Obat Asam Lambung

Obat asam lambung sebenarnya banyak ditemukan di warung dan apotek. Anda bisa dibeli tanpa perlu resep dokter. Namun, apakah obat-obatan tersebut mampu menyembuhkan dengan tuntas? Apakah tidak memberikan efek samping? Apakah rasanya enak?

 

Gangguan asam lambung memang bisa membuat orang merasa tidak nyaman di bagian ulu hati. Karena merasakan kembung dan perih, aktivitas sehari-hari bisa terganggu. Banyak orang pernah merasakan penyakit asam lambung karena merupakan gangguan yang sangat umum.

.

"CEPAT, Apa Solusi Atasi Asam Lambung Saya?!"

"Segera beri saya solusi sembuhkan asam lambung yang tak tertahankan ini!"

Klik di Sini

Sebelum membahas lebih lanjut seputar obat asam lambung, sebetulnya apa sih penyakit asam lambung naik itu? Untuk itu, yuk mari kita belajar tentang gejala asam lambung terlebih dahulu.

Asam lambung naik adalah sebuah keadaan di mana cairan asam dalam lambung mengalir ke arah saluran kerongkongan. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya adalah menurunnya kinerja dari sfingter esofagus.

Selain itu, produksi asam lambung yang berlebih juga dapat mendorong hal ini. Di mana produksi asam lambung ini bergantung pada makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut.

Apabila pola makan ini kurang tepat, maka gangguan pencernaan seperti asam lambung dan maag pasti menyerang kita. Oleh karena itu, pola makan ini sangat berperan penting dalam menentukan kondisi dari lambung.

Gejala dari Asam Lambung

Cairan asam lambung ini memang berperan penting dalam proses pencernaan. Namun, akan menjadi masalah jika produksi asam lambung ini berlebihan. Sebab, cairan ini bisa mengiritasi lapisan perut hingga kerongkongan. Kondisi tersebut akan memunculkan gejala-gejala yang sangat mengganggu bagi penderita asam lambung. Bahkan, pada beberapa kasus orang yang menderita asam lambung ini harus berhenti dari kegiatan rutinnya karena tidak kuat menahan rasa sakitnya. 

Setiap orang yang menderita asam lambung ini bisa merasakan gejala yang berbeda-beda. Artinya, gejala asam lambung dari satu orang dengan orang lainnya belum tentu sama. Macam-macam gejala yang berbeda ini membuat pilihan obat asam lambung juga menjadi beragam. Sehingga pemberian obat ini harus sesuai dengan penyebab, kondisi lambung, serta tingkat keparahan gangguan kesehatan itu sendiri.

Tujuan dari mengonsumsi obat sendiri bukan untuk menyembuhkan penyakit, tetapi meredakan gejala yang ada. Pemilihan obat ini pun bisa tanpa resep atau obat yang memerlukan resep khusus dari dokter. Orang yang menderita asam lambung naik (GERD) ini biasanya akan merasakan gejala seperti:

Pilihan Obat Asam Lambung di Apotek

Obat untuk meredakan gejala GERD ini sebenarnya banyak kita temukan di warung atau apotek dan tanpa perlu resep dari dokter. Berikut 3 jenis obat yang biasanya digunakan dalam meredakan gangguan pencernaan:

 

Antasida

Jenis obat bebas yang sangat populer di kalangan penderita pencernaan adalah jenis antasida ini. Obat jenis antasida ini biasanya mengandung bahan simetikon, sebuah bahan yang membantu dalam menyingkirkan gas berlebih di dalam tubuh.

 

Oleh karena itu, antasida dianggap ampuh dan bebas untuk digunakan dalam menetralisir gangguan asam lambung. Selain itu, macam-macam obat antisida ini bisa kita dapatkan dengan harga yang murah.

 

Namun, terlalu banyak mengonsumsi obat jenis antasida ini bisa menimbulkan efek samping yang juga mengganggu kesehatan. Contohnya adalah sembelit, kram perut, diare, hingga pada masalah ginjal.

 

Oleh karena itu, dalam mengonsumsi jenis obat ini kita harus berhari-hati walaupun memang sangat membantu dalam meredakan gejala sakit.

 

 

H-2 Receptor Blocker

Jenis obat asam lambung selanjutnya adalah histamine-2 (H-2) receptor blockers. Berbeda dengan antasida yang mengurangi gas dalam tubuh, H-2 receptor blocker ini bekerja untuk mengurangi produksi asam lambung.

 

Di mana produksi asam lambung yang berlebihan ini tidak baik untuk sistem pencernaan. Selain bisa memicu asam lambung, juga dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti maag, tukak lambung, kanker esofagus, dan lain sebagainya.

 

Kinerja dari obat H-2 receptor blocker ini tidaklah secepat jenis obat antasida karena memerlukan proses yang panjang. Namun, H-2 receptor blocker sendiri bisa bertahan lebih lama daripada antasida di dalam tubuh.

 

Artinya, walaupun tidak bekerja dengan cepat, H-2 receptor blocker bisa menahan gejala asam lambung lebih lama daripada antasida. Penurunan produksi asam lambung menggunakan H-2 receptor blocker bisa bertahan hingga 12 jam.

 

Ternyata terdapat dua jenis H-2 receptor blocker, yaitu dosis rendah yang bisa kita dapatkan di apotek dan dosis tinggi yang memerlukan resep dari dokter.

 

 

Proton Pump Inhibitors

Selain antasida dan H-2 receptor blocker, masih ada jenis obat asam lambung lainnya yang bisa kita temui secara bebas di apotek. Obat yang satu ini memiliki dosis yang lebih kuat daripada kedua obat sebelumnya.

 

Jenis obat yang dimaksud ini adalah Proton Pump Inhibitors atau bisa kita singkat dengan PPI. PPI ini ternyata memiliki harga yang lebih mahal daripada obat-obat yang berjenis antasida.

 

Sebab, PPI ini bekerja dengan sangat efektif dalam menurunkan gejala naiknya asam lambung. Bahkan dalam beberapa kasus bisa memulihkan penyakit asam lambung. Namun, dalam mengonsumsi jenis obat ini harus lebih berhati-hati.

 

Aturan mengonsumsi obat ini pun harus berdiskusi terlebih dahulu dengan apoteker yang bertugas di apotek tersebut. Jangan sampai kita mengonsumsi PPI dengan berlebihan atau tidak sesuai dengan anjuran apoteker.

 

Hal tersebut bisa bersifat fatal untuk kesehatan karena dosisnya yang lebih kuat daripada kedua jenis obat sebelumnya. Jika dengan mengonsumsi obat ini gangguan GERD belum reda dalam dua minggu, maka lebih baik segera periksa ke ahli medis atau dokter.

Nutriflakes sebagai Obat Asam Lambung yang Alami?

srirahmadanisiregar influencer nutriflakes

Apabila ketiga jenis obat di atas memberikan efek yang cepat tetapi malah memberikan efek samping, kini saatnya beralih pada produk yang bermanfaat untuk mengatasi permasalahan asam lambung yang tidak memberikan efek samping.

 

Artinya, aman untuk kita konsumsi dalam jangka panjang tanpa memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh. Nutriflakes adalah makanan berbentuk sereal yang bermanfaat dalam mengatasi gangguan pencernaan seperti asam lambung naik (GERD) dan maag kronis.

 

Nutriflakes sangat cocok untuk penderita asam lambung karena bahan-bahan alami yang ada di dalamnya. Khususnya umbi garut yang secara empiris dapat mengatasi berbagai permasalahan lambung, seperti GERD dan maag.

 

Sereal sehat ini juga aman untuk dikonsumsi siapa saja karena sudah mendapat sertifikat dari BPOM. Mulai dari anak-anak berusia dua tahun hingga orang-orang lanjut usia boleh untuk mengonsumsi sereal umbi garut ini.

 

Selain mengatasi asam lambung naik, Nutriflakes juga dapat memberikan kebutuhan nutrisi yang tubuh kita perlukan. Sebab, sereal ini menggunakan bahan-bahan kaya akan nutrisi seperti kelor, susu etawa, gula aren, dan psyllium husk.

 

Oleh karena itu, mengonsumsi Nutriflakes ini lebih aman daripada menggunakan obat-obatan dalam meredakan asam lambung. Demikian ulasan mengenai jenis-jenis obat asam lambung yang bisa membantu penderita asam lambung.

 

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung naik!

slot gacorhttps://www.apscuf.org/slot-gacor/https://trial.eptitude.co.in/slot-gacor/https://ict.likelion.net/https://dhoomimalartcentre.com/slot-gacor/https://balangan.egov.balangankab.go.id/https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/slot-gacor/http://kcag.pag.geologi.esdm.go.id/files/slot-online/https://bappedalitbang.kalteng.go.id/templates_c/e-ktp/slot-gacor/https://ikon.bpip.go.id/-/slot-deposit-pulsa/https://skripsi.unaki.ac.id/slot-gacor/https://sipinter-peternakan.kaltimprov.go.id/storages/slot-gacor/https://rudal.garutkab.go.id/assets/slot-gacor/https://www.eperfesztival.eu/slot-gacor/https://ejournal.umrah.ac.id/slot-pulsa/https://internetaman.pekalongankota.go.id/wp-content/slot-gacor/https://www.backinfo.egov.balangankab.go.id/public/slot-gacor/