Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » 8 Manfaat Gula Aren untuk Ibu Hamil, Baik untuk Ibu dan Janin

Gula aren merupakan salah satu jenis pemanis alami yang aman untuk masyarakat Indonesia konsumsi. Bahkan bahan pangan ini memiliki kebaikan untuk kesehatan. Lalu apakah terdapat manfaat gula aren untuk ibu hamil?

Proses kehamilan merupakan fase hidup dari kaum perempuan yang sangat penting, baik dari segi sosial, kesehatan, dan lain-lain. Kesehatan pada ibu hamil sendiri juga harus benar-benar dijaga karena pada masa hamil ini merupakan masa yang rentan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kebutuhan dari ibu hamil ini sangatlah banyak. Bahkan kebutuhan nutrisi ini lebih banyak daripada kelompok laki-laki dewasa. Selain itu, memenuhi kebutuhan gizi merupakan salah satu cara dalam menjaga kesehatan.

Sebab, kebutuhan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil ini akan terbagi menjadi dua, untuk ibu dan untuk janin yang masih berkembang. Tidak heran jika porsi makan dari ibu hamil ini biasanya bertambah.

 

Manfaat Gula Aren untuk Ibu Hamil

Makanan sehat dan padat akan nutrisi sangat ibu hamil butuhkan dalam membantu memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Salah satu bahan yang aman untuk konsumsi dan memenuhi salah satu kebutuhan ini adalah gula aren.

Di mana gula aren dianggap lebih aman daripada gula putih yang biasanya masyarakat Indonesia gunakan untuk membuat minuman. Selain itu, manfaat gula aren untuk kesehatan ini bermacam-macam bentuknya.

Mengapa gula aren menjadi pemanis alami yang baik untuk ibu hamil? Dan apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh gula aren ini?

vitamin C untuk ibu hamil
Ibu hamil (sumber: canva)

Beberapa kandungan nutrisi dalam gula aren ini antara lain: thiamin, riblofavin, niacin, asam askorbat, asam nikotinat, dan asam folat. Selain itu, gula ini juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E.

Selain itu, masih ada protein kasar dan mineral garam di dalam gula aren. Beberapa asupan gizi ini pastinya sangat penting untuk kebutuhan tubuh manusia. Melalui kandungan-kandungan tersebut, gula aren memberikan manfaatnya yang penting untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat gula aren untuk ibu hamil:

 

a. Membuat Otot Rahim Rileks

Ciri-ciri perubahan yang khas saat masa kehamilan adalah dinding rahim yang menebal, pertanda bahwa seseorang sedang hamil. Penebalan pada rahim ini bukanlah masalah karena baik untuk pertumbuhan janin.

Namun, hal ini bisa membuat otot-otot di sekitar menjadi lebih tegang. Gula aren ini mengandung mineral kalium yang cukup tinggi. Di mana kalium ini terkenal akan fungsinya yang bisa membantu otot menjadi lebih santai.

Dengan mengonsumsi gula aren, ibu tidak akan mengalami kram perut akibat otot yang menegang.

 

b. Mencegah Penyakit Anemia

Ibu hamil rentan terkena penyakit anemia karena kurangnya asupan zat besi. Manfaat gula aren untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah hal tersebut. Gula aren ini bisa membantu dalam meningkatkan sel-sel darah merah sehingga risiko penyakit anemia pun akan menurun.

Gula aren juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan infeksi atau gangguan kesehatan lainnya. Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsi gula aren ini akan membantu dalam membersihkan darah selama masa kehamilan.

Hal ini penting untuk menjaga kesehatan bayi yang belum lahir.


Gula aren (sumber: canva)

 

c. Mengurangi Nyeri Sendi

Selama masa kehamilan, ibu yang mengandung pasti rentan terkena nyeri sendi, khususnya pada bagian kaki. Mengonsumsi gula aren saat masa kehamilan ini bisa menjaga dan memelihara kesehatan tulang dan sendi.

Sehingga melalui asupan gula aren ini bisa meminimalisir nyeri dan juga kekakuan saat masa-masa kehamilan.

 

d. Manfaat Gula Aren untuk Ibu Hamil dalam Meminimalkan Retensi Air

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa gula aren mengandung mineral kalium yang sangat tinggi. Selain membantu dalam merilekskan otot-otot rahim, asupan kalium ini juga berfungsi untuk mengurangi retensi air di dalam tubuh.

Mineral kalium hadir dalam tubuh untuk membantu dalam mempertahankan keseimbangan elektrolit di dalam tubuh manusia. Sehingga, dengan mengonsumsi gula aren ini akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit selama masa kehamilan.

 

e. Mengatur Tekanan Darah

Gula aren memiliki kandungan sodium yang rendah sehingga bisa membantu dalam mengontrol tekanan darah. Tekanan darah ini tidak boleh berlebihan maupun kurang dari angka normal.

Selain itu, dengan gula aren kita bisa mengurangi risiko terkena batu ginjal dan juga penyakit jantung.

 

f. Proses Kehamilan yang Sehat

Manfaat gula aren untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu agar proses kehamilan tetap sehat dan berjalan dengan sebagaimana mestinya. Sebab, gula aren memiliki kandungan nutrisi asam folat yang sangat baik dalam proses kehamilan.

Asam folat ini akan menjamin proses pertumbuhan dan perkembangan janin dengan tepat. Selain itu, gula aren juga memberikan energi yang dibutuhkan oleh ibu. Sebab, ibu hamil akan cepat lelah karena proses pertumbuhan janin ini membutuhkan banyak energi.

Gula aren bisa menambah energi dengan cepat tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah. Sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir untuk terkena diabetes atau mengalami letih, lesu, dan lemah selama hamil.


Gula aren (sumber: canva)

 

g. Membantu Pemulihan setelah Melahirkan

Proses pemulihan setelah ibu melahirkan pastinya membutuhkan waktu yang lama dan perhatian yang ekstra. Setiap proses melahirkan, baik yang melalui prorses persalinan normal atau Caesar, pasti akan menghasilkan luka.

Salah satu manfaat gula aren untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah membantu dalam membentuk protein dan sel-sel dalam tubuh. Sehingga melalui gula aren ini, penutupan luka dan pemulihan kondisi ibu untuk kembali sehat akan berjalan dengan lebih cepat.

Selain itu, berkat kandungan di dalamnya gula aren memiliki sifat antiseptik. Di mana sifat ini akan sangat berguna untuk mencegah infeksi yang mungkin terjadi pada luka yang muncul setelah melahirkan.

 

h. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Proses pencernaan pada ibu hamil akan berjalan lebih lambat daripada orang yang tidak dalam keadaan hamil. Hal ini terjadi karena perubahan hormon saat proses kehamilan.

Alhasil, ibu hamil akan sering mengalami gangguan pencernaan, seperti asam lambung naik, sembelit, dan lain sebagainya. Tenang saja, ternyata terdapat manfaat gula aren untuk kesehatan pencernaan, khususnya lambung.

Kandungan riboflavin dalam gula aren bisa mengatasi kenaikan asam lambung dan mencegah kondisi yang lebih bebahaya.

Selain itu, gula aren juga memuliki kandungan serat pangan yang tinggi. Bahan pangan yang tinggi akan serat pangan sangat baik untuk sistem pencernaan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi gula aren juga bisa mencegah gangguan sembelit.

 

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Melalui penjelasan di atas, gula aren menyimpan kebaikan-kebaikan yang sangat penting bagi ibu hamil. Oleh karena itu, akan lebih baik jika ibu hamil ini mengganti konsumsi gula putih dengan gula aren agar lebih aman dan sehat.

Gula aren banyak dimanfaatkan pada produk-produk makanan atau minuman yang sehat. Salah satu contohnya adalah sereal Nutriflakes yang kaya akan nutrisi dan manfaat. Sereal ini menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman untuk konsumsi ibu hamil setiap hari.

Selain itu, Nutriflakes juga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil setiap hari. Demikian ulasan mengenai berbagai manfaat gula aren untuk ibu hamil yang patut untuk kita ketahui.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan aman!

 

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles