Suplemen-suplemen makanan yang sering digunakan dalam program diet ternyata banyak yang dibuat dengan menggunakan bahan psyllium husk. Bahan ini digunakan karena efeknya yang sangat minim.

Psyllium husk adalah serat larut yang sering dimanfaatkan untuk pembuatan suplementasi karena efek samping yang ditimbulkan tidak lah besar. Tanaman ini juga sering disebut dengan obat pencahar karena tingkat seratnya yang tinggi.

Mengonsumsi psyllium tentu saja memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, khususnya bagi organ-organ pencernaan.

Serat larut pada psyllium sangat cocok bagi orang-orang yang sedang dalam program diet. Kandungan serat yang tinggi dalam psyllium menjadikan sistem pencernaan dapat berjalan dengan lancar.

Gangguan pencernaan atau penimbunan makanan pada organ pencernaan pun dapat terhindar.

Sebenarnya apa itu psyllium husk?

Mengenal Psyllium Lebih Jauh


Serbuk serat larut (sumber: canva)

Psyllium berasal dari bahasa Latin planta yang berarti “telapak kaki”. Sedangkan kata ovata berhubungan dengan bentuk daun. Tanaman ini memiliki nama-nama khas, di antaranya: psyllium, ispaghula, aspaghol, spogel, ghoda, jiru, obeko, bazarqutuna, dan grappicol.

Walaupun terdapat banyak spesies, tetapi jenis Planta Ovata ini sangatlah istimewa. Sebab, jenis ini menghasilkan banyak serat food-grade dengan bahan pengikat, demulsen, pencahar, hipolipidemik, dan pengatur glukosa yang tepat.

Psyllium husk adalah tanaman obat esensial yang banyak dibudidayakan di negara India, Pakistan, dan Iran. India sendiri memiliki pasar monopali atas ekspor sekam dan benih di pasar dunia.

Plantago ovata merupakan bahan ramuan yang memberikan manfaat pada kebugaran. Selain itu, psyllium juga banyak digunakan dalam pengembangan produk makanan.

Kulit biji psyllium kaya akan arabinoxylans, sebuah senyawa yang berfungsi untuk mengobati masalah pencernaan tertentu.

Biji ini lah yang dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam makanan untuk meningkatkan kandungan serat, tekstur, dan sifat reologi serta sensoriknya. Salah satu contoh pemanfaat ini adalah sereal sehat Nutriflakes.

Berdasarkan jurnal Acta Scientific Microbiology, psyllium telah digunakan sejak seribu tahun lalu oleh dokter-dokter Muslim dan Hindu untuk menyembuhkan penyakit saluran usus.

Pada awal sejarah Inggris, tanaman ini selalu menonjol karena sifatnya yang biorestorasi dan dikenal sebagai ramuan induk.

Manfaat Psyllium Husk


Tumbuhan Psyllium Husk (sumber: canva)

Melalui penjelasan di atas, tanaman psyllium telah banyak digunakan untuk menangani masalah pencernaan sejak lama. Artinya, keunggulan dan kegunaan dari tanaman ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pada umumnya, psyllium digunakan sebagai serat makanan untuk meredakan gejala sembelit dan diare ringan, dan kadang-kadang sebagai pengental makanan.

Oleh karena itu, sering dipakai sebagai bahan dasar dalam pembuatan sereal sarapan yang juga dapat memberikan kontribusi untuk gaya hidup sehat.

Manfaat dari mengonsumsi psyllium husk ini sebenarnya saling berhubungan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi tanaman ini:

  • Kontrol Berat Badan

Psyllium mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tiap harinya, bahan ini juga tidak mengandung lemak berlebih. Artinya, dapat digunakan dalam program diet rendah lemak.

  • Kontrol Kolesterol pada Tubuh

Jika permasalahan berat badan yang berlebihan dapat teratasi, maka masalah kolesterol juga dapat dihindari. Masalah kolesterol muncul karena menumpuknya lemak dalam tubuh.

Menurut Heathline, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kadar kolesterol dapat terkontrol dengan mengonsumsi psyllium.

  • Kesehatan Jantung

Kadar kolesterol dalam tubuh yang terkontrol dapat menjaga kesehatan jantung dan menghindari berbagai risiko penyakit jantung.

  • Melancarkan Pencernaan

Bayaknya bakteri yang baik dalam sistem pencernaan juga menjadikan jalannya proses pencernaan menjadi berjalan lancar. Psyllium juga berguna untuk menyerap air sehingga feses yang dihasilkan bersifat lembab.

Kebaikan-kebaikan psyllium husk ini masuk dalam produk sereal umbi garut Nutriflakes. Sebuah minuman sehat yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik.

Nutriflakes menggunakan 5 bahan alami, yaitu umbi garut, kelor, psyllium, susu etawa, dan gula aren. Sehingga tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung.

Baca juga: Cara Konsumsi Psyllium Husk

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles