Senyawa karbohidrat atau hidrat arang adalah senyawa atau nutrisi yang sangat penting untuk tonggak kehidupan setiap makhluk hidup, khsusunya manusia. Oleh karena itu, manusia sangat membutuhkan makanan yang mengandung karbohidrat.

Manusia tidak akan bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik ketika kekurangan karbohidrat ini. Karbohidrat adalah zat gizi atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar dapat menjalankan fungsi-fungsinya, mulai dari pencernaan, pernapasan, dan lain-lain.

Rata-rata konsumsi karbohidrat dalam makanan yang dibutuhkan tubuh adalah sekitar 65%. Sedangkan sisanya akan digunakan untuk metabolisme molekul lainnya, seperti protein, asam nukleat, dan lemak.

Glukosa dapat diabsorpsi langsung dalam aliran darah yang kemudian akan diubah menjadi glukosa dalam liver. Sehingga glukosa masuk dalam jenis karbohidrat yang penting.

Pada tumbuhan, glukosa disintesis dari karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) melalui fotosintesis dan disimpan dalam bentuk pati. Sedangkan binatang mengubah karbohidrat dari lipid gliserol dan asam amino, tetapi karbohidrat ini binatang ambil dari tumbuhan.

Sebagai sumber utama energi pada makhluk hidup, glukosa dapat disintesis menjadi glikogen sebagai cadangan makanan, ribosa dan deoksiribosa pada asam nukleat, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apakah Roti Mengandung Karbohidrat?

Apa itu Senyawa Karbohidrat?


Senyawa karbohidrat (sumber: canva)

Senyawa karbohidrat ini ini tersusun dari tiga unsur senyawa kimia, yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat atau hidrat arang adalah polihidroksi aldehida dan polihidroksi keton atau zat-zat yang jika dihidrolisis akan menghasilkan derivat dari senyawa tersebut.

Umumnya, karbohidrat berupa zat padat berwarna putih yang sukar larut dalam pelarut organik tetapi larut dalam air (kecuali beberapa sakarida).

Sebagian besar karbohidrat dengan berat molekul rendah akan memiliki rasa yang manis. Oleh karena itu, terdapat istilah bahwa gula adalah zat-zat yang tergolong karbohidrat.

Karbohidrat memiliki tiga golongan yang utama, yaitu: monosakarida, oligosakarida, dan polisakharida. Kata sakarida sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti gula. Artinya, berbagai makanan atau minuman yang mengandung gula bisa diolah oleh tubuh menjadi karbohidrat.

Golongan pertama karbohidrat adalah monosakarida atau bisa juga berarti gula yang sederhana. Biasanya terdiri dari satu unit polisakharida aldehida atau keton. Monosakarida yang paling banyak dijumpai di alam adalah D-glukosa.

Golongan yang kedua adalah oligosakarida, yang terdiri dari rantai pendek unit monosakarida dan digabungkan oleh ikatan kovalen.  Contohnya adalah sukrosa (gula tebu), yang terdiri dari gula G-glukosa dan D-fruktosa dan terikat oleh ikatan kovalen.

Sedangkan golongan karbohidrat terakhir adalah polisakharida. Di mana terdiri dari rantai panjang yang mempunyai ratusan atau ribuan unit monosakarida. Polisakharida yang paling banyak dikenal di masyarakat luas adalah pati dan selulosa, yang banyak ditemukan dalam tumbuhan.

Beberapa polisakharida seperti selulosa, mempunyai rantai linear, sedangkan pati dan glikogen memiliki rantai yang bercabang.

Baca juga: Apa itu Karbohidrat Sederhana?

Kesimpulan tentang Senyawa Karbohidrat


Sumber karbohidrat (sumber: canva)

Senyawa karbohidrat yang selalu kita butuhkan tiap hari ini ternyata memiliki artian yang sangat luas. Selain itu, karbohidrat memiliki berbagai golongan yang bisa dibedakan melalui panjang pendek rantai senyawa kimianya.

Setiap makhluk hidup, baik manusia, hewan, ataupun tumbuhan, pasti membutuhkan nutrisi yang bernama karbohidrat. Namun, masing-masing memiliki mekanisme dalam memproses karbohidrat yang berbeda-beda.

Karbohidrat ini juga dapat ditemukan dalam berbagai makanan. Salah satunya adalah Nutrflakes, sebuah sereal umbi garut yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Umbi garut sebagai bahan utama dalam Nutriflakes ini mengandung pati yang banyak. Di mana pati merupakan salah satu sumber karbohidrat yang masuk dalam golongan polisakharida. Artinya, dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat tiap harinya kita bisa mengonsumsi Nutriflakes.

Demikian ulasan mengenai senyawa karbohidrat, semoga dapat bermanfaat dan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan tentram.

Baca juga: 4 Makanan yang Tidak Mengandung Kabohidrat

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles