Penyebab asam lambung naik bisa dikarenakan beberapa hal, salah satunya bisa berhubungan dengan keadaan mental. Stress penyebab asam lambung naik menjadi salah satu keadaan yang perlu diperhatikan.

Gangguan asam lambung naik adalah suatu kondisi di mana asam dalam organ lambung naik melewati katup esofagus. Akibatnya, penderita akan merasakan rasa panas di area perut bagian atas hingga dada.

Bahkan, beberapa penderita asam lambung naik bisa merasakan aliran cairan asam yang naik ke saluran kerongkongan. Cairan asam ini pastinya membahayakan untuk organ-organ lainnya yang terpapar oleh asam lambung tersebut.

Pada beberapa kasus, paparan cairan asam ini bisa mengakibatkan komplikasi penyakit yang beragam. Salah satunya adalah kanker esofagus, barret esofagus, infeksi kerongkongan, infeksi organ paru-paru, dan lain-lain.


Orang yang mengalami stress (sumber: Canva)

Oleh karena itu, kita harus selalu menghindari penyebab-penyebab yang menimbulkan asam lambung naik kambuh. Stress bisa menjadi salah satu dari beberapa penyebab asam lambung naik.

Sedangkan penyebab asam lambung naik yang lainnya, yaitu:

  1. Mengonsumsi makanan yang menjadi pantangan asam lambung, seperti makanan pedas, makanan berminyak, minuman kafein, dll.
  2. Makan berlebih yang dilakukan dengan cepat.
  3. Sering merokok, dsb.

Artinya, penyebab asam lambung naik ini bermacam-macam. Namun, penyebab asam lambung karena stress bisa menjadi perhatian khusus.

 

Stress, Salah Satu Penyebab Asam Lambung Naik

Asam lambung naik dengan stress ini sebenarnya memiliki kaitan yang sangat erat. Stress berat dan cemas dapat menjadi salah satu penyebab dari asam lambung naik kambuh.

Begitu pula sebaliknya, asam lambung naik juga dapat menjadi sumber masalah ketika orang-orang mengalami stress. GERD anxiety, sebuah sebutan baru yang muncul beberapa bulan lalu, adalah denotasi untuk menyebut keadaan tersebut.

Refluks asam lambung adalah gangguan yang terjadi karena melemahnya otot katup sfingter esofagus sehingga tidak dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu, asam pada lambung dapat naik menuju ke saluran kerongkongan.

Artinya, stress dengan refluks asam lambung memiliki hubungan yang dua arah. Keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain.


Ilustrasi stress (sumber: canva)

Pada tahun 2018 sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang sering mengalami stress akan lebih mungkin untuk mengalami gejala asam lambung naik. Hal ini dikarena beberapa alasan, di antaranya:

  1. Perasaan stress bisa mengurangi kinerja dari katup esofagus, otot cincin yang membatasi antara lambung dengan kerongkongan. Akibatnya asam lambung bisa dengan mudah naik ke saluran kerongkongan.
  2. Respon badan terhadap stress dan rasa cemas adalah otot-otot pada tubuh menjadi lebih tegang. Ketegangan otot yang lama ini jika menyerang bagian perut maka akan meningkatkan tekanan pada organ lambung. Sehingga mendorong asam lambung naik.
  3. Tingkat stress yang tinggi bisa menambah produksi asam lambung. Sehingga suasana lambung menjadi lebih asam dan berbahaya bagi penderita asam lambung.

Sebuah penelitian lainnya juga mengatakan bahwa orang dengan penyakit asam lambung naik akan memiliki tingkat stress yang lebih tinggi daripada orang yang tidak memiliki penyakit lambung.

Begitu pula sebaliknya, orang yang sering dalam keadaan stress akan lebih banyak mengalami gangguan asam lambung naik.

 

Cara Mengatasi Stress

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi stress yang menjadi penyebab asam lambung. Berikut uraiannya:

  1. Mempelajari dan melakukan teknik meredakan stress dengan meditasi, tai chi, dan yoga.
  2. Melakukan hobi (hal yang disukai).
  3. Mengonsumsi makanan sehat.
  4. Olah raga dengan teratur.

Dalam mengonsumsi makanan sehat dapat dibarengi dengan meminum minuman sehat Nutriflakes. Sebuah sereal umbi garut yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik.

Artinya, dengan mengonsumsi Nutriflakes secara tidak langsung penyebab asam lambung karena stress dapat teratasi dengan baik.

Nutriflakes, stress hilang asam lambung mereda!

Baca juga: Hindari Gangguan Asam Lambung Naik dengan Manajemen Stres Ini

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles