Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, aktivitas tidur adalah hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh ditinggalkan. Untuk mendapatkan kesehatan fisik dan mental yang baik tentunya juga harus menerapkan pola tidur yang baik pula, yaitu tidak begadang dan tidur di pagi hari. Pola tidur yang tidak baik seperti tidur di pagi hari akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Lantas, bagaimana dampak tidur pagi hari?

Dampak Tidur Pagi Hari

Sebagian orang mungkin pernah tidur di pagi hari setelah begadang semalaman, baik karena nonton televisi, nongkrong, dan aktivitas lainnya. Apabila tidur di pagi hari dilakukan sesekali, mungkin tidak langsung menimbulkan dampak negatif. Tapi bagaimana kalau tidur di pagi hari dilakukan terus menerus?

Berikut dampak tidur pagi hari yang harus Anda hindari:

1. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Dampak tidur pagi hari, yaitu bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Hal ini terjadi karena kurang tidur bisa meningkatkan tekanan darah dan peradangan di dalam tubuh. Itu sebabnya seseorang yang sering tidur pagi hari bisa saja mengalami serangan jantung dan stroke.

2. Kelelahan

Seseorang yang tidur pagi hari bisa mengalami kelelahan karena kurangnya paparan sinar matahari. Hal ini karena sinar matahari sendiri adalah sumber vitamin D. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kelelahan. Selain itu, kualitas tidur yang kurang bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, sehingga memicu rasa kantuk, lesu, dan lelah.

3. Pusing dan Sakit Kepala

pusing_sakit_kepala

Tidur pagi hari menyebabkan pola tidur menjadi tidak konsisten, sehingga memengaruhi sirkulasi darah pada otak. Hal ini yang akan menyebabkan rasa pusing dan sakit kepala. Selain itu, kurangnya kualitas dan kuantitas tidur menyebabkan ketegangan otot yang memperburuk kondisi ini.

4. Obesitas

Obesitas adalah salah satu dampak tidur pagi hari. Hasil studi menyatakan bahwa seseorang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malamnya, apabila dibandingkan dengan seseorang yang tidur 7-8 jam per malamnya, memiliki risiko obesitas lebih tinggi. Hal ini karena seseorang yang tidur di pagi hari, memiliki kecenderungan begadang di malam hari. Begadang di malam hari bisa membuat nafsu makan meningkat, sehingga memungkinkan orang tersebut makan lebih banyak. Apabila hal ini dilakukan terus menerus, akan mengakibatkan terjadinya obesitas.

5. Perubahan Mood

Apabila Anda begadang di malam hari, tapi tidur di pagi hari, itu pertanda kalau Anda mengalami perubahan waktu tidur secara tidak alami. Kondisi ini bisa mengganggu produksi hormon yang mengatur suasana hati seperti hormon serotonin dan melatonin. Kurangnya produksi hormon ini bisa membuat Anda merasa lelah, cemas, depresi, dan mengalami perubahan suasana hati.

Itu beberapa dampak tidur pagi hari yang harus dihindari. Selain menurut medis, tidur di pagi hari juga dilarang di dalam Islam. Bahaya tidur di pagi hari menurut Islam, yaitu:

1. Tidak sesuai dengan petunjuk Al-Qur’an dan As- Sunnah karena Rasulullah SAW sangat melarang tidur setelah subuh (di pagi hari).
2. Bukan akhlak salafus shalih.
3. Menghambat datangnya rezeki.
4. Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya.
5. Menyebabkan berbagai penyakit fisik.

Berdasarkan bahaya tidur di pagi hari menurut medis dan Islam tersebut, telah jelas bahwa dampak tidur pagi hari harus dihindari karena berbahaya bagi kesehatan. Agar tidak tidur di pagi hari, Anda bisa melakukan beberapa tips ini.

Baca: Posisi Tidur ini Dapat Mengurangi Nyeri Dada

Tips Agar Tidak Tidur Di Pagi Hari

1. Membereskan Kamar Tidur

Membereskan kamar tidur bisa menurunkan stres dan meningkatkan mood, sehingga Anda lebih teratur dalam memulai hari. Rasa semangat dan meningkatnya mood ini, akan membuat Anda berpikir aktif mengenai aktivitas apa yang akan dilakukan selanjutnya dan tentu melewatkan tidur di pagi hari.

2. Mandi Pagi dan Membaca Buku dengan Keras

membaca_buku

Mandi pagi dan membaca buku dengan keras bisa mengurangi rasa kantuk di pagi hari, sehingga tidak mendorong Anda untuk tidur di pagi hari.

3. Masak dan Menyiapkan Sarapan

Menyiapkan sarapan tidak jarang melibatkan aktivitas fisik dan pikiran. Saat ingin membuat sarapan, Anda dituntut untuk berpikir mengenai sarapan apa yang harus disiapkan dan bagaimana cara menyiapkannya.

4. Workout

Olahraga di pagi hari bisa menghindari Anda dari rasa kantuk di pagi hari. Hal ini karena olahraga akan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membuat Anda lebih aktif dan berenergi.

Demikian ulasan mengenai dampak tidur pagi menurut medis dan Islam yang harus Anda hindari. Untuk menjaga kesehatan fisik, sebaiknya jangan isi pagi Anda dengan tidur, melainkan isi dengan berbagai kegiatan bermanfaat.

Simak juga tips menarik seputar kesehatan, jangan sampai Anda ketinggalan update.


About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles