Proses pembuatan gula aren ini ternyata lebih alami sehingga zat-zat yang terkandung di dalamnya juga tidak rusak. Artinya, manfaat gula aren pun lebih terjaga karena tidak melalui banyak proses pemasakan.

Gula aren adalah olahan air nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon aren. Air nira tersebut direbus dengan waktu yang lama hingga mengental dan berubah warna menjadi merah.

Bentuk, warna dan rasa dari gula aren ini sebenarnya hampir mirip dengan gula jawa. Perbedaan dari keduanya sendiri adalah bahan baku yang digunakan.

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

gula aren
Gula aren

Olahan gula ini banyak dimanfaatkan sebagai pemanis alami karena aman untuk tubuh. Kandungan dari gula aren sendiri juga sangat penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi.

Salah satu bahan alami yang digunakan dalam sereal Nutriflakes adalah gula aren ini. Gula ini dianggap lebih baik dan aman digunakan daripada gula pasir pada umumnya.

Gula ini juga sangat dianjurkan untuk penderita diabetes, walau dengan kuantitas yang tidak berlebih. Artinya, Nutriflakes dijjamin tidak akan menimbulkan diabetes.

Selain sebagai pemanis alami, gula aren ini memiliki manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat yang didapatkan ketika menggunakan gula aren.

1. Mencegah Infeksi / Antiseptik

Gula aren memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah anti-inflamasi dan antimikroba.

Kedua fungsi tersebut mencegah bakteri masuk ke dalam luka yang sedang dialami oleh seseorang.

Infeksi disebabkan adanya serangan dari bakteri, virus atau parasit yang bukan berasal dari tubuh. Oleh karena itu, infeksi pada luka dapat dihindari karena bakteri yang tidak dapat masuk.

2. Sumber Energi

Olahan gula aren ini merupakan sumber glukosa bagi tubuh.

Kandungan gula yang kemudian diserap oleh darah ini nantinya akan diolah menjadi energi oleh organ pankreas.

Oleh karenanya, tubuh akan memiliki cadangan energi ketika energi utama sudah digunakan seluruhnya.

Tubuh akan menjadi lebih bersemangat dan segar untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

3. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas memang sangat berbahaya untuk tubuh. Salah satu akibat dari adanya oksidasi ini adalah penyakit kanker.

Oksidasi ini sebenarnya limbah yang dihasilkan ketika makanan diolah menjadi energi.

Paparan sinar matahari dan udara di sekitar kita juga menjadi sumber dari radikal bebas yang dapat masuk ke dalam tubuh.

Senyawa antioksidan pada gula aren ini akan memberikan molekul pada elektron radikal bebas. Sehingga elektron pada radikal bebas ini menjadi netral dan baik untuk tubuh.

Akibatnya, tubuh dapat terhindar dari risiko penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Menangkal radikal bebas menjadi salah satu manfaat dari gula aren.

Baca juga: Mengenal Pohon Gula Aren, Tumbuhan yang Serba Guna

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Gula yang berasal dari nira aren ini memiliki beberapa kandungan vitamin B seperti asam nikotinat, tiamin dan riboflavin. Manfaat yang dibawa oleh vitamin B sendiri juga beragam.

Salah satunya adalah menjaga kesehatan tubuh, khususnya saraf, mata dan kulit. Selain itu, dengan tercukupinya vitamin B ini maka kemungkinan terserang penyakit beri-beri juga sangat kecil.

Artinya, gula aren sebagai sumber vitamin B ini mengurangi peluang terserang berbagai penyakit pada tubuh. Juga meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh atau imunitas.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan mangan dalam gula aren memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dalam tubuh. Mineral tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Jika kesehatan dan kebutuhan tulang terpenuhi maka risiko penyakit tulang seperti osteoporosis juga menurun.

Osteoporosis sendiri adalah gangguan tulang yang disebabkan karena berkurangnya kepadatan tulang. Akibatnya, tulang menjadi lemah dan mengeropos.

Gangguan tersebut umumnya terjadi ketika orang memasuki hari tua.

Namun, jika kebutuhan kalsium dan mangan dalam tubuh tidak terpenuhi, saat usia muda pun dapat terkena penyakit tulang lainnya.

6. Membantu Pertumbuhan Sel

Dalam gula aren mengandung sebuah zat asam amino yang memiliki beberapa peran penting dalam tubuh. Peran-peran ini antara lain: pertumbuhan, membentuk protein dan membentuk sel-sel di dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Gula aren juga mengandung salah satu vitamin B, yaitu vitamin B3. Kandungan tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, gula aren juga dapat menangani permasalahan kulit di wajah. Misalnya, mencegah menumpuknya komedo, melawan jerawat dan kerutan halus, serta menghilangkan noda hitam.

Artinya, kulit akan terasa lebih cerah dan bersih.

Baca juga: Kandungan Gula Aren yang Baik untuk Kesehatan

Pemanfaatan Gula Aren pada Kehidupan Sehari-hari

Pada zaman sekarang, gula aren ini banyak dimanfaatkan dalam produk-produk minuman. Jadi kita sering menjumpai minuman yang menggunakan gula aren sebagai bahan utamaya.

Maksudnya, kini olahan gula aren ini banyak dijumpai pada makanan atau minuman yang dianggap modern.

Tidak seperti dekade lalu, di mana gula aren hanya banyak ditemui pada makanan atau minuman tradisional.

Artinya, pemanfaatan gula aren ini tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang membuat jajanan pasar.

Namun, café dan restoran modern pun mulai menggunakan gula aren sebagai salah satu bahan makanan yang lebih alami.

Salah satu produk modern yang menggunakan gula aren sebagai komposisi utamanya adalah Nutriflakes. Sereal umbi garut ini memanfaatkan gula aren sebagai bahan alami yang aman dan sehat.

Baca Juga: 5 Bahan Alami dan Sehat yang Menyusun Nutriflakes

Berbagai manfaat dari gula aren ini juga diserap dalam Nutriflakes bersama keempat bahan alami lainnya. Oleh karena itu, Nutriflakes sangat bermanfaat dan berguna untuk konsumsi tiap harinya.

Awali pola sehat dengan sereal Nutriflakes.