Daun nangka kuning merupakan tanaman merambat, sama seperti sirih. Selain memiliki warna hijau kekuningan, bertekstur lembut, berbulu halus, daun nangka kuning juga dipercaya dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Lantas, adakah manfaat daun nangka kuning untuk asam lambung?

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa tanaman ini sama dengan tanaman nangka pada umumnya yang berbatang besar, menghasilkan buah beraroma harum dengan rasa nikmat. Padahal, daun nangka kuning termasuk ke dalam jenis tanaman hias.

Sebelum menjawab adakah manfaat daun nangka kuning untuk asam lambung, mari kita ulas satu per satu manfaat daun nangka kuning secara umum.

Manfaat Daun Nangka Kuning

1.  Membantu Menurunkan Panas saat Demam

Daun nangka kuning dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menurunkan panas dan meredakan sakit kepala. Manfaat ini berkat kandungan senyawa di dalam daun nangka kuning yang dapat menyerap panas tubuh dan dapat digunakan oleh orang dewasa ataupun oleh anak-anak.

Anda dapat menggunakan daun nangka kuning ini dengan cara diremas menggunakan sedikit air, kemudian letakkan pada dahi (seperti sedang mengompres) hingga suhu tubuh menurun.

2. Membantu Menyembuhkan Luka

Daun nangka kuning bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka sekaligus mengganti sel-sel kulit yang rusak akibat dari infeksi luka tersebut.

Anda dapat merasakan manfaat daun nangka kuning ini dengan cara meremas dan memberinya sedikit air, kemudian ditempelkan pada luka. Daun nangka kuning yang ditempelkan pada luka dapat diganti secara berkala.

3. Membantu Mencegah Diabetes

Manfaat daun nangka kuning dalam membantu mencegah diabetes berkat kandungan senyawa di dalamnya yang dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah.

4. Membantu Mengobati Bisul

Daun nangka kuning juga memiliki kegunaan lain, yaitu dapat membantu mengobati bisul secara alami.

Anda cukup mengaplikasikan daun nangka kuning tersebut pada bisul secara teratur hingga bisul sembuh atau kempes.

5. Membantu Meredakan Sakit Gigi

Daun nangka kuning juga dapat membantu meredakan sakit gigi. Manfaat ini berkat kandungan di dalam daun nangka kuning yang dapat mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang, seperti ngilu.

Anda dapat melumatkan daun nangka kuning, kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit, hingga rasa sakit tersebut berkurang.

6. Membantu Mengobati Penyakit Kuning dan Liver

Selain beberapa manfaat di atas, daun nangka kuning juga memiliki khasiat untuk membantu mengobati penyakit kuning dan hati.

Konsumsi daun nangka kuning harus disesuaikan dengan kondisi keparahan sakit yang diderita oleh setiap individu.

Itulah beberapa manfaat daun nangka kuning untuk kesehatan. Dapat disimpulkan pula bahwa tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, ternyata daun nangka kuning memberikan sejumlah manfaat penting untuk kesehatan.

Adakah manfaat daun nangka kuning untuk asam lambung?

Sejauh ini, belum terdapat manfaat daun nangka kuning untuk asam lambung secara langsung. Hanya saja, beberapa manfaat dari daun nangka kuning juga berpengaruh terhadap penurunan risiko penyakit asam lambung.

Manfaat daun nangka kuning berkaitan dengan asam lambung, yaitu manfaatnya dalam membantu proses penyembuhan luka, membantu mencegah diabetes, dan membantu meredakan sakit gigi karena asam lambung yang sering naik.

Masyarakat sering kali mengolah daun nangka kuning untuk dijadikan sebagai obat tradisional  dan cenderung memilih metode sederhana dalam proses pengolahannya. Daun kuning biasanya diolah dengan cara direbus, diparut, diremas, atau diseduh.

Dibandingkan dengan teknik pengolahan lain, pengolahan daun nangka kuning dengan cara direbus merupakan cara yang paling sering dilakukan oleh masyakarat untuk mengolah daun nangka kuning. Setelah direbus, Anda dapat meminum air rebusan tersebut.

Artikel terkait:

Pertolongan Pertama pada Asam Lambung Kambuh

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles