Pabrik gula aren yang ada di Kabupaten Lebak, Banten ini menjadi salah satu komoditas ekspor di Indonesia. Kabupaten Lebak menjadi kelompok produsen gula aren terbesar di Indonesia.

Jumlah gula aren yang dihasilkan oleh Kabupaten Lebak ini bisa mencapai ratusan ton tiap tahunnya. Oleh karena itu, Lebak di Provinsi Banten ini menjadi sentra penghasil gula aren yang berbentuk cetak atau gula semut.

Gula aren adalah gula yang berasal dari cairan nira dari pohon aren. Cairan tersebut kemudian diolah dan direbus dengan waktu yang lama hingga mengental dan berwarna gelap. Pada umumnya, gula jenis ini memiliki warna kemerahan yang mengarah kecokelatan.

Berdasarkan sebuah kajian, semakin gelap warna gula maka semakin banyak juga nutrisi yang terkandung dalam gula aren. Nutrisi dan gizi yang ada pada gula aren pun memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Pembuatan gula aren pun memang membutuhkan waktu yang panjang, sehingga produksi gula aren ini biasanya dilakukan secara besar-besaran. Tidak ditujukan untuk industri-industri rumahan.

Pabrik Gula Aren

Salah satu pabrik atau produsen gula aren di Kabupaten Lebak sendiri sudah mengantongi sertifikat pangan organik internasional. Adanya sertifikat ini membuat penjualan dan omzet dari luar neger ini semakin meningkat.


Contoh pabrik gula (sumber: canva)

Belanda merupakan salah satu tujuan ekspor gula aren ini, di mana hampir setiap bulan pasti mengirimkan 20 ton gula aren. Bahkan masyarakat dari negeri Belanda ini sangat menyukai produk yang dihasilkan oleh pabrik gula aren ini. Sebab, gula aren dapat dijadikan campuran dalam roti.

Para pengrajin yang mengerjakan gula aren ini merupakan pengrajin yang tersebar di Kabupaten Lebak. Sebagian besar pengrajin ini berasal dari Kecamatan Sobang, Cigemblong, Cibeber, Muncang, dan Panggarangan.

Produsen gula aren di Kabupaten Lebak ini memiliki unik kerja sebanyak 5.816 unit dan hampir menyerap kurang lebih 11.507 tenaga kerja.

Mereka menghasilkan berbagai gula aren yang berkualitas dan terjamin nutrisinya. Salah satu keunggulan gula aren yang dihasilkan oleh produsen di Kabupaten Lebak ini adalah kadar gula dan kualitasnya.

Rasa gula aren ini memang manis, tetapi kadar gula (indeks glikemik) pada gula aren yang dihasilkan oleh pabrik Lebak ini relaif kecil. Oleh karenanya, gula aren ini sangat aman dan bersahabat bagi penderita diabetes.

Selain rasa dan aromanya yang khas, gula aren dari Kabupaten Lebak ini juga bisa bertahan lebih lama daripada jenis gula-gula lainnya.

Baca juga: Ini Perbedaan Gula Aren dan Gula Jawa

Aren sebagai Bahan Pangan Alami

Permintaan akan gula aren dari pasar domestik atau lokal dan mancanegara cenderung tinggi, dan semakin naik tiap tahunnya. Hal ini dikarenakan gula aren merupakan bahan pangan yang alami dan tidak menggunakan zat-zat kimia.

apakah gula aren aman untuk diabetes
Gula aren dalam bentuk gula semut (sumber: canva)

Oleh karena itu, selain dijadikan pemanis makanan atau minuman yang alami gula aren juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Berikut adalah 7 manfaat utama gula aren bagi kesehatan:

  1. Mencegah infeksi luka.
  2. Gula aren berguna sebagai sumber energi cadangan yang diperlukan badan.
  3. Terhindar dari penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker karena dapat menangkal radikal bebas.
  4. Meningkatkan sistem imun, yang berarti dapat mengurangi risiko untuk tubuh terkena penyakit.
  5. Meningkatkan kesehaan tulang.
  6. Menangani permasalahan kulit di wajah seperti komedo, jerawat, kerutan dan lain-lain.
  7. Membentuk protein dan sel-sel dalam tubuh.

Kebaikan yang ada pada gula aren ini bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes. Sebab, salah satu bahan utama dalam komposisi Nutriflakes adalah gula aren.

Popularitas gula aren pun juga semakin meningkat dan banyak dikenal atau digunakan berbagai kalangan. Kini banyak restoran dan hotel bintang lima selalu menyediakan gula aren yang berbentuk gula semut. Sedangkan gula cetak diekspor ke berbagai negara lain seperti Italia, Inggris, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Gula Aren Asli agar Tidak Mudah Tertipu

Melalui penjelasan di atas, pabrik gula aren di Kabupaten Lebak dapat menjadi andalan ekonomi masyarakat karena dapat menyerap banyak tenaga kerja.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles