Vitamin D adalah salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan gigi kropos, masalah kulit, gangguan postur, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari atau buah yang mengandung vitamin D paling tinggi.

Buah yang Mengandung Vitamin D Paling Tinggi

1. Apel

Apel termasuk buah yang mengandung vitamin D dan merupakan sumber magnesium. Magnesium di dalam apel ini bisa membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh dan membantu mencegah penipisan tulang.

2. Jeruk

Jeruk termasuk buah yang mengandung vitamin D cukup tinggi. Tapi kamu belum bisa mendapatkan vitamin D apabila jeruk belum diolah menjadi minuman fortifikasi seperti jus terlebih dahulu.

3. Kiwi

Buah yang mengandung vitamin D paling tinggi lainnya, yaitu kiwi. Selain vitamin D, kiwi juga mengandung vitamin A, vitamin C, Vitamin E, asam folat, serat, kalsium, kalium, dan antioksidan. Sehingga, buah kiwi juga baik untuk menjaga sistem pencernaan.

4. Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang tinggi kandungan vitamin D dan mudah ditemukan karena tergolong populer di Indonesia. Mengandung nutrisi berupa protein, serat, dan vitamin, menjadikan jambu biji memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin D dan magnesium. Selain itu, alpukat juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin K, vitamin A, dan vitamin E, sehingga membantu penyerapan nutrisi tubuh.

6. Anggur

anggur-buah-vitamin-d-tinggi

Anggur adalah buah yang mengandung vitamin D paling tinggi, serta kaya mineral dan antioksidan. Anggur membantu mengurangi risiko pernapasan dan melindungi sistem saraf.

7. Pepaya

Pepaya adalah buah populer di Indonesia dan menjadi buah yang mengandung vitamin D paling tinggi. Enzim papain dan serat tinggi pada pepaya bisa membantu sistem pencernaan.

8. Nanas

Selain pepaya, nanas juga mengandung vitamin D yang efektif menyerap kalsium, sehingga membuat tulang menjadi lebih padat dan kuat.

9. Mangga

Sama seperti apel, alpukat, dan nanas, mangga juga merupakan buah yang mengandung vitamin D paling tinggi dan menjadi sumber magnesium terbaik. Bersama dengan vitamin C dan E, mangga bisa menjaga imunitas tubuh secara optimal.

10. Melon

Melon adalah buah yang mengandung vitamin D paling tinggi. Tidak hanya vitamin D, melon juga kaya vitamin C dan vitamin A yang bermanfaat mencegah kerusakan sel serta membantu melawan radikal bebas.

Itulah beberapa buah yang mengandung vitamin D paling tinggi. Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan vitamin D tubuh secara optimal, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Mendukung Pemenuhan Kebutuhan Vitamin D Tubuh Secara Lebih Optimal

Pada dasarnya, agak sulit menemukan buah yang mengandung vitamin D karena vitamin D lebih banyak ditemukan pada susu, ikan, telur, dan daging.

Agar kebutuhan vitamin D dapat terpenuhi secara optimal Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

  • Konsumsi makanan kaya vitamin D lainnya, seperti susu sapi, kedelai, yoghurt, telur, minyak ikan, dan makanan laut.
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi, selama 20 hingga 30 menit, sebanyak dua kali dalam seminggu.
  • Konsumsi suplemen vitamin D.

Itu beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam pemenuhan kebutuhan vitamin D tubuh secara lebih optimal. Walaupun vitamin D sangat baik untuk kesehatan tubuh, konsumsi makanan mengandung vitamin D juga harus sesuai kebutuhan agar tidak mengalami keracunan vitamin D.

Baca juga:

10 Varian Makanan yang Mengandung Vitamin B

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles