Beberapa bahan pangan memang memiliki kandungan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Namun, banyak sayuran yang aman untuk asam lambung karena kandungan nutrisi dan gizinya.

Asam lambung naik adalah penyakit saat cairan asam pada organ lambung naik ke saluran kerongkongan. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, yang paling utama adalah jenis-jenis makanan yang masuk ke dalam organ lambung

Makanan menjadi peran penting dalam menjadi penyebab atau mengatasi penyakit asam lambung naik ini. Sebab, beberapa senyawa yang terdapat pada makanan bisa mempengaruhi produksi asam pada lambung.

Sayuran hijau yang sehat (sumber: canva)

Oleh karena itu, pemilihan makanan pada penderita asam lambung naik menjadi penting untuk diketahui. Namun, pada bagian ini akan membahas lebih mengenai bahan pangan berupa sayuran.

Sayuran yang Aman untuk Dikonsumsi Asam Lambung

Secara alami, sayuran memiliki kandungan lemak serta gula yang rendah sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung naik. Namun, terdapat beberapa sayuran yang memiliki nilai plus untuk dikonsumsi penderita asam lambung.

Berikut ini adalah macam-macam sayuran yang direkomendasikan kepada penderita asam lambung naik:

1. Brokoli

brokoli_tinggi_serat

Sayuran hijau berbentuk seperti bunga ini memiliki fungsi untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit. Sebab, brokoli memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Nutrisi tersebut antara lain: air, karbohidrat, protein, serat, zat besi, kalsium, vitamin (A, C, E, tiamin, dan riboflavin), Betakaroten, dan glutation. Senyawa tiamin dan riboflavin ini sangat baik untuk asam lambung yang sedang kambuh.

2. Selada

Sayuran berwarna hijau muda ini biasanya banyak digunakan untuk bahan salad atau tambahan dalam sandwich atau burger. Menurut beberapa penelitian, selada menjadi sumber vitamin A dan C, mengandung niasin, tiamin, riboflavin, dan zat besi.

Lagi-lagi kandungan tiamin dan riboflavin dalam sayuran selada membuat tumbuhan ini aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung naik.

4. Kangkung

Berdasarkan Journal of Pharmacy Research, dengan mengonsumsi kangkung sistem pencernaan bisa menjadi lebih sehat. Sayuran kangkung memiliki nutrisi yang berguna untuk memperkuat organ-organ pencernaan. Sehingga gangguan pencernaan dapat terhindari.

Selain itu, kangkung juga tidak menyebabkan produksi gas yang berlebihan. Artinya, kangkung menjadi salah satu sayuran yang aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung naik.

5. Asparagus

asparagus_kaya_zat_besi

Dilansir dari Live Strong, secara umum sayuran hijau, termasuk asparagus, dapat menjadi pilihan yang baik untuk penderita asam lambung. Asparagus kaya serat, membantu mencegah mulas yang mungkin timbul setelah makan.

6. Kol atau Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran bersifat basa yang dapat menetralisir asam lambung yang kuat. Pengolahan dengan cara ditumis dapat menjadi pilihan yang lezat dan bermanfaat.

7. Bayam Merah

Sayuran bayam merah dapat mengatasi produksi asam pada organ lambung yang berlebih. Kelebihan asam pada lambung dapat membuat cairan tersebut naik ke arah saluran kerongkongan.

Selain itu, juga menjadikan suasana pada lambung menjadi lebih asam sehingga dapat berbahaya untuk organ lambung sendiri. pada Kartika Jurnal Ilmiah Farmasi, bayam merah ini terbukti dapat menghambat sekresi asam lambung dan bersifat sitoprotektif. Selain itu, bayam merah juga mampu untuk menaikkan pH pada organ lambung sehingga tidak terlalu asam.

8. Buncis

Menurut informasi yang diperoleh dari sumber terkini, buncis termasuk dalam kategori sayuran dengan kadar asam yang rendah, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Selain itu, buncis juga merupakan sumber magnesium yang baik, membantu menenangkan efek asam lambung. Ada berbagai cara untuk mengolahnya, seperti tumis atau direbus.

9. Kelor, Sayuran Aman untuk Asam Lambung

konsumsi_daun_kelor_setiap_hari

Daun kelor memang tidak memiliki senyawa yang dapat menurunkan gangguan asam lambung naik. Namun, kelor memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

Selain itu, kelor juga menghasilkan gas ketika dikonsumsi sehingga organ pencernaan tetap akan merasa nyaman. Nutrisi yang ada pada kelor ini bisa memenuhi kebutuhan gizi seseorang setiap harinya.

Kelor merupakan salah satu sayuran yang menjadi salah satu bahan utama dalam minuman serbuk Nutriflakes. Sebuah produk yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik dan menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga:

6 Langkah Pertolongan Pertama Asam Lambung Naik

Kesimpulan Sayuran yang Aman untuk Asam Lambung

Melalui penjelasan di atas, sayuran yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah sayuran yang tidak menghasilkan gas. Sebab, gas yang dihasilkan dari makanan ini dapat membuat perut menjadi kembung.

Selain itu, penderita asam lambung sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran yang mengandung tiamin, riboflavin, dan flavonoid. Ketiga senyawa ini sangat baik untuk membantu menurunkan kandungan asam pada organ lambung.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles