Pisang uli adalah jenis pisang yang sering diolah menjadi pisang goreng karena rasanya nikmat. Pisang uli memiliki rasa manis yang pas dan bertekstur agak lembek. Daging pisang uli berwarna kuning, kulitnya tipis, panjangnya sekitar 10 cm.

Apakah pisnag uli termasuk ke dalam buah yang aman untuk asam lambung?

Sebelum mengetahui manfaat pisang uli untuk asam lambung, mari kita cari tahu fakta nutrisi pisang uli terlebih dahulu!

Di dalam 100 gram pisang uli mentah (segar), mengandung:

  • Air: 61,8 gram
  • Kalori: 134 kalori
  • Protein: 1,1 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Karbohidrat: 35,5 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Kalsium: 31 miligram
  • Fosfor: 53 miligram
  • Besi: 0,9 miligram
  • Kalium: 650,3 miligram
  • Natrium: 39 miligram
  • Beta Karoten: 59 mikrogram
  • Thiamin: 0,11 miligram
  • Riboflavin: 0,16 miligram
  • Niasin: 1,4 miligram
  • Vitamin C: 3 miligram

Berdasarkan kandungan gizi tersebut, bisa disimpulkan bahwa pisang uli rendah lemak, tinggi air, dan tinggi karbohidrat. Selain itu, pisang uli juga mengandung antioksidan yang berasal dari kandungan beta karoten, thiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin C.

Berdasarkan kandungan nutrisi dari pisang uli tersebut, manfaat pisang uli untuk asam lambung adalah sebagai berikut:

1. Membantu Menetralkan Asam Lambung

Manfaat pisang uli untuk asam lambung, yaitu karena pisang bersifat basa sehingga bisa membantu menetralkan asam lambung. Itu sebabnya pisang dikatakan bisa mengatasi iritasi pada lapisan kerongkongan dan mengurangi rasa nyeri akibat dari naiknya asam dari lambung ke kerongkongan.

2. Membantu Melindungi Dinding Lambung

Pisang mengandung kalium yang bisa memproduksi lendir di lambung. Lendir di lambung ini bermanfaat untuk melindungi lambung dari asam lambung yang berlebih. Itu sebabnya bisa dikatakan kalau pisang uli bisa membantu melindungi dinding lambung dari iritasi.

3. Melancarkan Pencernaan dan Membuat Rasa Kenyang Lebih Lama

Manfaat pisang uli untuk asam lambung, yaitu karena pisang uli mengandung serat larut yang bisa menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, makanan berserat tinggi bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama dan tidak makan berlebihan yang bisa memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

4. Mengandung Antioksidan

Manfaat pisang uli untuk asam lambung, yaitu pisang uli mengandung antioksidan yang berasal dari beta karoten, thiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin C. Antioksidan di dalam pisang uli ini bisa membantu melawan radikal bebas penyebab asam lambung yang mengiritasi lambung.

Itu beberapa manfaat pisang uli untuk asam lambung. Walaupun pisang uli memiliki manfaat untuk asam lambung, konsumsi pisang uli juga harus diperhatikan, ya.

Artikel terkait:
Jenis Pisang yang Dapat Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Tips Mengonsumsi Pisang Uli untuk Penderita Asam Lambung

1. Pilih Pisang Uli yang Sudah Matang

Apabila ingin konsumsi pisang, maka pilihlah pisang uli yang sudah matang. Hal ini karena konsumsi pisang mentah bisa menyebabkan sembelit karena pisang mentah mengandung banyak pati yang sulit dicerna oleh tubuh. Sembelit akan memperburuk gejala asam lambung.

2. Konsumsi Pisang Uli dalam Porsi Kecil

Konsumsi pisang uli sebaiknya dalam porsi kecil. Mengonsumsi pisang uli dalam porsi yang berlebihan justru bisa membuat otot sfingter esofagus melemah dan tidak menutup dengan benar. Kondisi ini bisa memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Selain itu, pisang uli termasuk tinggi karbohidrat. Apabila konsumsi karbohidrat terlalu banyak, akan menimbulkan gas di dalam tubuh yang mengakibatkan kembung. Kondisi kembung ini makin memperburuk gejala asam lambung.

3. Perhatikan Cara Pengolahan Pisang Uli

Sebaiknya, pisang uli tidak diolah dengan cara digoreng. Selain mengandung minyak dan lemak yang bisa menyebabkan asam lambung, pisang goreng juga tinggi kalori. Kalori yang berasal dari pisang goreng sewaktu-waktu bisa mengendap di dalam tubuh dalam bentuk lemak. Lemak ini akan menyebabkan obesitas. Seseorang yang obesitas mudah terkena masalah asam lambung.

Itu beberapa manfaat dan tips mengonsumsi pisang uli bagi penderita asam lambung. Pisang uli memang memiliki banyak nutrisi, tapi dalam mengonsumsinya juga harus hati-hati, ya!



About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles