Pohon umbi garut mempunyai berbagai manfaat karena kandungan nutrisi dan gizinya yang tinggi.  Tanaman ini juga banyak dimanfaatkan dan dapat diolah menjadi tepung umbi garut.

Umbi garut memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Hampir 25–30% dari keseluruhan kandungan umbi garut adalah senyawa karbohidrat.

Indeks glikemiks dari umbi garut ini juga sangat rendah, bahkan lebih rendah daripada beras, kentang, terigu, dan jenis ubi-ubi lainnya. Artinya, umbi garut ini memiliki potensi untuk menjadi alternatif bahan pangan yang pokok di kalangan masyarakat Indonesia.

Apalagi mengingat jumlah penderita diabetes dan asam lambung naik di Indonesia ini sangatlah tinggi.

Garut adalah bahan pangan yang dapat diolah menjadi berbagai produk, seperti keripik, emping, dan olahan lainnya. Kandungan zat pati dalam umbi garut yang sebesar 6–16% pun dapat diolah menjadi tepung umbi garut.

Tepung Umbi Garut

Tepung garut (sumber: caritau.id)

Olahan tepung garut ini diperoleh melalui proses penepungan dan menjadi sumber potensial untuk menggantikan tepung terigu. Sama seperti terigu pada umumnya, tepung garut ini juga berwarna putih dengan ketahanannya mencapai 9 bulan.

Ketahanan dari tepung ini tentu tergantung dengan kadar air yang ada pada olahan tersebut.

Zat gizi yang ada pada tepung garut ini juga beragam. Komposisi zat gizi pada tepung garut adalah kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1.

Umbi garut bisa menjadi sumber pangan dengan nilai kecernaan rendah sehingga dapat digunakan pada program diet rendah kalori.

Berdasarkan penelitian dari Rukmana, tepung pati garut ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku berbagai olahan makanan. Misalnya, bahan baku untuk olahan roti, kue, mie, cookies, dan beberapa makanan ringan.

Keunggulan Tepung Garut daripada Tepung Lainnya

Tepung garut memiliki beberapa keunggulan dalam bidang kesehatan daripada tepung-tepung lainnya. Hal ini tentu disebabkan karena gizi pada umbi garut yang lebih lengkap.

Pertama, kandungan karbohidrat dan zat besi pada tepung garut ini ternyata lebih tinggi dan lemaknya lebih rendah dibandingkan jenis tepung lainnya. Tepung garut juga memiliki tekstur yang lebih halus serta sangat mudah untuk dicerna oleh organ-organ pencernaan.

Sehingga olahan makanan yang memakai tepung umbi garut ini cocok dimakan oleh bayi maupun orang-orang sakit.

Kedua, limbah yang dihasilkan dari proses pembuatan tepung garut ini juga dapat diolah kembali dalam industri kertas atau bahan bakar. Artinya, dari sebelum hingga setelah pemrosesan umbi garut, tanaman ini masih memiliki manfaat untuk kehidupan manusia.

Ketiga, penggunaan tepung garut secara tidak langsung akan menambah ketahanan pangan di Indonesia. Hal ini disebabkan komoditi tepung terigu yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah hasil impor.

Sedangkan tepung garut ini menggunakan bahan lokal yang mudah ditemukan dan ditanam di Indonesia. Walaupun bahan lokal, tepung garut ini dapat menjadi sumber karbohidrat yang menggantikan beras dan tepung terigu.

Keempat, berdasarkan kandungan gizi serta produktivitasnya, potensi tepung garut menggantikan tepung beras atau terigu sangatlah tinggi. Khususnya sebagai bahan baku untuk pembuatan olahan makanan seperti biskuit, roti, mi, dan lain-lain.

Oleh karena itu, sosialisasi mengenai tepung garut atau umbi garut pada umumnya perlu digencarkan kembali. Hal ini disebabkan garut mamiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh.

Nutriflakes Sereal Mengandung Tepung Pati Garut

Salah satu olahan makanan yang menggunakan umbi garut atau tepung garut ini adalah Nutriflakes. Sereal umbi garut ini memiliki efek terapi yang dapat mengatasi asam lambung naik.

nutriflakes
Sereal Umbi Garut Nutriflakes

Kandungan gizi yang baik pada umbi garut ini bisa didapatkan dalam produk sereal sehat Nutriflakes.

Sudah teruji khasiatnya, bahkan Nutriflakes mendapatkan ulasan yang baik oleh Dokter Rianti Maharani (Herbal Expert). Menurut dokter, pati garut memiliki sifat gastroprotektif yang mampu melindungi lapisan mukosa lambung.

Baca disini:

Nutriflakes Menurut Dokter: Formulasi dari Bahan Alam mampu atasi GERD

Oleh karena itu, tak perlu ragu lagi untuk memulai hidup sehat bersama Nutriflakes.

Nutriflakes terjamin sehat, asam lambung mereda.

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles