Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Apa saja Penyebab Stres yang Berlebihan?

Stres merupakan hal yang biasa terjadi pada seseorang, baik dari kalangan anak muda maupun orang tua. Penyebab stres sendiri bermacam-macam, bisa datang dari dalam diri sendiri maupun faktor luar.

Keadaan stres adalah suatu respon tubuh yang alami dalam menghadapi ancaman atau tekanan dari luar. Kendati demikian, dampak stres ini bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya satu sistem yang terpengaruh dari stres ini, tetapi hampir seluruh tubuh terkena dampaknya ini. Mulai dari sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem reproduksi, sampai sistem saraf.

Berikut beberapa dampak stres yang dapat berbahaya:

  • Memicu penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.
  • Menyebabkan gangguan asam lambung naik dan gangguan pencernaan lainnya.
  • Mengurangi kualitas sistem reproduksi.

Oleh karena itu, manajemen stres ini sangat penting bagi semua orang dan masuk dalam salah satu aspek budaya hidup sehat. Sehingga dalam rangka menerapkan kebiasaan hidup sehat ini kita harus bisa mengendalikan stres.

Langkah awal untuk mengendalikan stres ini, kita harus mengetahui apa saja yang menyebabkan stres. Sebab, dengan mengetahui akar permasalahan ini kita dapat mencegah atau mengatasi permasalahan yang ada.

Lalu apa saja hal-hal yang dapat memicu orang menjadi stres ini?


Orang stres (sumber: canva)

 

Macam-macam Penyebab Stres

Stres sebenarnya tidak semata-mata datang begitu saja, pasti ada beberapa faktor yang menyebabkan keadaan tersebut. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan stres:

  • Tekanan Pekerjaan atau Sekolah

Pekerja dan pelajar merupakan kelompok yang sering mengalami stres. Mengapa? Sebab, mereka memiliki banyak tanggungan tugas, ujian, dan evaluasi kerja yang menjadi pemicu stres.

Tantangan dalam pekerjaan atau sekolah mungkin bisa menjadi motivasi dalam menjalani aktivitas rutin. Namun, hal tersebut juga bisa menjadi bumerang pada orang-orang karena lupa beristirahat.

  • Perubahan Besar

Manusia selalu menghadapi perubahan-perubahan lingkungan, baik besar atau kecil. Contohnya saat pandemi COVID-19 ini meluas, gaya hidup masyarakat harus berubah drastis.

Oleh karena itu, saat wabah virus tersebut menyerang selama lebih dari satu tahun, kasus orang mengalami stres pun meningkat.


Keadaan saat covid-19 (sumber: canva)

  • Kebiasaan Tidur

Penyebab stres berikutnya ada pada pola tidur seseorang pada sehari-hari. Pola tidur yang buruk bisa menjadi faktor utama dari stres yang berlebihan. Berdasarkan penelitian, kurangnya waktu tidur bisa berpengaruh pada otak yang menimbulkan rasa cemas.

  • Makan Tidak Teratur

Selain berkaitan dengan kesehatan tubuh secara fisik, pola makan ternyata juga bisa memberi dampak pada kesehatan mental. Artinya, pola makan tidak hanya berhubungan dengan metabolisme tubuh.

Makan tidak teratur menjadi salah satu pemicu stres, rasa cemas, sakit kepala, dan kebingungan.

  • Banyak Minum Kafein

Konsumsi kopi dan teh yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh karena mempunyai kandungan kafein. Kopi memang minuman yang lezat, tetapi minuman dengan rasa unik ini dapat memicu stres.

  • Pemakaian Smartphone

Teknologi seperti smartphone mungkin memberikan banyak manfaat pada kehidupan kita, baik dalam kegiatan sehari-hari atau pekerjaan. Namun, di balik manfaa tersebut, smartphone juga bisa memberikan dampak negatif.

Berdasarkan penelitian, pemakaian smartphone sebagai pusat informasi dapat meningkatkan sistem saraf, dan peningkatan ini bisa memicu stres.


Orang memakai smartphone (sumber: canva

 

Menghindari Faktor Stres

Berdasarkan penjelasan di atas, penyebab stres ini bisa bermacam-macam. Sebenarnya masih banyak faktor lainnya yang mungkin dapat menjadi pemicu dari stres ini. Misalnya duduk yang terlalu lama, terlalu banyak menonton tv, dan lain sebagainya.

Namun, poin-poin di atas merupakan faktor yang banyak sekali ditemui di kalangan masyarakat. Artinya, kelima poin di atas dapat menjadi penyebab utama dari salah satu gangguan kesehatan mental ini.

Dengan mengetahui berbagai penyebab tersebut, diharapkan kita dapat mengatasi permasalahan kesehatan ini dari akar-akarnya. Contohnya adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan-makanan sehat seperti sereal Nutriflakes.

Nutriflakes bisa menjadi solusi dari makan teratur dengan makanan bergizi dan sehat. Sebab, sereal sehat ini menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak akan memberikan dampak negatif.

Formulasi bahan-bahan alami dari Nutriflakes ini terdiri dari umbi garut, kelor, susu kambing etawa, psyllium husk, dan gula aren. Oleh karena itu, sereal ini bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi sehari-hari.

Dengan memenuhi kebutuhan tubuh menggunakan makanan yang sehat ini, risiko terkena stres ini juga akan menurun. Sehingga konsumsi makanan sehat ini sangatlah penting dalam menjaga kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Demikian ulasan mengenai berbagai penyebab stres yang sebaiknya selalu kita awasi, semoga dapat bermanfaat.

Mulailah langkah hidup sehat bersama Nutriflakes!

 

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles