Saat berpuasa asupan air putih menjadi sangat penting karena setiap orang pasti membutuhkan air putih ini. Lalu bagaimana manfaat serta cara minum air putih saat puasa agar kebutuhan air ini dapat terpenuhi?

Umumnya, tubuh selalu membutuhkan air putih kurang lebih sebanyak 2 liter setiap hari. Sebab, hampir 80 persen tubuh ini terdiri dari air. Oleh karena itu, asupan cairan air ini sangat baik dan berperan penting untuk kondisi tubuh.

Jika tubuh sampai kekurangan air, maka dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Keadaan ini sangat berbahaya untuk tubuh karena dapat menimbulkan batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Lalu bagaimana ketika menjalankan ibadah puasa?

Puasa adalah aktivitas di mana kita menahan lapar selama kurang lebih 12 sampai 13 jam. Padahal, untuk beraktivitas sehari-hari tubuh sangat membutuhkan asupan cairan. Lalu bagaimana kita dapat memenuhi kebutuhan cairan selama puasa?


Meminum air putih (sumber: canva)

Cara Memenuhi Kebutuhan Cairan saat Berpuasa

Minum air putih saat menjalankan puasa ini bisa dengan pola 2-4-2 untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Pola ini sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan air, berikut detailnya:

  • 2 Gelas Air saat Berbuka

Kita dapat memanfaatkan waktu berbuka puasa untuk mencukupi kebutuhan air. Paling tidak 2 gelas air putih saat berbuka secara berlanjut dan sesuai kebutuhan. Air putih yang masuk saat buka puasa ini akan berguna untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat aktivitas.

  • 4 Gelas Air saat Makan Malam

Waktu makan malam menjelang tidur juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan air dengan meminum 4 gelas air putih. Kita dapat membaginya dengan beberapa cara. Artinya, kita tidak perlu meminum 4 gelas air putih sekaligus.

Contohnya 1 gelas sebelum makan, 1 gelas setelah makan, 1 gelas setelah ibadah tarawih, dan 1 gelas saat akan tidur. Aktivitas ini sangat lah penting karena air putih pada saat ini sangat berguna untuk membantu melancarkan proses pencernaan.

  • 2 Gelas Air saat Sahur

Minum air putih saat puasa yang efektif selanjutnya adalah saat waktu sahur. Ketika kita menjalankan sahur, sebaiknya kita meminum kurang lebih 2 gelas air putih. Hal ini juga dapat kita bagi menjadi 1 gelas ketika bangun tidur dan 1 gelas setelah makan sahur.

Air ketika waktu sahur ini akan sangat berguna untuk menyediakan cairan untuk aktivitas ketika kita menjalankan ibadah puasa.


Segelas air (sumber: canva)

Manfaat Minum Air Putih Saat Menjalankan Puasa

Tentu saja meminum air putih ini tidak akan sia-sia atau pasti memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Apa saja manfaat dari meminum air putih ini? berikut uraiannya:

  1. Menambah asupan energi

Kekurangan air akan membuat otot menjadi lemah. Alhasil, tubuh akan merasa lelah dan tidak berenergi. Air yang cukup saat puasa akan membuat kita lebih semangat dalam beraktivitas.

  1. Menjaga metabolisme tubuh

Metabolisme dalam tubuh akan lebih terjaga dengan asupan air yang cukup ketika menjalankan puasa. Air dapat mengoptimalkan proses metabolisme saat kita makan sahur dan berbuka.

  1. Meningkatkan kesehatan saluran cerna

Air yang cukup akan menjadikan saluran cerna tetap terjaga kesehatannya. Apalagi ketika bulan puasa, di mana masalah pencernaan biasanya mudah terjadi.

  1. Memelihara kesehatan kulit

Kulit kering merupakan salah satu gejala dari dehidrasi. Jika konsumsi akan air ini mencukupi, maka kulit akan tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

Itulah beberapa manfaat dari meminum air putih yang cukup ketika menjalankan puasa. Asupan air yang cukup ini akan berefek langsung pada ibadah puasa yang sedang kita jalankan. Sehingga manfaat puasa untuk kesehatan tubuh pun akan lebih optimal.

Selain air putih, kita bisa menjaga kesehatan dengang mengonsumsi Nutriflakes. Sebab, Nutriflakes ini menggunakan bahan-bahan yang kaya akan nutrisi sehingga kebutuhan gizi harian pun akan terpenuhi.

Demikian uraian mengenai manfaat dan cara minum air putih saat puasa agar kebutuhan selalu terpenuhi, semoga bermanfaat.

Nutriflakes, nikmatnya puasa tanpa kendala!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles