Pada ulasan sebelumnya dijelaskan bahwa kandungan protein hewani lebih tinggi daripada protein nabati. Salah satu contoh dari jenis protein hewani adalah protein dada ayam, kesukaan orang-orang yang sedang menjalani diet.

Protein adalah zat gizi yang kebutuhannya harus dipenuhi setiap hari. Sebab, jika tidak terpenuhi, orang yang kekurangan protein akan terkena beberapa penyakit merugikan kesehatan.

Beberapa penyakit yang disebabkan kekurangan protein ini adalah hipoproteinemia, kwashiorkor, dan marasmus. Sebagian besar gangguan tersebut adalah penyakit kekurangan gizi, yang biasanya kita kenal sebagai busung lapar.

Hal ini memperlihatkan bahwa protein sangat berperan penting dalam proses biologis di dalam tubuh kita. Apa saja sih fungsi dari protein hingga disebut dengan nutrisi yang penting?

Berikut ini adalah beberapa manfaat atau fungsi dari protein di dalam tubuh:

  • Meningkatkan laju reaksi dalam tubuh (enzim adalah protein).
  • Menyebabarkan nutrisi atau zat-zat penting ke seluruh tubuh.
  • Koordinasi gerak.
  • Membangun dan memelihara jaringan manusia.
  • Meningkatkan imun tubuh.
  • Membangkitkan dan menghantarkan impuls saraf.

Artinya, pemenuhan kebutuhan akan protein ini sangat penting dalam tubuh karena protein berguna untuk menjalankan fungsi-fungsi yang ada. Cara memenuhi kebutuhan ini pastinya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan protein.


Olahan dada ayam (sumber: canva)

Protein dalam Dada Ayam

Banyak orang yang mengonsumsi dada ayam untuk membantu memenuhi kebutuhan protein mereka. Bahkan, bagi orang-orang yang sedang menjalankan diet, menu dengan bahan dada ayam ini pasti masuk ke dalamnya.

Apakah dada ayam mengandung protein tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh?

Daging ayam menjadi bahan pangan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, harganya lumayan terjangkau dan sangat mudah untuk menemukannya, baik di pasar tradisional, toko sayur, super market, dan lain sebagainya.

Sebenarnya alasan utama dada ayam ini sangat populer di masyarakat adalah bukan karena kandungan nutrisinya. Namun, pada bagian dada ini hanya berisikan daging dan jumlahnya pun lebih besar daripada bagian lainnya.

Setiap 100 gram daging dada ayam tanpa kulit bisa memiliki kandungan protein sebesar 25 gram. Hal ini memperlihatkan kandungan protein yang tinggi karena mencapai angka lebih dari 20 gram.

Di lain pihak, dada ayam tidak memiliki kandungan karbohidrat dan gula sama sekali. Inilah alasan mengapa orang-orang yang sedang menjalankan diet seringkali menggunakan dada ayam dalam menunya.

Selain protein, dada ayam juga mengandung beberapa zat gizi lainnya, seperti: lemak, natrium, zat besi, zinc, kalsium, selenium, dan kalium.

Manfaat Dada Ayam

Kandungan nutrisi yang ada pada dada ayam pun membuat bahan pangan ini memberikan beberapa manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi dada ayam:

  1. Membangun massa otot

Protein membangun massa otot dengan suatu cara. Nutrisi protein yang masuk ke dalam perut akan diolah menjadi asam amino. Senyawa ini pun membantu dalam membangun jaringan tubuh, salah satunya adalah jaringan otot.

  1. Mengontrol berat badan

Mengonsumsi dada ayam bisa memberikan rasa kenyang yang lama karena tingginya protein di dalamnya. Oleh karena itu, kita bisa mengurangi konsumsi karbohidrat sehingga berat badan tidak akan naik dengan signifikan.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kurangnya protein bisa membuat tulang menjadi mudah rapuh dan menimbulkan penyakit tulang. Jika protein terpenuhi, kita akan terhindar dari permasalahan tersebut.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Dada ayam mengandung kalori dan protein yang tinggi. Kedua nutrisi ini kemudian oleh tubuh akan diolah menjadi energi, sehingga tubuh memiliki tenaga untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sedangkan protein juga berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh, sehingga kita tidak akan mudah terkena penyakit.


Dada ayam mentah (sumber: canva)

Baca Juga: 3 Resep Minuman Tinggi Protein yang Patut Dicoba

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, protein dada ayam ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari membangun massa otot, mengontrol berat badang, menjaga kesehatan tulang, dan menjaga kesehatan tubuh.

Sebab, dada ayam memiliki kandungan protein yang sangat besar. Selain itu, nutrisi yang baik untuk tubuh juga banyak ditemukan di dalamnya.

Artinya, dada ayam menjadi bahan pangan yang sangat rekomendasi untuk masuk dalam menu makanan sehat kita. Demikian uraian mengenai protein dada ayam serta manfaatnya, semoga bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Bahan Pangan yang Termasuk Kelompok Protein Hewani

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles