Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Teh Daun Kelor untuk Asam Lambung, 3 Manfaat yang Perlu Diketahui

Daun kelor sudah sering dijadikan sebagai bahan herbal bagi masyarakat Indonesia. Sebab, berbagai macam kandungan yang ada di tanaman ini sangatlah baik untuk kesehatan manusia, tak terkecuali untuk kesehatan lambung. Maka dari itu, kenali manfaat teh daun kelor untuk asam lambung.

Selain mengandung berbagai jenis vitamin yang sangat menyehatkan, daun kelor juga mengandung beberapa zat yang bersifat antioksidan, anti radang, dan antibakteri. Jadi, akan menjadi hal yang wajar jika jenis daun ini memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

 

3 Manfaat Teh Daun Kelor untuk Asam Lambung


Teh kelor (sumber: canva)

Tidak hanya sering dikonsumsi untuk meredakan gejala asam lambung saja, tapi jenis daun ini juga sering digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengobati berbagai jenis penyakit lainnya.

Ketika daya tahan tubuh bisa lebih terjaga dengan baik, maka bakteri akan lebih sulit untuk masuk ke tubuh Anda. Sementara itu, salah satu cara mudah untuk mengonsumsi jenis daun ini adalah dengan meraciknya menjadi teh. Ada beberapa manfaat teh daun kelor untuk asam lambung, yaitu:

 

a. Mengobati Radang Lambung

Umumnya, kondisi asam lambung yang naik akan disebabkan oleh radang lambung. Radang lambung adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika dinding lambung mengalami luka atau peradangan, sehingga kondisi ini akan membuat jaringan dinding lambung mudah terkikis oleh asam lambung.

Ketika seseorang menderita penyakit radang lambung seperti ini, maka mereka akan menunjukkan gejala-gejala seperti mual, nyeri perut, nyeri ulu hati, dan gejala sakit maag lainnya. Untuk meredakan gejala-gejala yang sangat mengganggu tersebut, konsumsilah teh daun kelor secara rutin.

Kandungan antioksidan dan anti radang yang ada di minuman ini dapat meredakan gejala peradangan serta melindungi dinding lambung secara lebih baik lagi. Bahkan, kandungan pada minuman ini juga mampu mengobati gejala radang lambung secara ampuh.

 

b. Melindungi Lambung dari Bahaya Infeksi Bakteri


Teh kelor (sumber: canva)

Manfaat lain dari teh daun kelor untuk lambung adalah melindungi organ ini dari bahaya infeksi bakteri. Sebab, daun kelor mengandung beberapa zat yang bersifat antibakteri. Dengan adanya kandungan-kandungan yang bersifat antibakteri ini, daun kelor dapat lebih menjaga kesehatan lambung manusia.

Beberapa jenis bakteri yang dapat mengganggu fungsi sistem pencernaan manusia adalah salmonella, H. Pylori, E. Coli. Dalam hal ini, kandungan zat antibakteri yang ada dalam daun kelor dapat memberantas jenis-jenis bakteri tersebut. Jadi, kesehatan lambung bisa lebih terjaga dengan baik.

 

c. Mencegah dan Mengobati Tukak Lambung

Kondisi tukak lambung bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti radang lambung yang sudah kronis, produksi asam lambung yang berlebihan, efek samping obat berjenis antiinflamasi nonsteroid, dan infeksi bakteri berjenis H. Pylori. Pada dasarnya, kondisi ini tidak boleh diabaikan begitu saja.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengobati tukak lambung adalah dengan mengonsumsi teh daun kelor secara rutin. Semua orang bisa mengonsumsi minuman ini sebanyak 2 kali dalam sehari. Dengan begitu, mereka bisa merasakan sendiri khasiat yang ada pada jenis daun ini.

Selain itu, penting untuk diketahui juga bahwa ekstrak daun kelor dapat melindungi dan melapisi jaringan dinding lambung secara lebih baik lagi. Jadi, gejala asam lambung yang sedang Anda alami ini bisa segera teratasi dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan lambung saja, tapi teh daun kelor untuk asam lambung ini juga dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan lainnya. Jadi, kesehatan tubuh Anda bisa lebih terjaga di sepanjang waktu.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles