Jika terdapat angka kecukupan gizi akan vitamin C bagi tubuh, ini berarti tubuh membutuhkan jenis vitamin C untuk menjalankan fungsi-fungsinya. Lalu vitamin C berguna untuk apa saja?

Sebenarnya apa itu vitamin C?

Vitamin C merupakan nutrisi yang berbentuk kristal putih yang mudah untuk larut di dalam air, sama seperti vitamin B. Jenis vitamin C ini ternyata merupakan vitamin yang mudah sekali rusak daripada vitamin lainnya.

Selain itu, vitamin C juga sangat mudah untuk teroksidasi dan semakin cepat ketika bertemu dengan panas, sinar, enzim, dan alkali. Namun, proses oksidasi ini dapat terhambat jika vitamin C diletakkan pada suhu rendah dan dalam keadaan asam.

Artinya, vitamin C akan mudah rusak dalam suhu tinggi serta mudah hilang selama proses pengolahan ataupun penyimpanan.

Kebutuhan akan vitamin C ini sebenernya berbeda-beda tiap orangnya. Hal tersebut tergantung dari jenis kelamin, usia, dan keadaan dari orang itu sendiri. Anak-anak dengan usia 1 sampai 3 tahun merupakan kelompok yang membutuhkan vitamin C paling sedikit.

Sedangkan kebutuhan vitamin C paling tinggi adalah pada ibu yang sedang dalam menyusui bayi. Jika tubuh memerlukan vitamin C, artinya vitamin ini memiliki kegunaan yang berarti pada kehidupan sehari-hari.


Vitamin C untuk kecantikan (sumber: canva)

Apa Manfaat dari Vitamin C?

Walaupun jumlah kebutuhan vitamin C ini kecil, tetapi vitamin C berguna untuk beberapa kepentingan kesehatan. Apa saja?

Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin C untuk kesehatan:

  • Pembentukan Kolagen Interseluler

Vitamin C berperan sebagai katalisator reaksi hidroksilasi perubahan lisin dan prolin dalam proses pembentukan kolagen. Artinya, vitamin C ini membantu untuk membentuk dan memelihara substansi interseluler dalam jaringan ikat tubuh.

Kolagen sendiri merupakan komponen dari jaringan pengikat dan komponen utama dari kulit, tulang, dan gigi. Fungsi inilah yang banyak digunakan dalam produk-produk kecantikan atau skincare.

  • Penyembuhan Luka

Penyembuhan luka pada tubuh membutuhkan banyak protein seperti kolagen. Vitamin C sendiri dapat merangsang produksi, pematangan, dan pelepasan dari kolagen ini. Sehingga dapat mempercepat pembentukan jaringan pada area tubuh yang terluka.

  • Memelihara Imun Tubuh

Vitamin C juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan mendorong produksi dari sel darah putih. Jenis vitamin ini juga dapat bekerja sebagai antioksidan sehingga dapat melindungi sel imun dari radikal bebas.

  • Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kualitas pada struktur gigi ternyata juga bergantung pada terpenuhinya vitamin C ketika pembentukan gigi berlangsung. Oleh karena itu, lapisan gigi tidak akan terbentuk dengan normal jika tubuh sampai kekurangan vitamin C.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kolagen merupakan salah satu komponen utama pada tulang dan gigi. Sedangkan pembentukan kolagen sendiri merupakan peran utama dari vitamin C.


Gigi sehat (sumber: canva)

  • Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi vitamin C 500 mg setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Low Density Lipoprotein (LDL) merupakan kolesterol jahat yang biasanya menyebabkan berbagai penyakit.

Peran dari vitamin C sendiri adalah berperan penting dalam metabolisme kolesterol secara langsung. Sehingga vitamin C ini dapat berguna untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal.

Baca juga: Mengenal Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil

Vitamin C Berguna untuk Kesehatan Tubuh

Berdasarkan penjelasan di atas, kegunaan dari vitamin C sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Mulai dari membentuk kolagen, pembentukan gigi & tulang, hingga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Oleh karena itu, kita harus senantiasa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi Nutriflakes, sebuah sereal umbi garut yang membawa banyak manfaat untuk kesehatan.

Nutriflakes dapat memenuhi kebutuhan vitamin C karena salah satu komposisinya adalah bubuk hijau daun kelor. Di mana kandungan vitamin C dalam daun kelor sangat lah tinggi, bahkan bisa lebih tinggi daripada buah jeruk.

Demikian ulasan mengenai vitamin C yang banyak berguna untuk kesehatan tubuh semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, penuhi nutrisi kesehatan terjamin!

Baca juga: Sayuran yang Mengandung Vitamin C

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles