Sembuh dari penyakit GERD yang sudah lama menghantui pastinya sangat membuat lega para penderitanya. Berdasar peng pengalaman sembuh dari GERD parah terdapat hal umum yang bisa diidentifikasi sebagai tanda kesembuhan dari GERD.

Sebelum bisa mendapatkan kesembuhan tentu ada metode pengobatan yang perlu dilewati. Terlebih bagi pengidap GERD akut atau parah pengobatan yang dilakukan cukup panjang dengan intensitas pengobatan yang cukup padat.

 

Pengalaman Sembuh dari GERD Parah 


Sakit perut (sumber: canva)

GERD merupakan penyakit organ lambung yang bisa menimbulkan berbagai dampak di tubuh pengidapnya. Mulai dari rasa mual, heartburn, batuk disertai rasa asam atau getir, radang tenggorokan berkepanjangan bahkan kondisi tidak nyaman lainnya.

Walaupun banyak dihindari nyatanya penyakit ini rentan terjadi di berbagai kalangan umur sekalipun orang dengan pola makan yang sehat. Ada berbagai faktor yang menyebabkan melemahkan otot sekat lambung dan esofagus hingga asam lambung naik ke atas.

GERD bisa jadi sangat riskan menumbangkan kondisi suatu pasien tapi juga bukan tidak mungkin untuk disembuhkan. Nyatanya sudah banyak yang membuktikan bisa sembuh dari GERD parah bisa ditaklukkan dengan menjalankan metode pengobatan yang tepat.

Sayangnya banyak yang menghentikan metode pengobatan karena gejala kambuhnya sudah berkurang. Perlu dipahami terdapat tanda umum yang biasanya muncul bila GERD memang benar-benar telah sembuh.

Tanda Sembuh dari GERD

Bukan sekedar meredanya gejala yang bisa diidentifikasi sebagai tanda sembuh, ternyata ada tanda tersendiri bila memang Anda sudah sembuh. Tidak sulit untuk ditemukan, berikut tanda sembuh dari penyakit GERD. 

1. Heartburn Tidak Lagi Terasa

Heartburn atau sensasi perih seperti terbakar di perut hingga ulu hati bahkan kerongkongan sangat lumrah terjadi pada pengidap penyakit GERD. Paling ringan heartburn hanya menimbulkan sensasi terbakar di area perut dalam saja.

Namun bila gejala ini sudah sama sekali tidak berasa maka bisa dikatakan penyakit GERD yang tinggal pun sudah hilang. Berdasar pengalaman sembuh dari GERD parah hilangnya gejala heartburn bisa jadi salah satu indikasi bahwa penyakit GERD sudah benar-benar hilang.

2. Rasa Mulut Kembali Normal

Langganan terjadi pada para penderita GERD, rasa mulut yang asam atau bahkan getir sering kali mengganggu mood. Bahkan di beberapa kasus penderita GERD ini jadi enggan untuk makan padahal menjaga asupan sangat dibutuhkan.

Berbahagialah bila indikasi rasa mulut telah kembali normal menghampiri. Artinya penyakit GERD bisa dibilang sudah pergi.

3. Lebih Mudah Menelan Makanan

Tanda lain penderita sembuh dari GERD adalah lebih mudah menelan makanan. Diingat kembali penderita GERD rawan memiliki radang esofagus atau gejala lain seperti ada yang mengganjal di kerongkongan sehingga sulit untuk menelan makanan. 

Berbeda halnya bila sudah sembuh dari penyakit GERD maka proses menelan berbagai jenis makanan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

4. Perut Terasa Lebih Nyaman


Sehat (sumber: canva)

Perut yang kembung, begah hingga mual berkepanjangan tanpa sebab yang jelas juga tidak jarang datang. Namun berbeda, bila sudah sembuh dari GERD maka beragam masalah perut termasuk yang sudah disebutkan akan menghilang sendirinya. 

5. Tidur Lebih Nyaman dan Nyenyak

Terakhir tidur akan lebih nyaman dan terasa lebih nyenyak. Para penderita GERD tidak jarang kesulitan untuk tidur bahkan mulai dari menempatkan posisi tubuhnya. Seperti halnya miring ke kanan atau kiri saja dapat menimbulkan naiknya cairan asam. 

Gangguan organ yang tidak nyaman akan mengirim sinyal ke otak dan bisa jadi membangunkan Anda dari tidur. Akhirnya harus terbangun karena tidak nyaman dan akhirnya tubuh kekurangan istirahat yang berkualitas. 

Proses penyembuhan GERD parah bisa cepat optimal dan efektif asalkan pasien bisa bekerja sama dengan ahli yang memantaunya juga memegang prinsip ingin sembuh. Bila sudah mendapatkan tanda berdasar pengalaman sembuh dari GERD parah di atas maka bisa dikatakan sudah sembuh.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles