Tahukah bahwa GERD dan maag merupakan dua penyakit yang bisa dikatakan berbeda? Namun memang keduanya bisa menjangkit tubuh seseorang secara bersamaan dalam kondisi tertentu. Lalu bagaimana pengalaman sembuh dari maag kronis dan GERD secara sekaligus?

Keduanya tentu bisa dilepaskan dari tubuh. Ada banyak metode penyembuhan yang bisa dilakukan demi mengupayakan kesembuhan pasien GERD sekaligus maag kronis. Tapi sudah pahamkah Anda perbedaan GERD dan maag? 

 

Perbedaan Maag Kronis dan GERD


Perut sakit (sumber: canva)

Pahami terlebih dulu bahwa penyakit maag dan GERD merupakan jenis penyakit yang berbeda satu sama lain. Walaupun sebenarnya kedua penyakit ini berhubungan dengan organ lambung dalam tubuh manusia.

Penyakit maag kronis sendiri merupakan gangguan yang terjadi dalam organ lambung. Gangguan fungsional dalam organ menyebabkan rasa mual, kembung, bahkan terbakar hingga ke ulu hati. Hal ini terjadi karena luka atau peradangan yang hanya terjadi di organ lambung saja.

Berbeda dengan GERD atau gastroesophageal reflux disease, penyakit ini memicu naiknya asam lambung bahkan hingga ke esofagus. Dalam beberapa kasus GERD kronis, tidak jarang penderitanya merasakan sesak dada, radang kerongkongan, hingga mulut getir berkepanjangan.

Masalahnya kedua penyakit ini berpotensi menjangkit secara bersamaan tanpa kenal kisaran umur. Tapi bukan tidak mungkin kedua penyakit ini bisa disembuhkan secara bersamaan bila ditangani dengan metode yang tepat.

 

Pengalaman Sembuh dari Maag Kronis dan GERD

Sembuh jadi salah satu keinginan bagi seseorang yang terkena suatu penyakit. Termasuk GERD dan maag kronis yang bila sudah terjadi lama tentu sangat mengganggu fleksibilitas dalam beraktivitas. Apalagi kedua penyakit ini sering datang pada pelajar tingkat menengah hingga kalangan pekerja.

Tidak lepas dari obat pereda asam hingga pereda nyeri jadi salah satu hal yang paling dibenci. Tidak hanya itu, kambuhnya penyakit yang tidak bisa diprediksi ikut menambah beban bagi para pengidap penyakit ini.

Terlepas dari GERD dan maag sekaligus yang sudah dirasakan lama ternyata bisa didapatkan. Hidup normal tanpa merasakan sakit yang berlebih dan tidak perlu khawatir bila obat habis tentu bukan jadi hal yang mustahil.

Ketahui juga kedua penyakit ini bisa diusahakan untuk sembuh tapi memang kemungkinan kambuh juga bisa tetap kembali. Namun berkaca dari pengalaman sembuh dari maag kronis dan GERD secara berkala ada banyak metode yang bisa dicoba sebagai alternatif penyembuhan.

 

Prinsip Penyembuhan Maag Kronis dan GERD

Prinsip adalah salah satu hal yang perlu dipegang teguh seseorang untuk mendapatkan sesuatu. Termasuk mendapatkan kesembuhan dari maag dan GERD. Agar proses penyembuhan efektif dan berhasil, berikut prinsip penyembuhan yang perlu ditanamkan.

1. Rutin Konsultasi dengan Dokter dan Ahli


Periksa dokter (sumber: canva)

Prinsip pertama yakni bersedia rutin konsultasi dengan dokter dan ahli, salah satunya untuk mendapat report penyembuhan. Bagaimanapun proses penyembuhan perlu didampingi oleh pihak ahli agar proses pengobatan tidak melenceng, bahkan justru memperparah kondisi.

2. Tidak Boleh Lepas dari Pola Makan Sehat

Sembuh dari maag juga bisa didapatkan dengan menekankan prinsip pola makan sehat. Salah satu penyebab maag adalah sumber makanan yang mengancam organ lambung. Begitu juga dengan GERD yang sensitif akan naiknya intensitas asam lambung.

3. Jaga Kesehatan Mental dan Fisik

Terakhir, memegang prinsip untuk menjaga sendiri kesehatan mental sekaligus fisik. Keduanya sangat amat mendukung efektivitas penyembuhan yang sedang diupayakan. Bila tidak diri sendiri yang mengupayakan maka siapa lagi?

Berkaca dari pengalaman sembuh dari maag kronis dan GERD, tentu dibutuhkan upaya ekstra untuk bisa sembuh. Namun nantinya semua itu akan dibayar dengan lepasnya penyakit dari tubuh hingga bisa beraktivitas secara leluasa.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles