Bahan pangan susu sebenarnya bisa menjadi pantangan makanan dan minuman bagi penderita asam lambung. Oleh karena itu, susu rendah lemak untuk lambung ini menjadi salah satu jenis susu yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Susu merupakan bahan pangan yang ideal bagi semua orang karena memiliki nutrisi yang lengkap. Mulai dari protein, lemak, kalsium, hingga vitamin ada di dalam susu sehingga sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Sementara itu, bolehkah penderita asam lambung minum susu? Jawabannya adalah boleh, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Susu juga bisa menjadi permasalahan bagi penderita asam lambung. Sebab, ada beberapa kandungan dalam susu yang dapat menjadi pemicu terjadinya asam lambung naik.

Kandungan ini adalah lemak, senyawa ini bisa membantu otot katup esofagus menjadi rileks dan tidak kaku. Padahal otot ini seharusnya bersifat kaku karena bekerja untuk menutup jalur antara lambung dengan karongkongan.

Sehingga asam lambung tidak dapat naik menuju ke kerongkongan. Selain itu, lemak merupakan senyawa yang lama untuk dicerna di dalam lambung. Semakin lama makanan dan minuman berada di lambung, suasana lambung juga akan semakin asam.

Alhasil, gangguan asam lambung atau GERD bisa kambuh dan mengganggu aktivitas rutin sehari-hari. Jadi kalau ingin minum susu, perhatikan jenis susu yang akan dikonsumsi. Pastikan jenis susu aman untuk asam lambung.

Susu Rendah Lemak untuk Lambung


Salah satu jenis susu (sumber: canva)

Dengan keadaan di atas, bukan berarti penderita asam lambung tidak boleh mengonsumsi minuman susu. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pola minum susu serta memilih jenis susu yang akan diminum.

Pola minum susu yang baik adalah jangan bersamaan dengan makan besar atau makanan yang memiliki protein tinggi. Sedangkan jenis susu yang baik untuk penderita asam lambung adalah susu yang mengandung lemak rendah.

Berikut ini adalah beberapa ragam susu rendah lemak yang baik untuk penderita asam lambung:

1. Susu Rendah Lemak

Susu yang tersebar di pasaran ini ada beberapa jenis, mulai dari whole milk (kandungan lemak utuh), susu rendah lemak, dan susu bebas lemak (susu skim). Sedangkan susu yang cocok untuk penderita asam lambung ini adalah susu yang kandungan lemaknya tidak lebih dari 2,5%.

Oleh karena itu, penderita asam lambung dapat memilih susu rendah lemak atau susu skim. Susu jenis ini tidak akan mudah terpengaruh dengan pH di sekitarnya, sehingga lambung tidak akan menjadi asam.

2. Susu Kedelai


Susu kedelai (sumber: canva)

Jenis susu kedelai ini dapat menjadi salah satu pilihan susu yang aman bagi penderita asam lambung. Sebab, kandungan lemak di dalam susu kedelai ini lebih rendah daripada susu sapi pada umumnya.

Selain itu, susu kedelai juga berasal dari bahan pangan yang bersifat nabati. Tekstur dari susu kedelai sendiri juga lebih ringan daripada susu sapi yang memiliki lemak utuh. Protein di dalamnya pun juga terbilang tinggi karena berasal dari kacang-kacangan.

3. Susu Almond

Susu almond merupakan salah satu susu yang bersifat basa, sehingga cocok untuk penderita asam lambung. Bahan pangan yang bersifat basa dianggap dapat membantu dalam menetralisir asam lambung.

Baca juga: Sereal untuk Asam Lambung, Bantu Meredakan Asam Lambung Naik

Kesimpulan Susu yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Melalui penjelasan di atas, susu rendah lemak memang cocok untuk diminum oleh penderita asam lambung. Selain itu, masih ada juga susu kedelai dan susu almond yang bisa menjadi pilihan bagi lambung.

Bagi penderita asam lambung, selain mengonsumsi jenis-jenis minuman di atas, bisa juga mengonsumsi Nutriflakes.

Nutriflakes adalah minuman serbuk yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung dan menjaga kesehatan. Minuman sehat ini sangat baik untuk lambung karena menggunakan bahan-bahan alami seperti umbi garut dan susu kambing etawa.

Kedua bahan ini bisa membuat lambung terasa lebih nyaman dan mengurangi limbah asam di dalam pencernaan. Sehingga Nutriflakes menjadi rekomendasi sekali bagi penderita asam lambung atau gangguan pencernaan lainnya.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

Baca juga: Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Tahu?

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles