Asam lambung merupakan salah satu zat yang berperan penting dalam proses pencernaan. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga keseimbangan makanan agar tidak menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Itulah mengapa penting untuk mencegah naiknya asam lambung. Tentu saja, ini merupakan langkah antisipasi agar jika menghadapinya tidak berakibat fatal dan terhindar dari masalah kesehatan yang lainnya.

Peningkatan asam lambung disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pola makan yang tidak teratur, obesitas, dan minum alkohol.

Kesulitan menelan makanan, nyeri ulu hati, sesak napas, dan munculnya rasa asam di mulut adalah beberapa gejala yang terjadi ketika asam lambung naik.

Selain itu, peningkatan asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan sensasi terbakar pada kerongkongan. Untuk meredakan asam lambung tinggi, ada beberapa obat yang bisa dikonsumsi, baik obat dari dokter maupun alami.

Meski begitu, seperti kata pepatah, “mencegah lebih baik daripada mengobati”, jadi lebih baik cegahlah asam lambung sejak dini sebelum semakin parah dan menyiksa.

Jangan Biarkan Makin Parah, Inilah Tips Mencegah Asam Lambung Naik

Berikut ini adalah 7 cara mencegah kenaikan asam lambung yang mudah diterapkan, efektif, dan bisa meningkatkan kualitas kesehatan Anda:

1. Kurangi Konsumsi Alkohol

kurangi minum alkohol agar lambung sehat

Minum alkohol dapat meningkatkan keparahan penyakit refluks asam dan mulas. Ini dapat memperburuk gejala dengan meningkatkan asam lambung, mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, dan mempengaruhi kemampuan esofagus untuk mengeluarkan asam.

Menurut peneliti, minum alkohol secara berlebihan dan sering dapat menyebabkan refluks pada orang sehat. Jadi, cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan minum minuman beralkohol.

2. Mengunyah Permen Karet

mengunyah permen karet bisa mengatasi asam lambung naik

Mengunyah permen karet dikatakan dapat mengobati asam lambung. Dalam sebuah penelitian, mengunyah permen karet dapat merangsang pelepasan air liur, sehingga menetralkan asam yang telah terkumpul (dicuci) di perut. Ini juga mengurangi risiko asam lambung naik ke tenggorokan.

Anda dianjurkan untuk mengunyah permen karet yang tidak mengandung pemanis buatan. Anda bisa mencoba mengunyah permen karet dengan rasa herbal atau mint.

3. Konsumsi Protein dan Kurangi Lemak

konsumsi protein

Asupan protein yang tinggi bisa meningkatkan penekanan asam lambung sekaligus meningkatkan tekanan sfingter esofagus bagian bawah (otot berbentuk cincin yang menutup jalur atau bukaan tubuh).

Hal ini dapat mencegah aliran balik di tenggorokan. Sementara itu, hal sebaliknya terjadi saat Anda mengonsumsi makanan berlemak.

4. Minum Air Putih

minum air putih

Minum air membuat pencernaan lancar dan asam lambung tidak naik. Agar usus berfungsi lebih cepat saat memproses makanan, kadar pH pada air minum yang seimbang dapat membantu mengatasi asam lambung naik.

Oleh karena itu, Anda perlu minum air putih yang cukup setiap hari sebanyak 2 liter atau 230 ml per hari. Air yang jernih tidak hanya mendukung pencernaan, tetapi juga dapat menghidrasi tubuh.

Baca juga: Perut Membesar karena Asam Lambung? Begini Mekanismenya

5. Menghilangkan Stress

hilangkan stres

Menurut peneliti, stres secara signifikan dapat meningkatkan sekresi asam lambung. Jika stres menyebabkan refluks asam, cobalah untuk mencari tahu apa yang menyebabkan stres dan lakukan sesuatu untuk menguranginya.

Menghilangkan penyebab stres dapat secara signifikan mengurangi risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan. Saat Anda sedang stres, cobalah untuk rileks dan tarik napas dalam-dalam.

6. Makan secara Teratur

makan teratur

Salah satu alasan utama orang menderita asam lambung adalah pola makan yang tidak teratur. Sebaiknya buatlah jadwal makanan teratur Anda setiap hari.

Dianjurkan juga untuk tidak makan apa pun dua jam sebelum tidur. Hal ini dapat menyebabkan asam naik di tenggorokan Anda saat tidur. Jika terlalu parah, cobalah makan makanan yang dibuat khusus untuk penderita asam lambung.

7. Stop Merokok

stop merokok

Merokok selain dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kanker dan penyakit jantung, juga dapat menyebabkan asam lambung.

Kandungan nikotin dari tembakau dapat mengendurkan sfingter esofagus. Hal ini mengakibatkan naiknya risiko refluks asam. Maka dari itu, hindari kebiasaan merokok mulai sekarang.

Baca juga: Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Tenggorokan

Kesimpulan Tips Mudah Mencegah Asam Lambung Naik

Nah, itulah 7 Tips mudah mencegah asam lambung tidak naik. Dengan mencegahnya, Anda dapat menjalani aktivitas dengan tenang dan baik.

Adapun solusi untuk mencegah asam lambung secara alami, yaitu dengan mengkonsumsi produk sereal sehat Nutriflakes. Keistimewaan Nutriflakes adalah mengandung efek terapi yang membuat perut terasa lebih nyaman. Kandungan-kandungan alaminya juga bisa meredakan asam lambung tinggi. Jangan lupa share artikel bermanfaat ini ke orang-orang tersayangmu.

About the Author

Melliana Putri Susanti

Content writer Nutriflakes yang suka berbagi informasi bermanfaat seputar kesehatan, diet, pencernaan, termasuk tips-tips agar pencernaan sehat dan lancar.

View All Articles