Maag akut, yang juga dikenal sebagai gastritis akut, adalah kondisi peradangan tiba-tiba pada dinding lambung.

Peradangan ini dapat mengakibatkan berbagai gejala yang tidak nyaman dan mengganggu, seperti rasa sakit di perut bagian atas, sensasi mulas, mual, muntah, dan peningkatan produksi asam lambung.

Maag akut dapat sangat mengganggu, tetapi dengan pengobatan yang tepat dan perubahan gaya hidup, Anda dapat mengatasi gejala dan mencegah kekambuhannya.

Masalah lambung, seperti maag akut, bisa menjadi gangguan yang merusak kualitas hidup. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam pengertian maag akut, gejala yang muncul, penyebab yang mendasarinya, serta berbagai cara untuk mengatasinya.

Gejala Maag Akut

Gejala maag akut dapat bervariasi dari ringan hingga parah, dan setiap orang mungkin mengalami gejala yang sedikit berbeda. Beberapa gejala umum yang sering terjadi meliputi:

Nyeri Perut: Nyeri atau sensasi terbakar di perut bagian atas adalah gejala yang paling umum terkait dengan maag akut. Nyeri ini bisa terasa menjalar ke punggung atau dada.

nyeri perut yang dirasakan laki-laki
nyeri perut (sumber: canva)

Sensasi Mulas: Orang yang mengalami maag akut sering merasakan sensasi mulas atau penuh, terutama setelah makan.

Mual dan Muntah: Mual sering mengiringi maag akut. Beberapa orang bahkan bisa mengalami muntah sebagai reaksi terhadap peradangan pada lambung.

Perut Kembung: Produksi gas yang berlebihan dalam lambung bisa menyebabkan perut terasa kembung dan tidak nyaman.

Penyebab Maag Akut

Ada beberapa faktor yang dapat memicu munculnya maag akut sehingga membuat kondisi tubuh tidak nyaman bahkan hingga menyebabkan kondisi kualitas hidup seseorang. Berikut empat penyebab maag akut:

Infeksi Bakteri: Infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori dapat merusak lapisan pelindung lambung dan menyebabkan peradangan.

Penggunaan Obat-obatan: Penggunaan jangka panjang obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen atau aspirin bisa merusak lapisan lambung.

Stres: Stres kronis dapat mempengaruhi fungsi normal lambung dan meningkatkan risiko peradangan.

Pola Makan Tidak Sehat: Mengkonsumsi makanan pedas, berlemak, atau asam dalam jumlah besar dapat merangsang produksi asam lambung.

Cara Mengatasi Maag Akut

Maag akut seringkali membuat seseorang merasa lemas dan tidak memiliki gairah untuk beraktivitas. Justru itu hal tersebut harus secepatnya diatasi. Untuk mengatasi maag akut, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

Konsultasi Medis: Jika Anda mengalami gejala yang mengarah ke maag akut, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis yang tepat.

Pengobatan: Dokter mungkin akan meresepkan obat antasida atau penghambat pompa proton (PPI) untuk mengurangi produksi asam lambung dan meredakan gejala.

Perubahan Gaya Hidup: Hindari makanan yang memicu gejala, seperti makanan pedas, berlemak, dan asam. Atur pola makan dengan teratur dan penuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Mengelola Stres: Teknik relaksasi, meditasi, atau yoga dapat membantu mengurangi stres yang dapat memperburuk gejala.

Hindari Alkohol dan Tembakau: Menghindari alkohol dan merokok juga dapat membantu mempercepat penyembuhan.

tidak untuk rokok
rokok bisa memperparah maag (sumber: canva)

Sereal Nutriflakes untuk Penderita Maag Akut

Dengan Sereal Nutriflakes, kami hadirkan pilihan ideal untuk penderita asam lambung yang ingin menikmati sarapan lezat tanpa khawatir akan memperparah kondisi lambung.

nutriflakes
sereal umbi garut nutriflakes

Kaya serat dan rendah lemak, sereal kami dirancang khusus untuk meredakan gangguan lambung sambil tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Setiap gigitan penuh rasa tidak hanya memberikan energi sepanjang hari, tetapi juga mendukung kesehatan pencernaan Anda.

Apabila Anda merasa mengalami maag akut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang sesuai.

Ingatlah bahwa setiap orang berbeda, jadi penting untuk menemukan pendekatan yang paling efektif untuk kebutuhan kesehatan Anda.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles