Selain mengatasi masalah gizi dan diabetes, khasiat daun kelor untuk paru-paru ternyata juga ada. Menurut Majalah Sainstekes, kelor adalah tumbuhan nutraseutikal, yang berarti selain memiliki nutrisi tinggi juga berfungsi menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman yang dapat hidup di daerah tropis ini mudah ditemukan di negara Indonesia. Bahkan sering juga dibudidayakan di kebun atau pekarangan masyarakatnya.

Walau mudah ditemukan dan memiliki banyak manfaat, popularitas kelor di Indonesia masih kalah dengan jenis sayuran atau tanaman herbal lainnya.

Tidak seperti di negara-negara Afrika, di mana kelor digunakan untuk mengatasi 34 penyakit dan ritual masyarakat.

Hubungan antara daun kelor dengan paru-paru ini sebenarnya belum banyak kajian yang membahasnya. Namun, beberapa senyawa yang terkandung pada daun kelor memang berguna untuk fungsi paru-paru.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor Tercantum Dalam Al-Qur’an

Kelor untuk Melawan Kanker Paru-paru

Khasiat daun kelor untuk paru-paru yang telah terbukti secara ilmiah adalah fungsinya sebagai antikanker.


Organ paru-paru (sumber: canva)

Dewasa ini kasus kanker paru-paru meningkat karena polusi udara yang juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Terlalu banyak terpapar polusi udara pastinya tidak baik untuk kesehatan paru-paru.

Pada tahun 2020 lalu kasus kematian akibat kanker paru-paru di Indonesia meningkat hingga 34.783 orang. Angka tersebut naik 8,8 persen dari tahun sebelumnya.

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang masuk dalam 3 besar jumlah penderitanya di Indonesia.

Selain polusi udara, penyebab utama dari kanker paru-paru ini adalah asap rokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif.

Penggunaan kelor sebagai antikanker ini sudah terbukti pada kanker pankreas dan kanker paru-paru.

Sejatinya, tumbuhan herbal yang digunakan untuk mengobati kanker adalah tanaman yang berfungsi untuk mematikan sel sitotoksik dan merangsang apostisis.

Pada saat itu lah kelor berperan, daun kelor memiliki potensi untuk mereduksi apostisis sehingga pertumbuhan sel kanker menjadi terhambat.

Singkatnya, daun kelor ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali. Sehingga penyakit kanker, khususnya kanker paru-paru dapat terhindari. Oleh karenanya, kesehatan alat pernapasan ini tetap terjaga.

Kanker merupakan penyakit yang membahayakan, sehingga senantiasa kita harus bisa menghindarinya. Hal ini dikarenakan penyakit kanker adalah gangguan yang sulit untuk disembuhkan.

Salah satu khasiat daun kelor untuk paru-paru adalah mencegah berkembangnya penyakit kanker paru-paru.

Selain itu, daun kelor juga merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan berperan penting dalam menghambat radikal bebas, sehingga manusia dapat terlindungi dari infeksi dan penyakit degeneratif.

Senyawa antioksidan ini juga yang berperan penting untuk mencegah penyakit kanker.


Proteksi paru-paru (sumber: canva)

Nutrisi Kelor untuk Kesehatan Paru-paru

Daun kelor memiliki beberapa senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah senyawa magnesium. Berikut ini adalah fungsi magnesium:

  1. Berperan penting dalam menyusun struktur dan fungsi paru-paru.
  2. Stimulasi saluran pencernaan.
  3. Mengatasi stress dan tekanan darah tinggi.
  4. Meningkatkan kepadatan tulang.

Senyawa lainnya dalam daun kelor yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru adalah selenium. Sebuah mineral esensial dalam membangun antioksidan kuat.

Sebuah penelitian media membuktikan bahwa dengan meningkatkan konsumsi selenium ini maka risiko terkena kanker paru-paru juga akan menurun.

Artinya khasiat daun kelor untuk paru-paru ini bersumber dari 2 senyawa yang ada, yaitu magnesium dan selenium. Selain itu, daun kelor juga membantu mengurangi risiko asma dan mencegah bronkial dari penyempitan.

Melalui penjelasan di atas, daun kelor terbukti membantu fungsi paru-paru dan pernafasan secara keseluruhan. Kebaikan-kebaikan daun kelor ini pun dapat kita temui pada sereal sehat Nutriflakes.

Di mana Nutriflakes memakai daun kelor sebagai salah satu bahan utamanya. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi Nutriflakes, kita bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan yang berlimpah.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat sehari-hari.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles