tentu saja berbeda dengan kelelahan yang sering terjadi pada umumnya. Berikut rinciannya:

  • Nafsu makan yang turun

Asam lambung yang naik ke saluran kerongkongan akan memberikan iritasi pada saluran tersebut juga mulut. Oleh karenanya, penderita asam lambung biasanya akan merasakan pahit atau asam karena hal ini.

Tak hanya itu, jika ditambah dengan perut yang tidak nyaman, maka penderita asam lambung akan kehilangan nafsu makan secara perlahan. Akhirnya, penderita asam lambung akan menghindari mengonsumsi makanan sehingga nutrisi untuk tubuh pun tidak terpenuhi.

Tubuh yang kekurangan nutrisi akan membuat bebarapa bagian badan menjadi lemas.

  • Waktu tidur yang kurang

Penderita asam lambung yang kekurangan waktu tidurnya, akan merasakan lemas pada hari esoknya. Kualitas tidur yang baik memang sangat penting bagi kita semua, khususnya penderita asam lambung.

  • Stress

Orang yang mengalami stress akan memiliki peluang terkena gangguan asam lambung lebih tinggi. Hal ini dikarenakan stress akan menyebabkan otot seluruh tubuh menegang dan memaksa refluks asam untuk terjadi.

  • Anemia

Peningkatan produksi asam pada lambung secara perlahan akan menimbulkan luka pada organ-organ lambung. Bahkan, pada beberapa kasus, luka pada organ pencernaan akan mengeluarkan darah pada sistem pencernaan.

Akibatnya, orang yang mengalami hal ini akan terkena penyakit lainnya seperti anemia. Gangguan ini membuat beberapa anggota badan menjadi lemas.

Melalui penjelasan di atas, kaki lemas karena asam lambung memang disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari kualitas tidur buruk, stress, berkurangnya nafsu makan, dan anemia.

Mulailah hidup sehat untuk mengurangai dan meminimalisir berbagai keluhan penyakit yang mungkin saja timbul. Nutriflakes siap menemani pola hidup sehat yang bisa dijalani.

Manfaat Nutriflakes yang paling pokok untuk menjaga kesehatan lambung dan menjaga organ pencernaan secara menyeluruh. Aman dikonsumsi kawula muda hingga lansia.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung.

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles