Semakin bertambah tua, maka masalah pencernaan pun semakin sering terjadi. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang dewasa atau kalangan pekerja mudah mengalami perut kembung. Masalah perut ini memang tidak berbahaya, tetapi bisa mengganggu kegiatan harian. Maka dari itu, mereka membutuhkan obat tradisional perut kembung orang dewasa.

Pada umumnya, perut kembung sering terjadi karena ada salah makan atau terdapat masalah pada sistem pencernaan. perut kembung ini bisa membuat orang merasa perutnya terasa penuh, perut selalu bersuara atau keroncongan, dan banyak kentut. Keadaan ini tentu membuat tubuh tidak nyaman dan bisa mengganggu lingkungan sekitar saat bekerja.

 

Berbagai Obat Tradisional Perut Kembung Orang Dewasa

Herbal untuk perut kembung adalah alternatif bagi orang-orang yang takut menggunakan obat kimia dari apotek. Selain itu, bahan-bahan ini biasanya mudah untuk kita temukan. Kendati demikian, mengonsumsi obat tradisional tetap tidak boleh berlebihan.

Berdasarkan Healthline, sudah ada berbagai studi yang menunjukkan bahwa tanaman herbal dapat membantu dalam menenangkan perut kembung dan tidak nyaman. Berikut beberapa bahan alami yang bisa menjadi obat perut begah dan kembung menurut Stylecraze:

1. Teh Chamomile


Chamomile tea (sumber: canva)

Sudah sejak berabad-abad lamanya the chamomile digunakan sebagai herbal alami yang berguna untuk mengatasi perut kembung. Tidak hanya itu saja, the chamomile juga bisa mencegah berbagai masalah pencernaan seperti asam lambung, mual, hingga diare.

Manfaat tersebut datang dari sifat teh chamomile itu sendiri, yaitu efek antiradang. Sifat tersebut dapat mengurangi kadar keasaman pada lambung dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

Agar dapat menjadi obat tradisional perut kembung orang dewasa, campur 2 sendok teh the chamomile dengan air panas. Setelah didiamkan selama 10 menit, saring teh dan tambahkan madu ke dalam seduhan the. Konsumsi teh ini ketika perut kembung.

2. Jahe

Menurut Healthline, jahe adalah rempah-rempah yang sudah digunakan untuk mengatasi masalah perut sejak ribuan tahun lalu. Jahe ternyata mempunyai sifat karminatif, di mana sifat ini dapat membantu dalam mengeluarkan gas yang terperangkap dalam perut.

Cara menggunakan jahe sebagai obat perut begah dan kembung ini adalah dengan merebusnya dalam 1 cangkir air. Gunakan 1 ruas jahe saja dan masak paling tidak selama 3 sampai 5 menit.

Saat meminum air jahe ini perut akan mendapatkan kehangatan dan selanjutnya perut pun menjadi nyaman.

3. Biji Adas

Obat tradisional perut kembung orang dewasa yang berikutnya adalah biji adas. Terdapat senyawa estragole, fenchone, dan anethole di dalam biji adas. Keitiga kandungan ini memberikan sifat antispasmodik yang berguna dalam mengatasi tumpukan gas di perut.

Dalam menggunakan biji adas ini kita hanya perlu memasukkan 1 sendok teh biji adas yang sudah halus ke dalam air panas. Tunggu 10 menit terlebih dahulu sebelum meminumnya. Ramuan biji adas ini bisa juga kita tambahkan dengan madu agar bertambah nikmat.

4. Pisang

Buah pisang ternyata dapat menjadi bahan alami yang bisa membantu dalam mengatasi perut kembung. Tidak hanya menjadi favorit masyarakat Indonesia saja, buah pisang juga tinggi akan serat pangan dan potasium.

Kedua kandungan inilah yang menjadikan pisang dapat mengatasi perut kembung alami. Sebaiknya rutin konsumsi pisang secara langsung sebanyak 1 atau 2 buah dalam sehari untuk mencegah perut kembung.

5. Teh Hijau

Obat tradisional perut kembung orang dewasa yang selanjutnya adalah teh hijau atau green tea. Kandungan antioksidan dalam teh hijau ini sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan. teh hijau ini bisa meredakan dan mencegah penumpukan gas di dalam sistem pencernaan.

Caranya mengolah teh hijau ini adalah dengan merebus teh hijau dalam air mendidih selama 5 menit. Jangan gunakan gula untuk menambah rasa, lebih baik masukkan madu.

6. Adas Manis


Tanaman adas (sumber: canva)

Sama dengan biji ada sebelumnya, adas manis juga mempunyai sifat antispasmodic yang dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan. Selain itu, adas manis juga memiliki sifat karminatif yang dapat meredakan perut kembung.

Cara menggunakan herbal alami ini adalah dengan memasukkan satu sendok adas manis ke dalam air mendidih. Masak biji tersebut selama 5 hingga 10 menit.

7. Biji Jintan

Tidak hanya menjadi bumbu pada masakan saja, biji jintan juga berfungsi sebagai obat tradisional perut kembung orang dewasa. Hal ini karena biji jintan mengandung senyawa carvol dan carvene yang memberikan sifat antispasmodic dan karminatif.

Menggunakan biji jintan ini sangatlah mudah, kita tinggal memasukkan 1 sendok biji jintan ke dalam secangkir air panas. Tunggu 10 menit sebelum minum air jintan tersebut. Bisa juga kita tambahkan dengan madu agar lebih nikmat.

Itulah 7 obat herbal untuk perut kembung dan begah yang dapat  kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Perut kembung ini datangnya tiba-tiba, oleh karenanya lebih baik siap-siap bahan-bahan di atas sebagai persiapan.

Selain herbal di atas, masih ada sereal umbi garut Nutriflakes sebagai obat tradisional perut kembung orang dewasa. Sereal sehat ini bisa menangkan perut dan mengatasi masalah asam lambung serta maag.

Tidak hanya itu saja, Nutriflakes menggunakan bahan alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping. Jadi tidak usah khawatir untuk mengonsumsi sereal sehat ini.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles