Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Jangan Salah Sangka, Ternyata Ada Banyak Manfaat Lemak bagi Tubuh

Banyak orang yang kurang suka dan sensitif dengan keberadaan lemak di dalam tubuh mereka. Walaupun begitu, ternyata banyak manfaat lemak bagi tubuh yang baik untuk kesehatan dan kebutuhan sehari-hari.

Lemak adalah senyawa dalam makanan yang banyak orang kurang menyukainya, khususnya kelompok perempuan atau orang yang sedang menjalankan diet. Bahkan, banyak yang menyalahkan lemak ketika seseorang mengidap penyakit tertentu.

Faktanya, kelebihan lemak memang bisa menyebabkan beberapa penyakit yang merugikan kesehatan. Misalnya adalah gangguan seperti penyakit jantung, stroke, kolesterol tinggi, kelebihan berat badan atau obesitas.

Namun, seperti pisau yang bermata dua, lemak juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Bahkan tubuh kita ini sebenarnya membutuhkan lemak dalam menjalankan fungsi-fungsinya.

Artinya, tidak hanya karbohidrat atau protein yang berperan penting dalah tubuh manusia. Lemak juga memiliki fungsi yang hanya bisa dijalankan oleh lemak.

Sebenarnya Apa itu Lemak?

Sebelum kita membahas bentuk-bentuk manfaat lemak bagi tubuh, lebih baik kita kenali lebih dekat senyawa lemak ini.

Lemak adalah zat organik yang memiliki sifat sulit untuk larut di dalam air. Namun, lemak dapat larut di dalam zat-zat pelarut seperti kloroform, eter, dan benzene.  Lemak juga masuk ke dalam salah satu kelompok pada golongan lipid.

Senyawa lemak ini juga memiliki unsur penyusun, yang terdiri dari karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan kadang-kadang fosforus (P) atau nitrogen (N).

Sebenarnya hampir seluruh bahan pangan pasti mempunyai kandungan lemak , walau dengan jumlah yang berbeda-beda. Lalu apa saja fungsi lemak?


Lemak di dalam tubuh (sumber: canva)

Manfaat Lemak bagi Tubuh

Beberapa fungsi lemak untuk tubuh ini sangat penting dan baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa fungsi lemak yang dimaksud:

  1. Melindungi tubuh dari serangan suhu lingkungan yang sangat rendah.
  2. Menjadi salah satu bahan yang menyusun vitamin dan hormon.
  3. Melindungi alat-alat atau organ-organ tubuh yang vital untuk kehidupan. Lemak pada hal ini berperan sebagai bantalan lemak.
  4. Selain karbohidrat, lemak juga menjadi senyawa yang menghasilkan energi paling tinggi di dalam tubuh.
  5. Menyusun berbagai kelenjar tubuh, seperti asam kholat dan juga empedu.
  6. Menahan rasa lapar sehingga rasa kenyang akan terasa lebih lama.
  7. Menjadi salah satu bahan yang menyusun membran sel.
  8. Lemak juga memiliki peran penting dalam melarutkan vitamin A, vitamin E, vitamin, K, dan vitamin D agar dapat diserap ke dalam tubuh.

Artinya, peran dari lemak di dalam tubuh ini juga tidak kalah dengan karbohidrat, protein, ataupun serat. Walaupun banyak yang menyebutnya sumber masalah, lemak tetap memiliki fungsi dan manfaat yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Kebutuhan Lemak dalam Tubuh

Melihat beberapa manfaat lemak bagi tubuh di atas, artinya kita harus memenuhi kebutuhan lemak sehari-harinya. Namun jumlah lemak ini tentu saja tidak boleh berlebihan.

Berdasarkan dari Permenkes Nomor 30 Tahun 2013, anjuran konsumsi lemak adalah 20% sampai 25% dari total energi sehari-hari atau 702 kkal. Jumlah tersebut setara dengan lima sendok makan atau 67 gram lemak setiap harinya.

Walaupun jumlah tersebut bisa saja berubah berdasarkan tempat di mana kita tinggal dan suhu di tempat tersebut.


Persentase lemak (sumber: canva)

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, konsumsi lemak  dengan jumlah yang cukup ini sangat penting untuk tubuh. Sebab, lemak memiliki beberapa peran penting dalam menjalankan fungsi-fungsi di dalam tubuh.

Jika takut akan lemak ini, kita bisa mengonsumsi Nutriflakes karena mengandung lemak yang baik untuk kesehatan. Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah mengatasi asam lambung naik dan menjaga kesehatan.

Sumber lemak dari Nutriflakes ini berasal dari bahan-bahan alami di dalamnya, yaitu kandungan susu kambing etawa dan kandungan umbi garut. Kedua bahan ini sangat baik untuk kesehatan kita.

Demikian ulasan mengenai manfaat lemak bagi tubuh, semoga dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan aman!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles