Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Susu Kambing untuk Infeksi Lambung, 5 Tips Minum yang Baik

Susu adalah minuman yang kaya akan kalori dan lemak sehingga membuat tubuh terasa lebih segar. Susu kambing untuk infeksi lambung ternyata memiliki efek yang cukup mengejutkan loh. Pasalnya, kandungannya juga baik untuk mengatasi masalah pencernaan. 

Kandungan yang dimilikinya seperti kalsium, antioksidan, probiotik, asam lemak baik, dan lainnya sehingga bisa membuat pencernaan menjadi nyaman. Namun bagaimana efeknya pada penderita infeksi lambung? Apakah masih boleh dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi tubuh? 

 

Tips Konsumsi Susu Kambing Untuk Infeksi Lambung


Segelas susu (sumber: canva)

Susu kambing ini belum terbukti secara medis bisa menyembuhkan infeksi lambung. Akan tetapi, jika ingin mengkonsumsinya masih bisa karena tidak memiliki rasa asam yang membuat iritasi lambung. Berikut adalah tips untuk bisa mengkonsumsi susu kambing bagi penderita infeksi lambung, yaitu:

a. Susu Kambing yang Masih Baru

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah apakah susu kambing yang ingin diminum masih dalam kondisi baru? Bagi penderita infeksi lambung ada baiknya untuk mendapatkan susu yang masih fresh. Dan jangan langsung meminumnya karena bakterinya bisa masuk ke dalam tubuh. 

Seperti yang biasa dilakukan pada saat mengkonsumsi susu sapi perah, Anda bisa merebusnya sebentar sampai mendidih. Dan jangan dibiarkan terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang. Hal ini dimaksudkan untuk membunuh bakteri atau kuman yang ada dalam susu tersebut. 

Dan setelah direbus sebentar maka bisa langsung meminumnya pada saat kondisi masih hangat. Susu yang dikonsumsi saat masih hangat bisa membuat perut terasa lebih nyaman. Berbeda saat mengkonsumsi susu yang sudah dingin akan membuat perut terasa nyeri. 

b. Alat Minum Steril

Gunakan alat minum yang steril, contohnya saja dengan menggunakan gelas kaca. Gelas kaca jika diberikan air hangat tidak akan terkikis bagian kacanya yang berbeda dengan bahan plastik yang dapat terkikis dengan air hangta. 

Hal tersebut dikarenakan susu kambing sangat baik jika dikonsumsi pada saat panas dan baru saja direbus. Dengan begitu kandungannya akan tetap terjaga dengan baik. 

c. Tidak Berlebihan

Untuk menjaga kesehatan lambung maka bisa mengkonsumsi susu kambing dengan tidak berlebihan. Sehari bisa mengkonsumsi satu gelas saja sekitar 250 ml agar lambung tidak menerima banyak susu kambing untuk diproses. 

Dengan begitu maka akan membuat proses pencernaan juga semakin lancar. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan tetap terpenuhi dan tidak berlebihan. 

d. Diminum Saat Perut Tidak Kosong


Minum susu (sumber: canva)

Agar asam lambung tidak naik maka susu kambing untuk infeksi lambung ini dapat dikonsumsi pada saat perut sudah dipenuhi makanan. Bisa juga untuk minum susu kambing ini pada saat siang atau sore hari sehingga perut terasa nyaman. 

Pastinya lambung sudah dilapisi dengan makanan sebelumnya dan menjaga infeksi tidak semakin meradang. Nyeri pada lambung bisa dihindari dan terasa lebih nyaman lagi saat mengkonsumsinya dalam keadaan perut sudah terisi. 

e. Menghindari Susu Kambing Basi

Jangan pernah sekali-kali minum susu kambing basi atau yang sudah lama berada di dalam suhu ruang. Karena berakibat memperburuk infeksi lambung Anda. Selain itu, susu kambing yang sudah tidak steril pastinya terdapat kuman dan bakteri di dalamnya. 

Dengan begitu, mengkonsumsi susu kambing yang steril dan baru sangat perlu sehingga khasiatnya akan lebih terjaga. Nutrisi di dalamnya juga akan tetap dirasakan dengan baik dalam tubuh. 

Saat sudah mengetahui cara meminum susu kambing untuk infeksi lambung ini maka bisa mendapatkan kandungan yang ada di dalamnya secara maksimal. Menyenangkan bukan jika perut terasa nyaman karena asupan yang masuk ke dalam perut terpenuhi.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles