Berbelanja lewat toko online memang memudahkan, tetapi di sisi lain juga rawan terjadi penipuan. Sebab, ada saja penjual nakal yang memalsukan produk untuk meraup banyak keuntungan. Nutriflakes pun tidak luput dengan praktik jahat penipuan ini. Jadi sebelum beli, pastikan Anda harus sudah mengenali ciri-ciri Nutriflakes palsu.

Ciri-Ciri Produk Nutriflakes Palsu

review nutriflakes palsuKonsumen yang teliti biasanya akan membandingkan satu produk dengan produk di toko lainnya untuk mendapatkan yang terbaik. Cara ini pastinya untuk menghindari barang palsu dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Begitu pula dalam memilih sereal umbi garut Nutriflakes, kita harus selalu teliti dan berhati-hati. Sebab, akhir-akhir ini terdapat pembeli yang mengaku mendapatkan barang palsu. Produk palsu ini tidak sesuai dengan Nutriflakes yang berada di instagram @nutriflakes.official.

Produk Nutriflakes yang palsu ini biasanya didapatkan oleh pembeli yang membelinya lewat marketplace, seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Berikut adalah beberapa ciri-ciri Nutriflakes palsu yang harus konsumen ketahui:

1. Harga di Bawah Standar

toko nutriflakes palsu di lazada

Banyak toko online tidak resmi yang menjual sereal umbi garut Nutriflakes di bawah harga standar. Harga 1 box Nutriflakes yang asli dan datang dari distributor asli adalah Rp 95.000,00.

Sedangkan untuk 2 box Nutriflakes dibandrol dengan harga Rp 180.000,00. Lalu pembelian 3 box kita hanya perlu membayarnya sebanyak Rp 255.000,00.

Jika ada toko online yang menjual Nutriflakes dengan harga di bawah standar tersebut, maka dapat dipastikan bahwa tokonya tidak resmi dan barangnya mungkin saja palsu. Toko yang dimaksud ini tentu tidak hanya terbatas pada toko di marketplace saja.

Baca juga: Nutriflakes di Bawah Harga 95 Ribu, Apakah Palsu?

Sama saja apabila menemukan harga Nutriflakes di bawah standar lewat Facebook, Tiktok, atau media sosial lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai tergiur dengan harga yang lebih murah.

2. Box Kemasan Rusak

nutriflakes box penyok

Ciri-ciri Nutriflakes palsu selanjutnya adalah jika box Nutriflakes yang didapatkan rusak. Sebab, ada penjual nakal yang memang menjual Nutriflakes dengan harga di bawah standar tetapi menggunakan alasan box-nya penyok atau sedikit sobek.

Box yang rusak ini bisa menandakan bahwa isinya mungkin sudah tidak baik-baik saja. Jika kemasan rusak, maka bakteri atau mikroorganisme lainnya bisa masuk dengan mudah. Alhasil, sereal Nutriflakes bisa kurang sehat dari biasanya.

Baca juga: Beli Box Penyok Nutriflakes? Jangan Sembarangan Beli

3. Kemasan Nutriflakes Tanpa Box Hijau Resmi

Ciri-ciri Nutriflakes palsu yang bisa dilihat dengan mata telanjang adalah dari kemasan box itu sendiri. Pada Nutriflakes palsu, bungkusnya hanya berupa plastik biasa, amplop cokelat dengan tempelan resi, kemudian di dalamnya langsung alumunium foil tanpa box Nutriflakes warna hijau.

Ini tentu sangat berbeda sekali dengan Nutriflakes yang asli. Produk Nutriflakes yang datang dari penjual resmi selalu menggunakan box dengan warna dominan hijau dengan desain yang khas.

Selain itu dalam pengiriman ke konsumen, distributor selalu mengirimkannya dengan kardus cokelat seperti gambar di bawah. Di dalam kardus cokelat, terdapat bubble wrap yang sudah membungkus box hijau Nutriflakes. Dengan begitu, produk aman saat pengiriman.

packing nutriflakes asli

Maka dari itu, hati-hati jika mendapatkan paket sereal Nutriflakes yang hanya dibungkus menggunakan alumunium foil saja tanpa box hijau resmi. Sebab, dapat dipastikan bahwa produk yang didapatkan adalah Nutriflakes palsu.

4. Warna dan Tekstur Bubuk Nutriflakes Berbeda

Jika foil Nutriflakes dibuka ternyata bubuknya berwarna putih dan bertekstur halus seperti gambar di bawah, maka bisa dipastikan produk tersebut palsu. Cek juga aromanya. Jika tidak mengeluarkan aroma menyerupai vanilla, kemungkinan besar juga palsu.

bubuk nutriflakes palsuBubuk dari sereal Nutriflakes yang asli ini sebenarnya tidak 100% halus. Justru butiran dari Nutriflakes ini bentuknya tidak sama rata, ada butiran yang besar ada juga yang kecil. Selain itu, bubuk Nutriflakes ini bertekstur lebih kasar daripada bubuk susu pada umumnya. Aromanya juga harum seperti vanilla.

bubuk nutriflakes asli

Warna dari bubuk Nutriflakes juga tidak hanya satu warna saja. Dalam sereal Nutriflakes ada bubuk berwarna cokelat dari gula aren, bubuk berwarna hijau dari daun kelor, dan bubuk putih dari umbi garutnya.

Warna dan tekstur saat diseduh juga berbeda. Pada Nutriflakes palsu, ada yang berwarna putih cair seperti gambar di bawah. Selain itu, seduhan Nutriflakes palsu ini tidak beraroma. Karena khawatir memakai bahan berbahaya, Tim Nutriflakes belum berani mencicipi untuk mengetahui rasanya.

Sementara itu, seduhan Nutriflakes asli berwarna kehijauan dan ada butiran hijau. Foto seduhan asli bisa lihat di bawah ini.

seduhan nutriflakes asli

Tips Jika Menemukan Toko Diduga Menjual Nutriflakes Palsu

Itulah 4 ciri-ciri Nutriflakes palsu yang harus selalu kita waspadai. Produk yang palsu tidak hanya tidak memberikan manfaat seperti Nutriflakes tetapi bisa saja berbahaya untuk kesehatan.

Lalu bagaimana jika Anda menemukan produk Nutriflakes yang palsu? Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Simpan Link Website

Anda bisa menyimpan link dari toko online di media sosial atau marketplace yang menjual Nutriflakes palsu. Setelah menyimpannya, kemudian kirimkan link tersebut kepada CS official dari Nutriflakes di nomor  082135732036.

Pihak dari Nutriflakes akan menindaklanjuti hal tersebut agar konsumen tidak cemas lagi untuk membeli Nutriflakes.

2. Hubungi Pihak Official

Apabila sudah terlanjur membeli produk Nutriflakes yang palsu, maka tetap hubungi CS Nutriflakes. Namun, dengan membagikan foto packing atau bungkus Nutriflkaes dengan kertas resmi serta foto bubuk di dalamnya.

Itulah penjelasan mengenai ciri-ciri Nutriflakes palsu dan bagaimana dalam merespon jika menemukannya. Apabila penjual nakal pandai dalam menipu, maka kita sebagai konsumen juga harus lebih pandai dalam memilih barang.

Yuk, berhati-hati dalam membeli dan selalu pastikan memilih Nutriflakes dari distributor resmi saja.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles