Nasi adalah makanan pokok yang berasal dari olahan beras dan sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Nasi mengandung karbohidrat sehingga dijadikan makanan pokok oleh kebanyakan masyarakat.

Apakah nasi mengandung karbohidrat yang tinggi?

Sebagian besar masyarakat memenuhi kebutuhan kerbohidrat ini dengan mengonsumsi nasi. Bahkan, terdapat istilah di masyarakat bahwa “belum makan kalau belum makan nasi”.

Karbohidrat adalah senyawa organik yang tersusun dari beberapa unsur, yaitu karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Senyawa ini masuk dalam senyawa organik karena terbuat dari proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan.

Zat karbohidrat sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh manusia.

Walaupun sangat penting, jika kita terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat juga tidak akan baik untuk kesehatan. Kelebihan karbohidrat ini akan berisiko terkena serangan penyakit seperti jantung, obesitas, dan diabetes.


Nasi merah (sumber: canva)

Apalagi jika nasi yang menjadi makanan pokok dan hampir setiap hari masyarakat Indonesia mengonsumsinya. Kandungan nasi sendiri terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan air.

Dari keempat kandungan gizi yang ada pada nasi, karbohidrat merupakan nutrisi terbesar yang terdapat dalam nasi.

Baca juga: Apa itu Karbohidrat Sederhana?

3 Jenis Nasi yang Mengandung Karbohidrat

Sebagai sumber karbohidrat, ternyata terdapat beberapa jenis nasi yang perlu kita ketahui. Masing-masing jenis nasi ini memiliki jumlah kandungan gizi yang berbeda-beda. Sehingga kita bisa menilai nasi mana yang bisa menjadi pilihan untuk kita konusumsi.

Berikut ini adalah beberapa jenis nasi yang mengandung karbohidrat:

1. Nasi Putih

Olahan beras putih ini adalah nasi yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sebab, beras adalah mata pencaharian sebagian masyarakat. Selain itu, nasi putih ini memiliki rasa yang lebih manis.

Sebanyak 45 gram karbohidrat terdapat pada satu porsi nasi putih, seratnya pun hanya sebesar 0,6 gram. Sedangkan indeks glikemik nasi putih ini mencapai 73 dan masuk dalam kategori yang tinggi.

Protein dalam satu cup beras putih yang dimasak hanya sekita 4,2 gram. Beberapa mineral juga terdapat dalam nasi, yaitu kalsium (15,8 mg), zat besi (1,9 mg), magnesium (19 mg), phosphorus (68 mg), hingga mangan (0,7 mg).

2. Nasi Merah

Walaupun beras merah ini mudah kita temui di Indonesia tetapi masih kalah popularitas dengan beras putih. Sebagian besar orang yang mengonsumsi jenis nasi ini adalah orang yang sedang melakukan diet.

Beras merah mempunyai karbohidrat sebanyak 46 gram dan serat yang tinggi hampir mencapai 4 gram. Protein dalam nasi merah juga lebih tinggi daripada nasi putih, yaitu 4,6 gram.

3. Nasi Hitam


Bahan pangan beras hitam (sumber: canva)

Beras hitam adalah jenis beras yang sangat sulit untuk ditemukan di Indonesia. Sama dengan nasi merah, nasi hitam juga mengandung senyawa anthocyanin yang membantu mencegah risiko kanker.

Karbohidrat dalam satu porsi nasi hitam hanya sebesar 43 gram dengan serat sebesar 3 gram. Protein pada beras hitam pun mencapai angka 6 gram. Beras hitam juga kaya akan phosphorus yang baik untuk kesehattan gigi dan zinc untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca juga: Sering Digunakan Sarapan, Apakah Roti Mengandung Karbohidrat?

Kesimpulan tentang Nasi yang Mengandung Karbohidra


Nasi putih (sumber: canva)

Melalui penjelasan di atas, ternyata karbohidrat terdapat di dalam berbagai jenis nasi. Di mana jumlahnya akan berbeda-beda, tergantung dari jenis beras yang akan diolah.

Baca Juga: Gandum, Apakah Sumber Karbohidrat yang Baik?

Memilih nasi dari jenis-jenis di atas pun juga tergantung dengan selera dan kebutuhan sehari-hari. Oleh karenanya, kita harus bijak dalam memilih nasi yang akan dijadikan sebagai sumber kebutuhan karbohidrat untuk aktivitas sehari-hari.

Demikian uraian mengenai jenis-jenis nasi yang mengandung karbohidrat, semoga dapat bermanfaat dalam kehidupan kita.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles