Pohon umbi garut adalah salah satu jenis tanaman umbi yang ternyata tidak berasal dari Indonesia. Tanaman ini justru berasal dari negara tetangga, yaitu Filipina. Jadi walaupun namanya menggunakan salah satu nama kabupaten di Indonesia, garut bukanlah asli Indonesia.

Umbi garut memiliki banyak manfaat sehingga nilai ekonominya pun menjadi tinggi. Selain itu, tanaman ini juga berpotensi untuk menjadi salah satu alternatif bahan pangan di Indonesia.

Nama Lain Umbi Garut

Jenis umbi ini ternyata memiliki nama lokal yang beragam, sesuai dengan daerah masing-masing menyebutnya. Misalnya, di Jawa Barat umbi ini sering dipanggil patat sagu, jelarut, irut, dan arut. Sedangkan labia walanta untuk daerah Gorontalo, huda sula untuk daerah Ternate, dan peda sula untuk daerah Halmahera.

Berbeda negara, pastinya berbeda nama pula. Umbi garut juga memiliki nama lain seperti arrowroot di Amerika Serikat. Pohon umbi garut ini hanya dapat hidup di negara-negara yang memiliki iklim tropis.

Karakteristik Pohon Umbi Garut

umbi garut
Umbi Garut

Tanaman umbi ini memiliki akar yang berupa rizhoma dengan bentuk seperti silinder. Layaknya nama lainnya arrowroot, pohon garut ini memiliki akar rimpang dan berbentuk seperti busur panah.

Daun dari pohon ini adalah berbentuk oval memanjang dan pelepah daunnya melingkar pada batang pohon.

Batang dari pohon umbi bersifat semu karena terlihat menjadi satu dengan batang daun garut.  Bunga garut berjenis bunga majemuk dan memiliki bentuk seperti tandan. Bunga tersebut memiliki kelopak yang berwarna hijau dan mahkota bunganya berwarna putih.

Umbi garut sendiri memiliki bentuk yang memanjang dan kulitnya memiliki banyak buku-buku. Umbi tersebut memiliki warna putih tulang, sangat berbeda dengan jenis umbi-umbi lainnya.

Di mana pada umumnya tanaman umbi memiliki kulit umbi yang berwarna cokelat karena berada di bawah tanah.

Rhizoma dari pohon garut ini bermula dari batang yang merayap (stolon). Lalu batang tersebut menembus ke dalam tanah dan secara perlahan membengkak menjadi suatu organ yang berdaging.

Bentuk rizhoma ini memiliki suatu yang khas, melengkung seperti busur panah. Rhizoma ini pun mempunyai panjang kelurang lebih 20–40 cm dengan diameter 2–5 cm.

Tinggi dari pohon ini tidaklah terlalu tinggi untuk disebut pohon, hanya mencapai 1 sampai 1,5 meter, tergantung dengan tingkat kesuburan tanahnya.

Lingkup Hidup Garut

Tanaman garut merupakan jenis tanaman herba yang dapat hidup secara merumpun dan menahun. Jenis tanah untuk menanam umbi garut harus yang berjenis lembab dan tempat-tempat terlindung.

Umbi garut memiliki sifat yang khas, yaitu toleransi tinggi terhadap lingkungan yang ternaungi. Sehingga tanaman ini dapat ditanam di pekarangan dan kawasan hutan.

Garut juga dapat ditanam sebagai tanaman sela di berbagai perkebunan. Kini jenis umbi ini sedang dikembangkan secara luas di berbagai daerah di pula Jawa. Terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kandungan Umbi Garut

Pohon umbi garut ini memiliki banyak manfaat karena kandungan nutrisi dan gizinya yang tinggi. Kandungan utama yang terdapat pada umbi garut adalah senyawa karbohidrat, di mana hampir 25–30% dari keseluruhan umbi garut.

Zat pati dalam umbi garut pun dapat dijadikan pengganti dari tepung terigu.

Indeks glikemiks dari umbi garut ini sangat rendah sehingga tidak akan mempengaruhi kadar gula dalam darah. Bahkan lebih rendah daripada beras, terigu, kentang, dan jenis ubi lainnya.

Dilansir dari Buletin Plasma Nutfah, indeks glikemik adalah ukuran yang menyatakan kenaikan kadar gula darah seseorang setelah mengonsumsi makanan. Artinya, semakin tinggi indeks semakin tinggi pula kadar gula darah yang akan naik.

Tips:

Cara Minum Tepung Garut untuk Asam Lambung

Umbi garut ini sangat aman dan baik untuk dikonsumsi masyarakat luas, tetapi sosialisasi akan umbi garut ini tidaklah terdengar. Sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengenal umbi garut ini.

Gizi dan nutrisi yang sangat tinggi dalam pohon umbi garut ini dapat diperoleh pada sereal umbi garut, Nutriflakes. Makanan atau minuman sehat dengan bahan utama umbi garut yang memiliki banyak manfaat, khususnya mengatasi asam lambung naik dan gangguan pencernaan lainnya.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles