Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga saat Puasa?
 
Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga saat Puasa?

Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga saat Puasa?

Ibadah puasa bukan menjadi alasan untuk menghalangi kita melakukan olahraga yang sehat. Lalu bagaimana tips-tips dan waktu olahraga saat puasa yang tepat?

Puasa memang mengharuskan kita yang menjalankannya menahan rasa lapar selama kurang lebih 12 sampai 13 jam. Banyak orang beranggapan bahwa jika sedang menjalankan puasa, maka bisa menjadi alasan untuk bermalas-malasan.

Saat berpuasa memang asupan energi menjadi terbatas, sehingga terkadang orang akan merasakan lemas di waktu-waktu tertentu. Oleh karena itu, pemilihan waktu untuk berolahraga ini sangatlah penting.

Mencari waktu olahraga ini pun juga tergantung dengan kondisi tubuh ketika menjalankan puasa setiap hari. Selama badan kita tidak merasa lemas dan pusing kepala maka olahraga dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Harapannya dengan berolahraga ini, manfaat puasa terhadap kesehatan tubuh ini semakin banyak dan optimal. Sehingga selama puasa ini kita tidak hanya merasa lapar tetapi juga mendapatkan hal positif.

Terdapat beberapa manfaat olahraga saat puasa, antara lain:

  1. Menjaga kebugaran tubuh.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Mengelola berat badan.
  4. Mengurangi kondisi stres karena dengan berolahraga hormon endorfin dalam tubuh akan terangsang.

Artinya, saat puasa olahraga pun menjadi aktivitas yang sangat disarankan.


Jam penunjuk waktu (sumber: canva)

Tips Waktu Olahraga saat Puasa

Terdapat beberapa waktu untuk berolahraga yang sangat rekomendasi untuk kita ikuti. Kapan saja waktu-waktu ini? Berikut uraiannya:

  • Sebelum Berbuka Puasa

Waktu ini terbilang efektif untuk berolahraga. Sebab, setelah kita menjalankan olahraga, kita bisa mengisi perut dengan makanan untuk menggantikan energi yang hilang. Tentu saja waktu yang dimaksud ini adalah sesaat sebelum berbuka puasa.

Hal ini sangat menguntungkan bagi orang-orang yang juga sedang berusaha menurunkan berat badan. Dengan waktu ini juga, kita tidak perlu khawati jika mengalami gula rendah atau kekurangan air (dehidrasi).

Namun, aktivitas olahraga ini jangan sampai berlebihan. 6 menit merupakan waktu maksimal dalam menjalankan olahraga sebelum buka puasa. Sebab, energi pada waktu ini hanya tersisa sedikit.

  • Setelah Berbuka Puasa

Waktu olahraga yang tepat saat puasa selanjutnya adalah ketika setelah berbuka puasa. Dengan menggunakan waktu ini, kita bisa melakukan olahraga selama dua sampai tiga jam. Sebab, tubuh baru saja menerima asupan energi setelah berbuka.

Namun, jangan lalukan olahraga lanngsung setelah makan buka puasa selesai. Lebih baik tunggu beberapa menit agar tubuh mampu untuk mencerna makanan. Setelah berbuka kita bisa melakukan olahraga apa saja, sesuai pilihan dan selera kita.

Baik olahraga dengan gerakan ringan, olahraga dengan gerakan berat, atau olahraga berat yang membantu menambah massa otot.


Orang berolahraga (sumber: canva)

  • Setelah Sahur

Waktu yang cocok selanjutnya adalah setelah kita menjalankan makan sahur. Tubuh bisa melakukan olahraga karena telah mendapatkan asupan energi ketika makan sahur berlangsung. Selain itu, energi yang akan dibakar pun masih terbilang banyak.

Namun, lebih baik melakukan olahraga dengan gerakan atau intensitas yang ringan. Sebab, kita masih memerlukan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, entah sekolah, bekerja, atau melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah.

Apalagi energi ini masih kita perlukan sampai sore hari saat waktu berbuka datang.

Kesimpulan Olahraga Efektif Ketika Puasa

Itulah beberapa waktu olahraga yang dapat kita manfaatkan saat menjalankan ibadah puasa. Bagaimana intesitas olahraganya sendiri harus kita tentukan masing-masing. Sebab, hal tersebut berkaitan dengan kemampuan dan energi yang masih tersimpan.

Artinya, puasa ini bukanlah sebuah halangan untuk kita hidup sehat dengan berolahraga rutin. Justru dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih bugar dan sehat selama puasa berlangsung.

Demikian uraian mengenai tips berolahraga yang saat puasa, semoga bermanfaat.

Nutriflakes, teman untuk menjalankan puasa!