Zat besi adalah salah satu jenis mineral, berfungsi untuk memproduksi hemoglobin, berupa sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selain terdapat di dalam daging-dagingan dan sayuran, kandungan tinggi zat besi juga bisa ditemukan pada buah-buahan. Lantas, apa saja buah yang mengandung zat besi tinggi?

Kadar zat besi yang rendah di dalam tubuh atau disebut anemia defisiensi zat besi, bisa ditandai dengan beberapa hal berikut:

  • Kelelahan
  • Gangguan pencernaan
  • Kekurangan energi
  • Sulit berkonsentrasi
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh
  • Sulit mengontrol suhu tubuh
  • Sakit kepala
  • Emosional yang tidak stabil

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang buah yang mengandung zat besi tinggi untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan zat besi harian tubuh.

Buah yang Mengandung Zat Besi Tinggi

1. Zaitun

Zaitun adalah buah yang mengandung zat besi tinggi. Hal ini dibuktikan dengan kandungan zat besi sebanyak 6,3 miligram di setiap 100 gram zaitun. Zat besi pada zaitun bisa memenuhi 35 persen dari kebutuhan harian zat besi tubuh, lho!

2. Jus Prune

Prune adalah buah plum yang dikeringkan, sehingga tampilannya mirip kismis. Jus buah prune memberikan 2,9 miligram zat besi per cangkir (237 mililiter), sehingga bisa memenuhi sebanyak 16 persen dari kebutuhan zat besi tubuh. Maka dari itu, prune disebut sebagai buah yang mengandung zat besi tinggi.

3. Mulberry

mulberry_zat_besi_tinggi

Mulberry atau yang sering disebut buah murbei ini menyumbang 2,6 miligram zat besi pada setiap cangkirnya. Jumlah zat besi pada murbei ini setara dengan 14 persen dari kebutuhan harian tubuh. Selain zat besi, buah ini kaya vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

4. Kurma

Kurma terkenal sebagai buah manis, teman berbuka puasa. Dengan konsumsi setengah cangkir kurma, lebih dari 10 persen kebutuhan zat besi harian tubuh Anda terpenuhi. Buah kurma juga bisa dijadikan sebagai alternatif pemanis.

5. Srikaya

Srikaya adalah sumber fitokimia dan antioksidan yang baik. Sementara itu, di dalam 100 gram srikaya mengandung zat besi sebanyak 2,7 miligram. Sehingga, srikaya termasuk ke dalam jenis buah yang mengandung zat besi tinggi dan baik untuk mencegah anemia.

6. Nangka

Selain memiliki aroma harum dan menggugah selera, nangka termasuk buah yang mengandung zat besi tinggi. Di dalam 100 gram buah nangka, mengandung 0,9 miligram zat besi. Selain membantu mencegah anemia, nangka juga bagus untuk diet.

7. Salak

salak_zat_besi_tinggi

Salak termasuk buah yang mengandung zat besi tinggi. Di setiap 100 gram buah salak, menyimpan sekitar 4,2 miligram zat besi. Tidak heran kalau buah salak disebut sebagai salah satu buah dengan kandungan zat besi tertinggi.

Itulah beberapa buah yang mengandung zat besi tinggi, sehingga bisa mendukung asupan zat besi harian tubuh Anda. Selain nikmat dan tinggi zat besi, jenis buah tersebut juga bernutrisi.

Untuk menghindari gejala kekurangan zat besi tersebut, Anda dianjurkan untuk konsumsi makanan yang tinggi zat besi, baik dari daging-dagingan, sayuran, dan buah-buahan

Tidak hanya sebagai sumber zat besi, buah-buahan juga merupakan sumber serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Artikel terkait:

10 Jenis Buah Berserat Tinggi Bagus untuk Kesehatan

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles