Kecombrang merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bahan masakan. Dari bentuknya, kecombrang mirip dengan jahe atau lengkuas. Tapi tahukah Anda kalau kecombrang termasuk ke dalam kelompok jahe-jahean yang memiliki banyak manfaat? Lantas, apa saja manfaat bunga kecombrang?

Sebelum membedah manfaat bunga kecombrang, mari kita cari tahu fakta gizi bunga kecombrang!

Kandungan Gizi Kecombrang

Dalam 100 gram bunga kecombrang, mengandung:

– Air: 90 gram
– Kalori: 34 kkal
– Protein: 0,9 gram
– Lemak: 1 gram
– Karbohidrat: 6,7 gram
– Serat: 2,6 gram
– Kalsium: 60 miligram
– Fosfor: 16 miligram
– Zat Besi: 1 miligram
– Kalium: 650,6 miligram
– Karoten Total: 73 miligram
– Riboflavin (Vit. B2): 0,02 miligram
– Niacin (Vit. B3): 0,8 miligram

Selin itu, kecombrang mengandung vitamin C. Kecombrang juga mengandung senyawa lain yang bersifat antioksidan seperti flavonoid dan fenolik.

Berdasarkan kandungan nutrisi bunga kecombrang, bisa disimpulkan kalau bunga ini tidak hanya berfungsi sebagai pelezat masakan, melainkan juga baik untuk kesehatan.

Manfaat Bunga Kecombrang

1. Mencegah Peradangan

Salah satu manfaat bunga kecombrang adalah mencegah peradangan karena bunga kecombrang bersifat anti-inflamasi. Sifat bunga kecombrang sebagai anti-inflamasi ini berasal dari senyawa fenolik dan flavonoid yang terkandung di dalamnya. Kedua senyawa ini bisa membantu menghambat kerja enzim yang memicu terjadinya peradangan. Jadi, peradangan pada tubuh bisa dicegah dengan cara konsumsi kecombrang, ya!

2. Meredakan Panas Dalam

Manfaat bunga kecombrang selanjutnya adalah bisa menjadi obat panas dalam. Hal ini karena bunga kecombrang bisa membantu meredakan peradangan, terutama rasa sakit pada tenggorokan.

3. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan pencernaan menjadi salah satu manfaat bunga kecombrang karena bunga kecombrang mengandung serat. Serat yang terkandung di dalam bunga kecombrang bisa menyerap air ke dalam pencernaan (usus). Penyerapan air ke dalam pencernaan ini akan membuat feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

4. Mengontrol Produksi Asam Urat

Asam urat terjadi karena konsumsi zat purin secara berlebihan yang berasal dari makanan seperti makanan laut ataupun daging. Apabila Anda menyukai makanan tinggi purin yang bisa memproduksi asam urat, Anda bisa konsumsi kecombrang. Kecombrang mengandung senyawa flavonoid yang bisa membantu mengontrol produksi asam urat berlebih. Itu sebabnya bisa dikatakan bahwa manfaat bunga kecombrang salah satunya, yaitu mengontrol produksi asam urat.

5. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Mencegah dehidrasi adalah salah satu manfaat bunga kecombrang. Hal ini karena bunga kecombrang mengandung banyak air dan mineral. Dalam 100 gram bunga kecombrang mengandung 90 gram air, sehingga bisa mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Itu beberapa manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan. Untuk mendapatkan khasiat bunga kecombrang agar manfaatnya lebih optimal, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Berikut salah satu cara mengolah bunga kecombrang:

Cara Membuat Sambal Bunga Kecombrang

Bahan Utama:
– 1 bunga kecombrang, kemudian diiris tipis
– 7 buah cabai merah, rajang kecil-kecil
– 8 cabai rawit, rajang kecil-kecil
– 4 siung bawang merah, iris tipis
– 5 siung bawang merah, iris tipis
– 1/2 sendok teh garam
– 1 sendok teh gula pasir
– 1 buah tomat, diiris kecil
– 1 buah kemiri, dihaluskan
– 1/4 sendok teh terasi (opsional sesuai selera)
– Minyak goreng secukupnya

Cara Pengolahan:
– Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat.
– Masukkan kemiri, kemudian tumis seluruh bahan hingga harum.
– Tambahkan terasi.
– Masukkan bunga kecombrang, kemudian aduk merata.
– Tambahkan garam dan gula pasir.
– Tunggu bunga kecombrang hingga layu dan harum.
– Cicip sambal bunga kecombrang hingga rasanya pas.
– Setelah matang, angkat sambal bunga kecombrang dan sajikan di dalam mangkuk atau piring.
– Sambal bunga kacombrang siap dinikmati.

Itu beberapa manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan dan cara pengolahannya yang mudah. Anda bisa mencobanya di rumah, ya!

Baca juga:

Maksimalkan Kesehatan Tubuh dengan Rebusan Daun Kemangi

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles