Salah satu bahan dari Nutriflakes adalah gula aren yang berfungsi sebagai pemanis alami dalam sereal. Lalu adakah manfaat gula aren untuk lambung mengingat Nutriflakes merupakan sereal yang berfokus pada sistem pencernaan, khususnya lambung?

Lambung merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan yang memiliki banyak masalah kesehatan. Misalnya adalah perut kembung, asam lambung, nyeri hingga radang lambung.

Semua ini menyebabkan ketidaknyamanan dan dalam beberapa kasus rasa sakit yang tak tertahankan. Banyak ahli percaya bahwa penyakit lambung ini menunjukkan efek dari pola makan yang buruk, sistem kekebalan yang lemah, dan kebersihan diri yang kurang terjaga.

Menurut berbagai sumber, penyakit pada lambung ini bisa kita atasi atau tangani dengan cara sederhana. Salah satunya dengan pengobatan alami tanpa efek samping, yaitu kandungan gula aren.


Gula aren (sumber: canva)

5 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Lambung

Gula aren memang banyak masyarakat gunakan sebagai tambahan rasa manis pada beberapa makanan. Sebab, gula aren ini memiliki rasa serta aroma yang khas. Selain itu, indeksi glikemik dalam gula aren masih termasuk rendah, sehingga aman untuk kita konsumsi.

Selain sebagai pemanis, gula aren memiliki manfaat yang berhubungan dengan organ lambung pada pencernaan. Apa saja manfaat-manfaat ini? berikut uraiannya:

1. Mengatasi Asam Lambung Naik

Peningkatan kuantitas asam lambung yang diproduksi oleh lambung dapat memberikan banyak masalah. Salah satunya adalah menyebabkan peradangan dan kerusakan pada otot-otot lambung.

Gula aren membantu kondisi tersebut, yang berati mengatasi kenaikan asam lambung dan mencegahnya untuk menjadi kondisi yang lebih berbahaya. Cara memanfaatkan ini sangatlah mudah, yaitu minum larutan air gula aren yang mengandung riboflavin.

2. Membantu Mengatasi Gastroenteritis

lebih parah maag atau asam lambung
Sakit perut (sumber: canva)

Gangguan Gastroenteritis atau sering kita sebut dengan flu perut ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Penderita gastroenteritis sering merasa tubuhnya lesu dan lemah. Selain itu, gejala utama pada gangguan ini adalah mual dan muntah.

Manfaat gula aren untuk kesehatan lambung selanjutnya adalah mengatasi kondisi gastroenteritis ini.

Bukan menyerang faktor dari infeksi tetapi gula aren membantu mengatasi kondisi gejala yang terjadi. Gula aren menyeimbangkan cairan, meningkatkan tingkat energi, dan mencegah kelesuan.

3. Khasiat Gula Aren untuk Lambung dalam Mengurangi Mual

Bentuk lain dari gejala sakit maag atau asam lambung adalah mual yang tentunya sangat mengganggu. Dalam mengatasi rasa mual ini bisa kita lakukan dengan mengonsumsi air gula aren, terutama dalam kondisi yang hangat.

Rasa manis dari air gula membantu mencegah mual, yang dapat memperburuk sakit perut. Namun, hal ini harus digunakan dengan hati-hati pada penderita diabetes. Kondisi lain dengan manfaat yang sama adalah manfaat permen jahe dalam mengatasi mual dan diare.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Gula Aren Asli agar Tidak Tertipu

4. Manfaat Gula Aren untuk Menyamankan Lambung

Asam lambung dan jenis penyakit lambung lainnya seringkali menimbulkan rasa sakit, membuat orang tidak nyaman dan membutuhkan penanganan segera.

Untuk menenangkan perut, air gula aren dapat diberikan kepada penderita masalah lambung. Kondisi yang lebih nyaman akan membantu meningkatkan proses pemecahan masalah pada lambung.

5. Memberikan Energi pada Tubuh

Kondisi tubuh dengan energi dan stamina yang cukup tentunya mendukung proses penyembuhan alami tubuh. Gula aren merupakan sumber energi yang cepat tubuh serap dan dapat menjaga kebugaran tubuh.

Air gula aren yang hangat juga secara tidak langsung dapat merangsang kondisi lebih tenang dan nyaman.

Kesimpulan Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Pencernaan Lambung


Bentuk-bentuk gula aren (sumber: canva)

Berbeda dengan gula pasir, gula aren bukan hanya pemanis tetapi juga terdiri dari sukrosa atau fruktosa. Namun, gula aren juga mengandung serat berupa inulin.

Pada sistem pencernaan manusia, inulin membantu mendorong pertumbuhan probiotik dalam usus, terutama bifidobacteria dan lactobacilli. Gula aren memiliki kandungan inulin yang mempunyai manfaat tersendiri bagi bakteri usus.

Demikian beberapa manfaat air gula aren untuk lambung. Menggunakan air gula aren ini sebenarnya sangat mudah. Artinya, ketika Anda memiliki masalah lambung, konsumsilah air gula aren yang cukup jangan berlebihan.

Dalam pembuatannya hanya dengan melarutkan gula aren yang dicampur air panas sampai menyatu rata.

Jika tidak hanya ingin mengonsumsi gula aren saja, kita bisa mengonsumsi sereal makanan yang mengandung gula aren, salah satunya seperti Nutriflakes. Sebuah sereal sehat yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung. Cara konsumsinya pun mudah dan praktis.

Nutriflakes, rahasia perut nyaman dan pencernaan sehat!

Baca juga: Begini Proses Pembuatan Gula Aren

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles