Umbi garut untuk asam lambung berarti tanaman ini dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan tersebut. Gangguan pada organ pencernaan seperti asam lambung naik dan maag memang sangat tidak nyaman bagi yang merasakan.

Permasalahan lambung biasanya disebabkan karena cairang asam yang berasal dari organ tersebut. Misalnya asam lambung naik, di mana cairan asam tersebut naik ke kerongkongan. Sedangkan, maag adalah luka pada organ lambung akibat dari asam lambung juga.

Luka-luka pada lambung ini dapat sembuh atau justru menjadi penyakit kronis.

Bagi penderita gangguan lambung, mereka harus selalu sedia berbagai obat-obatan jika penyakit tersebut kambuh. Namun, pemakaian obat-obatan dengan jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan pada tubuh.

Oleh karena itu, dewasa ini banyak berkembang obat tradisional yang secara empiris dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

Pemanfaatan bahan-bahan alami untuk mengobati masalah lambung diharapkan tidak menimbulkan efek samping seperti obat-obat pada umumnya. Hal ini disebabkan efek obat yang bersifat alami tidak akan sekeras efek dari obat-obat dengan bahan kimia.

Baca juga: Apakah Ada Efek Samping Umbi Garut?

Salah satu contoh pemanfaat bahan alami untuk pengobatan adalah umbi garut untuk asam lambung.

efek samping umbi garut
Tanaman umbi garut (sumber: canva)

Pada masyarakat pedesaan, mereka menggunakan umbi garut untuk mengatasi penyakit lambung seperti maag dan mendinginkan lambung akibat asam lambung naik.

Baca juga: Pohon Umbi Garut, Tanaman Kaya Gizi yang Masih Asing di Masyarakat

Pemanfaatan Umbi Garut untuk Masalah Lambung

Terapi lambung menggunakan umbi garut ini sebenarnya belum dibuktikan secara klinis atau medis. Namun, masyarakat umum mempercayai hal tersebut melalui pengalaman nyata mereka.

Menurut salah satu Profesor IPB yang bernama Titi Candra Sunarti, umbi garut memiliki problem solving yang tinggi dalam bidang kesehatan.

Umbi garut memiliki daya serap air yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk pemulihan luka pada organ lambung. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pencernaan seperti diare.

Garut adalah tanaman rimpang yang memiliki zat pati dengan sumber karbohidrat tinggi. Berdasarkan penilitan, umbi garut memiliki ciri khas untuk mendinginkan perut.

Kandungan zat lain pada garut juga sangat berguna untuk kesehatan manusia.

Senyawa-senyawa yang baik untuk kesehatan pada umbi garut ini di antaranya ada kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, air, vitamin B1, dan zat besi.

Zat kimia pada umbi garut yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat adalah zat pati. Di mana zat pati ini memiliki potensi untuk menjadi bahan pangan pengganti tepung terigu.

Umbi garut juga memiliki kandungan kimia saponin dan flavonoid. Kedua zat tersebut bersama dengan karbohidrat dalam umbi garut berfungsi untuk menenangkan lambung.

Maksudnya adalah keadaan lambung yang panas ketika suasana lambung terlalu asam. Suasana yang terlalu asam ini akan menyebabkan gangguan asam lambung naik.

Secara empiris, masyarakat yang mengonsumsi umbi garut sembuh dari penyakit nyeri yang mereka derita.

Kegunaan Umbi Garut Lainnya

Daun umbi garut (sumber: canva)

Selain memiliki fungsi untuk mengatasi masalah-masalah lambung, umbi garut ternyata memiliki kemampuan lain yang baik untuk kesehatan.

Misalnya menyembuhkan mencret, obat luar untuk menyembuhkan eksim, menyembuhkan radang usus, menyembuhkan rachitis, menyembuhkan panas dalam. Artinya, manfaat yang didapatkan tidak hanya terbatas pada sistem pencernaan.

Umbi garut juga dapat digunakan sebagai makanan alternatif bagi anak autis dan sindrom down. Hal ini dikarenakan seratnya yang pendek sehingga mudah dicerna.

Melalui penjelasan di atas, umbi garut untuk asam lambung memang sudah terbukti secara empiris. Oleh karena itu, bahan alami ini digunakan sebagai bahan utama dalam sereal sehat Nutriflakes.

Produk Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik. Nutriflakes sendiri menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung.

Baca juga: Terbukti, Pati Garut Untuk Meredakan Asam Lambung