Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Sayur Kelor untuk Asam Lambung, Apa Saja Manfaatnya?

Daun kelor termasuk salah satu jenis bahan herbal yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan manusia, tak terkecuali untuk kesehatan lambung. Masyarakat Indonesia sering mengkonsumsi sayur kelor untuk asam lambung, karena kandungan yang ada di daun ini sangatlah baik untuk lambung.

Daun kelor mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, zat besi, protein, magnesium, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan asam folat. Beragam nutrisi ini nantinya dapat meredakan gejala asam lambung yang sedang dialami oleh seseorang tertentu.

 

4 Manfaat Mengkonsumsi Sayur Kelor untuk Asam Lambung secara Rutin

olahan daun kelor untuk ibu menyusui
Sayur kelor (sumber: canva)

Di Indonesia sendiri, daun kelor bisa ditanam langsung di pekarangan rumah, sehingga jenis daun ini tidak akan sulit untuk ditemukan. Jadi, Anda bisa membuat sayur kelor secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan gejala asam lambung yang sedang dialami.

Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah 4 manfaat mengkonsumsi sayur kelor untuk kesehatan lambung:

 

a. Memperlancar Sistem Pencernaan

Dengan adanya kandungan vitamin C, protein, karbohidrat, dan beberapa jenis zat lainnya yang bersifat antioksidan serta antiradang, daun kelor dapat meredakan gejala asam lambung secara ampuh. Maka dari itu, ada banyak orang yang berpendapat bahwa daun kelor memiliki efek pencahar alami.

Tidak hanya baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang mengalami gejala asam lambung naik saja, tapi sayur daun kelor ini juga baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sering mengalami gejala sembelit.

Jadi, dapat dipastikan bahwa daun kelor mampu melancarkan sistem pencernaan secara lebih baik lagi dan membantu mengatasi konstipasi.

 

b. Membantu Mencegah Tukak Lambung

Tukak lambung dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut dan ulu hati, sehingga ada banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara untuk mencegah kondisi ini agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. Kandungan zat antibakteri yang ada di daun kelor dapat mencegah terjadinya tukak lambung.

Nantinya, Anda bisa mengkonsumsi sayur kelor secara rutin di pagi hari dan sore hari. Dengan begitu, tubuh Anda bisa menyerap semua jenis kandungan yang ada di jenis tanaman ini.

 

c. Melindungi Lambung dari Infeksi Bakteri yang Berbahaya


Daun kelor (sumber: canva)

Pada dasarnya, berbagai macam jenis kandungan yang ada di tanaman ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh masing-masing orang yang rajin mengkonsumsinya. Ketika daya tahan tubuh seseorang dapat selalu meningkat seperti ini, maka bakteri akan lebih sulit untuk masuk ke tubuhnya.

Beberapa jenis bakteri yang harus segera diatasi untuk menghindari terjadinya infeksi lambung yang berbahaya adalah salmonella, H. Pylori, E. Coli. Kandungan zat antibakteri yang ada pada daun kelor dapat melindungi lambung dari bahaya infeksi bakteri tersebut.

 

d. Meredakan Gejala Asam Lambung

Manfaat sayur kelor untuk asam lambung yang terakhir adalah untuk meredakan gejala asam lambung yang sedang naik. Beberapa gejala yang akan muncul ketika asam lambung seseorang sedang naik adalah mual, rasa tidak nyaman pada kerongkongan, nyeri perut, dan lain sebagainya.

Dengan mengkonsumsi sayur kelor secara rutin seperti ini, Anda bisa mengobati gejala asam lambung tersebut. Dengan begitu, rasa tidak nyaman yang sedang dialami tersebut bisa segera hilang dan lambung juga bisa lebih sehat.

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk membuat sayur kelor di rumah. Sayur kelor ini bisa dimasak dengan menggunakan bahan-bahan yang lezat. Jadi, orang-orang tidak akan merasa malas untuk memakan sayuran yang cukup pahit ini.

Rasakan sendiri beragam manfaat mengkonsumsi sayur kelor untuk asam lambung yang ada di atas, maka gejala asam lambung yang sedang Anda alami bisa segera sembuh.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles