Hati-hati ketika tubuh sampai kekurangan asupan serat karena dapat memunculkan beberapa gangguan kesehatan. Oleh karena itu, kita memerlukan sayur tinggi serat untuk memenuhi kebutuhan akan serat setiap harinya.

Saat kita mengalami gangguan pencernaan biasanya ahli medis atau dokter akan menyarankan untuk memperbanyak makan buah dan sayur.

Mengapa demikian?

Sebab, kandungan serat banyak ditemukan di dalam buah dan sayur yang sering kita temui sehari-hari. Menurut Jurnal Gizi dan Pangan, serat mempunyai istilah lain, yaitu dietary fiber.

Sedangkan dalam ilmu gizi, serat merupakan semua jenis karbohidrat yang tidak terhidrolisir dalam proses sekresi dalam usus manusia. Kemudian serat akan mengalami fermentasi secara keseluruhan atau sebagian di dalam usus besar.

Serat juga sering disebut dengan alat pencahar dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan serat memiliki fungsi utama untuk melancarkan alur pencernaan manusia.

Berikut ini adalah beberapa manfaat serat lainnya yang harus kita ketahui:

  • Menghindari obesitas.
  • Mencegah penyakit kanker kolon.
  • Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Mencegah penyakit diabetes.

Kini serat sangat berperan penting dalah kehidupan sehari-hari, bahkan terdapat angka minimal serat yang harus dipenuhi. Padahal pada zaman dahulu, serat ini tidak begitu dianggap penting seperti karbohidrat atau protein.

8 Macam Sayur Tinggi Serat

Selain buah, kita juga bisa memanfaatkan sayur-sayuran dalam memenuhi kebutuhan serat sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa sayuran yang mengandung tinggi serat:

1. Kacang-kacangan

Selain mengandung protein, kacang-kacangan juga memiliki kandungan serat yang kita butuhkan. Salah satu contohnya adalah kacang polong, di mana setiap 100 gramnya bisa memberi asupan serat sebanyak 8,3 gram.

2. Sayur Kale


Rupa sayur kale (sumber: canva)

Sayur yang mengandung serat selanjutnya adalah sayur kale. Tumbuhan hijau ini merupakan sayur dengan kandungan serat yang tinggi. Di mana setiap 100 gram sayur kale bisa menyumbang serat sebesar 4 gram.

3. Wortel

Sayuran berwana oranye ini sangat populer dan mudah ditemukan di kalangan masyarakat Indonesia. Wortel bisa memiliki kandungan serat sebanyak 2,8 gram setaip 100 gramnya. Selain itu, wortel sangat terkenal dengan beta-karoten dan vitamin A-nya.

4. Sayur Okra


Bentuk okra (sumber: canva)

Jenis sayur ini sebenarnya kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Namun, setiap 100 gram sayur okra bisa memberikan serat sebanyak 3 gram. Selain itu, kandungan kalori dalam sayur okra sendiri sangat rendah.

5. Bayam

Sayur hijau yang sangat sering kita temui dan masuk dalam daftar menu makanan ini ternyata juga mengandung serat. Setiap 100 gram bayam bisa memiliki kandungan serat sebanyak 2,4 gram.

6. Brokoli

Sayuran yang mengandung serat selanjutnya adalah brokoli. Sayur yang memiliki bentuk seperti bunga ini mengandung serat sebanyak 2,6 gram setiap 100 gramnya. Brokoli juga sayuran pilihan yang cocok bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

7. Bit Merah

Sayur yang berasal dari umbi ini juga mengandung tinggi serat. Setiap 100 gram bit merah dapat memberikan serat hampir sebanyak 3 gram. Kalori ketika mengonsumsi bit merah pun juga sangat rendah.

8. Kembang Kol

kembang kol
kembang kol (sumber: canva)

Sayuran yang bentuknya mirip dengan brokoli ternyata juga mengandung serat yang kita butuhkan. Namun, bagi penderita asam lambung harus hati-hati jika ingin mengonsumsi jenis sayuran ini.

Kesimpulan

Selain menggunakan buah-buahan, berbagai sayur tinggi serat di atas juga bisa menjadi pilihan dalam memenuhi kebutuhan serat. Oleh karena itu, jika kita bosan dengan buah bisa menggantinya dengan brokoli, wortel, kembang kol, bayam, sayur kale, okra, dan lain-lain.


Macam-macam sayuran (sumber: canva)

Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi Nutriflakes untuk memenuhi asupan serat sehari-hari. Sebab, Nutriflakes menggunakan psyllium husk sebagai salah satu bahan alaminya. Psyllium husk adalah serat larut yang baik untuk kesehatan tubuh.

Secara tidak langsung, dengan mengonsumsi Nutriflakes sistem pencernaan kita akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan.

Demikian ulasan mengenai sayur-sayuran yang mengandung serat, semoga bisa bermanfaat.

Nutriflakes, pencernaan lancar kesehatan aman!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles