Kelor merupakan tumbuhan kaya nutrisi. Mulai dari akar, batang hingga daunnya memiliki kandungan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, manfaat tanaman kelor pun juga beragam jika dikonsumsi oleh tubuh.

Berkat nutrisi-nutrisi yang dikandung kelor inilah tumbuhan tersebut mendapat julukan sebagai Mother’s Best Friend and Miracle Tree. Selain kaya nutrisi, kelor juga bersahabat bagi manusia.

WHO, sebagai organisasi kesehatan dunia, pun menyetujui bahwa tumbuhan kelor dapat menyelesaikan berbagai permasalahan gizi dan kesehatan.

daun kelor

Nutrisi yang terkandung dalam tumbuhan kelor ini, seperti: vitamin A B C, protein, kalsium, zat besi dan lain-lain. Tentu saja masih banyak nutrisi lainnya yang menjadikan manfaat kelor ini bervariasi.

3 Manfaat Kelor yang Harus Diketahui

Julukan Miracle Tree ini sebenarnya menggambarkan bahwa kandungan nutrisi dan zat aktif dalam kelor sangat bermanfaat bagi manusia maupun lingkungan. Potensi kelor sendiri tidak hanya sebagai bahan pangan tetapi dalam bidang lain, seperti kosmetik dan industri.

Apa saja manfaat tanaman kelor untuk kehidupan sehari-hari? Berikut ulasannya.

1. Mendukung Proses Laktasi

Kelor memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Terutama pada ibu yang sedang memasuki masa menyusui buah hatinya. Beberapa nutrisi ini adalah kalsium, magnesium, fosfor, vitamin C, dan lain sebagainya.

Nutrisi kelor tersebut membantu meningkatkan kuantitas ASI yang dibutuhkan ketika ibu masuk pada masa laktasi.

Oleh karena itu, kelor ini mendapat sebutan sebagai Mother’s Best Friend, atau sahabat bagi kaum ibu. Dalam hal ini kelor berguna sebagai alternatif meningkatkan gizi pada ibu menyusui.

2. Menangani Masalah Asam Lambung

Kelor juga umum digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah pencernaan. Salah satu gangguan yang dimaksud adalah masalah asam lambung.

Selain kaya nutrisi, kelor juga memiliki senyawa flavonoid dan tannin. Senyawa tersebut berfungsi untuk melawan dan menyembuhkan iritasi yang terjadi pada organ lambung.

Berikut adalah cara-cara kelor menangani permasalahan asam lambung menurut Halodoc:

Dalam mengatasi asam lambung, pertama kelor membunuh bakteri H.Pylori. Kelor mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh bakteri tersebut dan meningkatkan resistensi organ lambung.

Hal tersebut dapat mengurangi gejala asam lambung dan meningkatkan prognosis pada pengidap asam lambung. Akhirnya, pengidap asam lambung pun memiliki organ lambung yang lebih kuat daripada sebelumnya.

Selanjutnya, zat antioksidan yang tinggi dalam tumbuhan kelor membantu dalam mencegah kerusakan sel oleh radikal bebas. Selain itu juga menekan zat inflamasi sehingga risiko refluks asam pada lambung dapat berkurang.

Terakhir, selain membunuh bakteri, kelor juga menghilangkan cacing-cacing jahat yang berada dalam usus. Kondisi tersebut berimbas pada pencernaan yang lancar dan mengurangi risiko asam lambung.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Daun Kelor untuk Kesehatan Lambung

3. Mengatasi Penyakit Diabetes

Kadar gula yang tinggi dalam darah dapat menyerang organ atau sel pada tubuh. Salah satunya adalah menyerang sel-sel dalam pankreas yang menyebabkan terganggunya produksi insulin.

Akibatnya, orang akan mengalami penyakit diabetes. Jika seseorang telah terkena gangguan tersebut, penyembuhannya akan terasa sulit.

Oleh karena itu, kita harus selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi tiap harinya. Kelor dapat menjadi salah satu kunci untuk mencegah penyakit diabetes.

Tumbuhan kelor dapat menstabilkan kadar gula dalam darah jika mulai naik. Kegunaan kelor adalah menjaga agar gula darah selalu rendah dan normal dengan meningkatkan kinerja dari hormon insulin.

Kita pun dapat terhindar dari penyakit diabetes jika mengonsumsi kelor secara rutin.

Baca selengkapnya: Daun Kelor Ternyata Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat Kelor Lainnya

Demikian 3 manfaat kelor dalam kehidupan sehari-hari dan bagi kesehatan tubuh. Menurut KataData kelor masih memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan, antara lain:

  1. Menjaga kesehatan otak.
  2. Meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh.
  3. Mencegah penyakit kanker.
  4. Mengurangi kolesterol.
  5. Mencegah penuaan dini dan mencerahkan wajah.
  6. Mengangkat komedo dan menghilangkan bekas jerawat.
  7. Mengurangi risiko komplikasi pada ibu hamil.

Berdasarkan penjelasan di atas, kelor sangat baik dan bersahabat untuk kesehatan tubuh. Walaupun bentuknya yang kecil, tetapi manfaat kelor ini sangat besar.

Nutriflakes sebagai sereal sehat mengangkut seluruh manfaat di atas bersama bahan alami Nutriflakes lainnya. Terutama dalam mengatasi permasalahan asam lambung dan gangguan pencernaan lainnya.

Nutriflakes juga memberikan nutrisi yang dapat mencukupi untuk aktivitas sehari-hari. Salah satunya dengan nutrisi yang kaya dan dibawa oleh tumbuhan kelor ini.

Baca juga: Daun Kelor sebagai Penjaga Kesehatan Paru-Paru