Konsumsi makanan sehat saat diet menjadi hal yang perlu diperhatikan. Selain memilih jenis makanan, porsi makan untuk diet juga menjadi prioritas karena berpengaruh terhadap proses penurunan berat badan.

Lantas, bagaimana cara menentukan porsi makan untuk diet agar mendapatkan hasil yang maksimal? Artikel ini akan membahas betapa pentingnya memahami dan mengelola porsi makan dengan tepat untuk mendukung tujuan penurunan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Pentingnya Mengatur Porsi Makan Diet

Untuk membantu menurunkan berat badan, yang sebaiknya diperhatikan adalah asupan kalori tubuh. Defisit kalori tercapai apabila kalori yang masuk ke tubuh saat mengonsumsi makanan lebih sedikit daripada kalori yang dikeluarkan untuk aktivitas fisik.

Kondisi ini akan membantu menurunkan berat badan karena tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi. Maka dari itu, memperhatikan asupan kalori bagi seseorang yang sedang menjalankan diet memang sangat penting.

Porsi makan untuk diet yang tidak tepat, membuat seseorang makan berlebihan. Sehingga, agar diet Anda mendapatkan hasil yang optimal, penting sekali memperhatikan dan menerapkan porsi makan untuk diet.

Porsi Makan untuk Diet Berdasarkan Jenis Makanan

1. Porsi Makanan Pokok

Di Indonesia, makanan pokok yang sering dikonsumsi sehari-hari adalah nasi. Semua jenis makanan pokok tersebut juga merupakan sumber energi. Dalam sehari, pria dianjurkan untuk makan nasi sebanyak 5-7 centong saja saat diet, sementara wanita sebanyak 4-6 centok saat diet.

Tips:

Saat diet lebih baik mengganti karbohidrat sederhana dengan sumber karbohidrat kompleks yang mengandung serat tinggi seperti seperti ubi jalar dan kentang atau jagung.

2. Porsi Lauk Pauk

Utamakan sumber protein dalam lauk pauk saat menjalani program diet. Sumber protein terbagi menjadi dua, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani berasal dari ikan, telur, dan daging sapi. Sementara protein nabati berasal dari tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Tips:

Protein hewani lebih cepat diserap oleh tubuh daripada protein nabati. Selalu perhatikan porsi yang tepat untuk diet sehat.

3. Lemak Sehat
Pilih asupan lemak sehat sehat untuk kebutuhan harian nutrisi tubuh Anda.  Asupan lemak sehat (lemak tak jenuh) bisa didapatkan dari minyak zaitun, alpukat, dan ikan.

Tips:

Hindari lemak jenuh pada makanan seperti aneka gorengan untuk menghindari penumpukan lemak pada tubuh Anda.

4. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran adalah sumber serat saat diet. Selain bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian tubuh, rendah kalori dan sumber vitamin.

Tips:

Buat porsi menu sehat diet yang tidak membosankan dengan kreasi salad syur, salad buah atau bahkan menggabungkan keduanya.

Baca:

Tips Panduan Diet untuk Pemula

Rekomendasi Menu dan Porsi Makan Diet

1. Rekomendasi Porsi Makan untuk Diet saat Sarapan

– Makanan pokok, terdiri dari 2 centong nasi.
– Lauk pauk, terdiri dari 1 butir telur dadar.
– Sayur-sayuran, terdiri dari 1 mangkuk sup sayur.
– Buah-buahan, terdiri dari 1 butir apel.

2. Rekomendasi Porsi Makan untuk Diet saat Makan Siang

– Makanan pokok, terdiri dari 2 centong nasi.
– Lauk pauk, terdiri dari 1 tahu dan 1 tempe.
– Sayur-sayuran, terdiri dari tumis buncis.
– Buah-buahan, terdiri dari 1 buah pisang

3. Rekomendasi Porsi Makan untuk Diet saat Makan Malam

– Makanan pokok, terdiri dari 2 centong nasi.
– Lauk pauk, terdiri dari 1 potong daging dan 1 butir telur.
– Sayur-sayuran, terdiri dari tumis buncis.
– Buah-buahan, terdiri dari 1 buah jeruk.

4. Rekomendasi Camilan

Jenis camilan ini bisa Anda bagi menjadi dua kali makan, yaitu setelah sarapan dan saat sore hari sebelum makan malam.

  • olahan pisang rebus
  • kacang kedelai hijau rebus
  • yoghurt dengan buah segar

Sangat penting bahwa pengaturan porsi makan yang bijak adalah kunci keberhasilan dalam mencapai dan mempertahankan gaya hidup sehat.

Hindari pantangan diet seperti makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi.

Temukan disini:

Nutriflakes untuk Diet Mitos atau Fakta?
pemesanan_nutriflakes

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles