Tenggorokan yang terasa seperti ada yang mengganjal dan disertai dengan sesak napas bisa menjadi akibat dari asam lambung naik. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan akibat asam lambung?

Ketika kita mengalami sakit tenggorokan, selain menjadi tanda akan mengalami flu juga bisa bertanda bahwa asam lambung sedang naik. Jika sakit tenggorokan dengan waktu yang sangat lama tetapi tidak timbul flu dan demam, ini tanda asam lambung naik.

Tepatnya adalah tanda bahwa asam lambung tengah naik ke tenggorokan atau yang sering disebut dengan refluks laringofaring (LPR).

Baca juga: Mengenal Ciri Vertigo karena Asam Lambung

 

Penyebab Rasa Mengganjal di Tenggorokan akibat Asam Lambung

Letak rasa mengganjal (sumber: canva)

Asam lambung naik merupakan sebuah kondisi di mana katup esofagus bawah tidak bisa menutup dengan sempurna. Sehingga cairan asam dalam lambung dapat naik melewati katup esofagus dan menuju ke kerongkongan.

Saat sfingter esofagus bagian atas juga tidak berfungsi, maka cairan asam yang naik bisa keluar menuju tenggorokan dan laring.

Paparan cairan asam yang naik bisa mempengaruhi organ-organ lain yang dilewatinya. Salah satu contohnya adalah ketika asam lambung ini mempengaruhi tenggorokan.

Akibatnya adalah tenggorokan bisa menjadi iritasi dan terluka. Akhirnya suara seseorang pun akan menjadi serak dan bisa meninggalkan lendir atau rasa mengganjal di tenggorokan.

Selain itu, refluks asam yang terjadi berulang-ulang bisa berkumpul di tenggorokan dan kotak suara sehingga paparan cairan asam bisa terjadi lebih lama. Hal inilah yang menjadi cikal bakal dari rasa mengganjal di tenggorokan.

Sebelum mencari cara menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan akibat asam lambung, kita harus mengetahui apa saja gejala dari LPR. Apa saja sih gejala dari LPR? Berikut ini adalah rinciannya:

  1. Terdapat lendir yang menggenang.
  2. Suara menjadi lebih serak.
  3. Adanya keinginan untuk berdeham.
  4. Sering batuk.
  5. Rasa mengganjal di tenggorokan.

Gejala GERD biasanya lebih berisiko terjadi ketika kita pada posisi berbaring. Berbeda dengan GERD, LPR terjadi ketika kita berdiri dan membungkuk atau tengah berolahraga.

Berdasarkan sebuah penelitian, sekitar 35% dari pengidap refluks laringofaring (LPR) juga mengalami GERD. Tenggorokan dan kotak suara lebih sensitif terhadap asam daripada katup esofagus adalah alasannya.

Baca juga: Gejala GERD Anxiety yang Mengganggu Anak Muda

 

Cara Menghilangkan Rasa Mengganjal di Tenggorokan akibat Asam Lambung

Rasa mengganjal di tenggorokan (sumber: canva)

Komitmen yang tinggi dalam menerapkan gaya hidup sehat sangat diperlukan untuk menghilangkan ketidaknyamanan di atas. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan akibat asam lambung:

 

Makan dengan Perlahan-lahan

Makan dengan cara cepat dan porsi banyak sekaligus sangat tidak baik unuk sistem pencernaan. Sebab, dengan makan cepat dan banyak, proses pencernaan akan berjalan dengan lambat sehingga akan menimbulkan ketidaknyamanan pada perut.

Oleh karena itu, lebih baik makan dengan cara perlahan-lahan dan porsinya pun sedikit-sedikit tapi sering. Dengan cara ini kita bisa menghindari gangguan asam lambung naik sehingga rasa mengganjal pun juga tidak akan muncul.

 

Hindari Pantangan Makanan untuk Asam Lambung

Sebaiknya hindari makanan yang menjadi pantangan asam lambung karena bisa memicu asam lambung naik. Pantangan ini seperti sambal pedas, jeruk, tomat, bawang merah, kopi, teh, cokelat, dan lan sebagainya.

Lebih baik jika mengonsumsi makanan dengan serat yang tinggi dan tidak menghasilkan gas dalam perut. Contohnya adalah buah pisang, melon, alpukat, juga sayur kangkung atau bayam.

 

Hindari Minuman Beralkohol atau Soda

Minuman yang mengandung alkohol akan membuat perut cepat kembung. Sementara perut kembung adalah salah satu gejala asam lambung naik. Secara umum, minuman dengan kandungan alkohol memang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Sebab, minuman beralkohol dan soda ini bisa menjadi penyebab berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan lain sebagainya.

 

Hindari Posisi Tidur atau Berbaring Setelah Makan

Cara menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan akibat asam lambung yang selanjutnya adalah jangan tidur setelah makan. Cairan asam lambung akan mudah naik ke kerongkongan ketika kita berbaring setelah makan. Apalagi jika dengan keadaan perut yang penuh.

Tunggu 2 sampai 3 jam, di mana sistem pencernaan memperoses makanan, setelah makan barut menjalankan aktivitas tidur.

 

Turunkan Berat Badan Berlebihan

Berat badan yang berlebihan (obesitas) menambah tekanan pada perut sehingga menurunkan cara kerja sfingter esofagus. Hal ini akan mempermudah asam lambung naik ke kerongkongan.

Selain itu, tekanan pada perut juga akan memaksa asam lambung untuk keluar dari organ lambung. Sehingga berat badan yang berlebihan pada penderita asam lambung ini tidaklah rekomendasi.

 

Mengonsumsi Nutriflakes

Nutriflakes adalah sereal sehat dengan umbi garut sebagai bahan utamanya. Sereal sehat ini mempunyai efek terapi yang digunakan untuk mengatasi asam lambung naik dan menjaga kesehatan tubuh.

Oleh karena itu Nutriflakes ini bisa menjadi obat alami dalam menghilangkan rasa mengganjal yang diakibatkan asam lambung. Hal ini dikarenakan Nutriflakes mengatasi masalah langsung pada sumbernya, yaitu asam lambung naik.

 

Kesimpulan Cara Menghilangkan Rasa Mengganjal di Tenggorokan Akibat Asam Lambung

Menurut pejelasan di atas, rasa mengganjal karena asam lambung ini diakibatkan naiknya cairan asam lambung yang sampai pada tenggorokan. Keadaan ini bisa kita sebut dengan LPR (laryngopharyngeal reflux) atau asam lambung yang naik ke kerongkongan hingga masuk pada bagian belakang tenggorokan.

Hal tersebut bisa berbahaya untuk kotak suara karena bisa menimbulkan rasa mengganjal yang susah menghilang. Oleh karena itu, asam lambung harus segera kita atasi dengan berbagai cara. Contohnya adalah makan dengan pelan, menghindari pantangan asam lambung, hingga konsumsi Nutriflakes dengan rutin.

Dengan mengatasi asam lambung naik hingga tuntas, rasa mengganjal pun juga akan hilang dengan perlahan. Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan rasa menggajal di tenggorokan akibat asam lambung, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

Artikel Lainnya: Cara Alami Menghilangkan Lendir di Tenggorokan akibat Asam Lambung

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles