Home » Artikel Nutriflakes » Protein dalam Telur, Tinggi Nutrisi & Kaya Manfaat

Siapa yang tidak mengenal telur, bahan pangan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Jangan salah sangka, walaupun bahan ini terbilang pasaran, kita bisa menemukan protein dalam telur.

Mengapa protein menjadi penting dan harus digarisbawahi?

Protein merupakan nutrisi yang memiliki peran penting dalam tubuh kita. Tanpa adanya protein, fungsi-fungsi di dalam tubuh tidak akan bisa berjalan dengan baik, mulai dari sistem pencernaan hingga sistem saraf dan peredaran darah.

Oleh karenanya, selalu ada anjuran bahwa setiap orang harus memenuhi kebutuhan protein tiap hari. Sebab, orang yang kekurangan protein bisa mengalami berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh kita akan selalu meningkat dengan mengonsumsi protein. Imunitas ini menjadi sangat penting di era sekarang karena pandemi COVID-19 yang belum juga mereda.

Tanpa adanya sistem imun ini, virus dan bakteri akan lebih mudah dalam menyerang pertahanan tubuh kita. Tentu saja, kita tidak menginginkan hal tersebut. Oleh karenanya kita harus memenuhi kebutuhan protein.

Bagaimana caranya?

Protein dalam Telur

Telur adalah bahan pangan yang sangat mudah ditemukan, baik di pasar tradisional, toko kelontong, toko sayur, dan lain sebagainya. Selain itu, bahan pangan ini sangat mudah untuk mengolahnya, dari olahan yang sederhana hingga olahan yang rumit.


Telur rebus (sumber: canva)

Telur juga bisa menjadi masakan sendiri atau menjadi bahan tambahan pada masakan lainnya. Hal inilah yang menjadikan telur sangat populer dan sebagian besar masyarakat Indonesia menyukainya.

Namun, kandungan nutrisi dalam telur ternyata tidak kalah dengan bahan-bahan pangan lainnya. Hampir seluruh zat gizi yang bersifat makro dan mikro terdapat dalam bahan pangan telur ini.

Contohnya adalah, putih telur menjadi sumber protein, vitamin B12, vitamin B6, vitamin B2, dan selenium. Sedangkan bagian kuning telur mengandung banyak mineral, kalori, lemak, dan kolesterol.

Setiap 100 gram telur atau setara dengan 2 butir telur akan menyumbang protein sebesar 12,4 gram. Beberapa nutrisi lainnya juga bisa ditemukan dalam telur, seperti lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, za besi, kalium, natrium, vitamin A, riboflavin, dan tiamin.

Selain itu, telur juga mengandung senyawa antioksidan, vitamin B6, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Manfaat Telur untuk Kesehatan

Melalui kandungan di atas, pastinya telur akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat untuk kesehatan ketika mengonsumsi telur:

  • Membangun jaringan tubuh

Tubuh memerlukan protein untuk proses pembentukan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Apalagi jika kita mengalami luka, maka protein ini akan berfungsi untuk menutup luka tersebut.

  • Menjaga kesehatan otak

Kolin dalam telur membantu perkembangan otak selama masa kehamilan. Senyawa ini mempercepat pelepasan protein yang diperlukan untuk pembentukan memori serta fungsi otak lainnya.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Telur ternyata dapat meningkatkan jumlah kelosterol baik dalam tubuh. Sehingga risiko penyakit jantung pun juga akan semakin berkurang.

  • Menjaga kesehatan mata

Antioksidan dalam telur seperti lutein dan zeaxanthin sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Kedua zat tersebut membantu kita untuk melindungi retina dari kerusakan akibat sinar matahari.

  • Menguatkan kekebalan tubuh

Protein dalam telur akan membantu tubuh dalam meningkatkan sistem imun di dalamnya. Selain itu, dalam meberikan manfaat ini, telur dibantu dengan antioksidan, vitamin A & B12, serta senyawa selenium.


Telur mentah (sumber: canva)

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas dapat dilihat bahwa walaupun telur adalah bahan pangan yang pasaran, tetapi bisa memberikan manfaat yang banyak. Selain itu, kebutuhan tubuh akan protein sehari-hari pun bisa terpenuhi.

Baca Juga: Ikan yang Memiliki Kandungan Protein Tinggi

Oleh karena itu, kita tidak bisa meremehkan bahan pangan telur ini. Selain mudah ditemukan, telur adalah makanan yang sangat sehat untuk kita semua.

Demikian ulasan mengenai protein dalam telur beserta manfaatnya, semoga dapat bermanfaat.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles