Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » 4 Manfaat Gula Aren untuk Pria, Penting untuk Diketahui!

Sama dengan bahan-bahan alami dalam Nutriflakes lainnya, gula aren ini juga memiliki segudang manfaat yang penting untuk kesehatan. Apakah manfaat gula aren untuk pria ini menjadi salah satu kebaikan dari pemanis alami ini?

Gula aren merupakan salah satu bahan pemanis alami yang digadang-gadang lebih aman daripada gula pasir pada umumnya. Bahkan, banyak ahli-ahli kesehatan atau peneliti yang mengatakan bahwa gula aren ini aman untuk penderita diabetes.

 

Gangguan Kesehatan pada Pria Dewasa

Jika berbicara mengenai permasalahan kesehatan pada kaum pria, pasti tidak akan jauh dari kondisi organ reproduksi mereka. Padahal ketika dilihat secara luas, masih ada beberapa masalah kesehatan yang sangat rentan bagi pria daripada perempuan.

Kondisi ini tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan, lingkungan, kondisi sosial ekonomi, faktor keturunan, dan lain sebagainya. Apa saja masalah yang sangat rentan bagi para pria dewasa?

Pertama adalah penyakit jantung yang bisa mengancam nyawa dan menyebabkan kematian. Kedua adalah penyakit paru-paru yang sering dialami oleh pria karena kebiasaan merokok. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar perokok aktif adalah dari kelompok laki-laki.

Ketiga ada penyakit ginjal yang sangat berisiko untuk menyebabkan gangguan darah tinggi dan diabetes. Keempat ada gangguan kesehatan yang berhubungan dengan reproduksi pria, seperti kanker prostat, impotensi, dan kesehatan penis.

Dalam mengatasi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan di atas, mungkin kita bisa menggunakan manfaat gula aren untuk pria. Mengapa demikian? Sebab, gula aren ini merupakan bahan pangan yang berasal dari bahan alami sehingga aman untuk kesehatan.

Selain itu, gula aren juga sudah banyak dimanfaatkan pada produk-produk herbal sehingga tidak perlu khawatir lagi.


Lelaki sehat (sumber: canva)

 

Manfaat Gula Aren untuk Pria

Kebaikan yang hadir dari gula aren ini tentu saja tidak jauh dari kandungan gizi dalam gula aren itu sendiri. Gula aren senidiri terbuat dari nira gula aren yang telah disadap dan melalui proses pembuatan yang panjang.

Beberapa kandungan gizi dalam gula aren ini sangat penting untuk kesehatan, seperti thiamin, riblofavin, niacin, asam askorbat, asam nikotinat, dan asam folat. Selain itu, juga terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E.

Tidak hanya itu, di dalam gula aren masih ada protein kasar dan juga mineral garam yang penting untuk kesehatan. Berkat beberapa nutrisi inilah, manfaat gula aren untuk kesehatan bisa hadir di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, masih ada kegunaan gula aren yang lainnya. Berikut beberapa manfaat gula aren untuk pria yang berkaitan dengan kesehatan:

 

a. Mencegah Gangguan Pernapasan

Masalah pada saluran pernapasan memang umum terjadi pada semua orang, baik pada laki-laki ataupun perempuan. Namun, kaum pria ini lebih rentan terkena gangguan pernapasan karena kebiasaan merokok.

Memang tidak semua laki-laki di dunia ini pasti mempunyai kebiasaan merokok. Namun, prevelensi dari laki-laki yang merokok ini lebih banyak daripada kaum perempuan. Oleh karena itu, gangguan pernapasan ini biasanya lebih rentan terjadi pada kelompok pria.

Siapa sangka jika gula aren ini bisa menjadi bahan pangan yang bermanfaat dalam mengatasi gangguan pernapasan. Bagaimana bisa? Gula aren ini memiliki sifat antialergi dan juga antibakteri.

Melalui kedua sifat inilah gula aren mengatasi beberapa masalah pernapasan yang mungkin terjadi pada kaum pria. Oleh karena itu, gula aren ini bisa mencegah berbagai masalah kesehatan seperti asma, batuk, pilek, dan juga bersin-bersin.

 

b. Membantu Masalah Kencing

Manfaat gula aren untuk pria yang selanjutnya adala membantu dalam mengatasi permasalahan buang air kecil. Gula aren merupakan bahan pangan yang bersifat diuretic alami sehingga dapat merangsang buang air kecil.

Hal ini sangat baik bagi kaum laki-laki yang mengalami kesulitan dalam membuang air kecil. Beberapa ahli memberi rekomendasi untuk mengonsumsi gula aren ini bersamaan dengan susu panas.

Kombinasi dari kedua bahan ini bisa mengatasi masalah kencing dan meningkatkan aliran urin. Tidak hanya itu saja, gula aren juga mempunyai sifat antiinflamasi yang bagus untuk meredakan infeksi pada saluran kemih.

Sehingga gangguan infeksi pada saluran kencing ini bisa kita cegah dengan rutin mengonsumsi gula aren, tetapi dengan jumlah yang cukup.


Gula aren (sumber: canva)

 

c. Manfaat Gula Aren untuk Pria dalam Mencegah Penyakit Diabetes

Walaupun memiliki rasa yang manis dan menjadi pemanis alami, indeks glikemik dalam gula aren ini sangat rendah. Bahkan dibandingkan dengan jenis-jenis gula yang ada, kadar gula dalam jenis gula ini masih rendah.

Hal inilah yang membuat gula aren aman untuk konsumsi penderita diabetes atau gula darah tinggi. Hal ini berarti saat mengonsumsi gula aren, kadar gula dalam darah tidak akan meningkat dengan cepat.

Menurut salah satu media online, di dalam gula aren terdapat kandungan serat inulin yang berfungsi untuk menjaga dan menurunkan gula darah secara alami. Gula aren juga rendah akan fruktosa, sebuah gula yang cepat berubah menjadi trigliserida.

Namun, mengonsumsi gula aren ini juga harus tetap ada batasan. Jika melansir dari website Kementrian Kesehatan RI, batasan mengonsumsi gula ini sebanyak 4 sendok makan dalam satu hari, tidak boleh lebih dari itu.

 

d. Meningkatkan Kualitas Sperma

Manfaat gula aren untuk pria yang terakhir ini adalah berkaitan dengan sistem reproduksi pada laki-laki. Kualitas sperma dalam orang laki-laki menjadi penting bagi mereka yang ingin membangun keluarga baru.

Sebab, hal ini sangat berhubungan dengan tingkat atau kadar kesuburan dari laki-laki itu sendiri. Jika kualitas sperma pada laki-laki sangat rendah, maka sel sperma tersebut tidak akan mampu untuk membuahi sel telur pada perempuan.

Kualitas sperma sendiri sangat berkaitan dengan gaya hidup dan kebiasaan seperti merokok. Semakin buruk kebiasaan sehari-hari, maka semakin rendah juga kualitas sperma pada seorang laki-laki.

Jika sudah demikian, maka konsumsi gula aren bisa menjadi salah satu cara dalam menjaga kualitas sperma ini. Sebab, dengan mengonsumsi gula aren ini bisa membantu dalam meningkatkan kualitas sperma.

Selain itu, gula aren juga bisa meningkatkan jumlah produksi sperma dan membantu meningkatkan stamina dari alat vital pria. Selain menggunakan gula aren, terdapat juga manfaat daun kelor untuk alat vital pria yang mungkin bisa untuk dicoba.

manfaat daun kelor untuk pria
Sel sperma (sumber: canva)

 

Cara Mengonsumsi Gula Aren dengan Aman

Melihat berbagai manfaat gula aren untuk pria yang ada, menggunakan pemanis alami ini menjadi lebih aman daripada jenis pemanis lainnya. Namun, konsumsi gula aren ini tentu saja tetap harus berhati-hati dalam kehidupan sehari.

Salah satu cara mengonsumsi gula aren dengan aman ini bisa dengan seral Nutriflakes yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang menggunakan gula aren sebagai pemanis alaminya.

Sehingga sereal ini aman untuk konsumsi setiap hari karena tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, masih banyak manfaat dari Nutriflakes, seperti mengatasi asam lambung serta maag, menjaga berat badan, mengurangi kolesterol, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai manfaat gula aren untuk pria, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan aman!

 

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles