Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » 3 Manfaat Gula Aren untuk Penderita Diabetes

Sudah sejak lama gula aren terkenal di kalangan masyarakat untuk menjadi pemanis alami dalam makanan atau minuman tertentu. Tidak hanya itu saja, jenis gula ini aman untuk kita konsumsi, bahkan rumornya terdapat manfaat gula aren untuk diabetes.

Apakah benar anggapa mengenai gula aren tersebut?

 

Kandungan Dalam Gula Aren

Gula aren adalah salah satu jenis gula yang berasal dari nira pohon gula aren. Di mana pohon ini masuk dalam kelompok tanaman palem yang memiliki senyawa sukrosa dan fruktosa yang tinggi. Alhasil, pohon ini banyak dimanfaatkan untuk menjadi bahan dasar gula.

Tumbuhan aren ini menjadi pohon palem yang paling penting kedua setelah pohon kelapa. Mengapa demikian? Sebab, sebagian besar bagian dari pohon aren ini memiliki fungsinya masing-masing, mulai dari akar sampai pada daun dan buahnya.

Nira aren, sebagai bahan dasar dari gula aren, memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Berbagai nutrisi yang ada dalam nira aren ini tetap bertahan walaupun sudah melalui proses yang panjang untuk menjadi gula aren.

manfaat gula aren untuk ibu hamil
Gula aren (sumber: canva)

Berkat kandungan gizi inilah manfaat gula aren untuk kesehatan menjadi bermacam-macam. Bahkan terdapat manfaat gula aren untuk penderita diabetes yang notebene memiliki pantangan utamanya adalah bahan pangan yang manis.

Nutrisi yang ada di dalam gula aren ini bermacam-macam bentuknya, mulai dari vitamin hingga mineral. Beberapa contoh kandungan gizi yang penting untuk kesehatan dalam gula aren antara lain zat besi, kalsium, zinc, kalium, polifenol, inulin, dan antioksidan yang tinggi.

Sedangkan dalam kelompok vitamin terdapat vitamin A, vitamin B, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E dalam gula aren. Selain itu, masih ada protein kasar dan juga mineral garan di dalam gila aren.

 

Manfaat Gula Aren untuk Penderita Diabetes

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa nira aren bisa menjadi pemanis alami karena memiliki fruktosa dan sukrosa yang tinggi. Di mana kedua senyawa ini merupakan kata lain dari gula, fruktosa adalah gula buah sedangkan sukrosa adalah gula.

Kendati demikian, gula aren yang berasal dari nira aren ini ternyata juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, indeks glikemik dari gula aren juga termasuk lebih rendah daripada jenis gula-gula lainnya seperti gula pasir.

Beberapa ahli juga telah mengungkapkan bahwa nilai glikemik dalam gula aren yang rendah ini masih tetap aman untuk penderita diabetes. Serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah menjadi alasan dari gula aren aman untuk kesehatan maupun penderita asam lambung.

Namun, tentu saja dengan catatan tidak mengonsumsinya dengan cara yang berlebihan. Sebab, sesuatu yang berlebihan ini tidaklah baik untuk kesehatan seseorang.

Berikut beberapa manfaat gula aren untuk kadar gula dalam darah dan penderita diabetes yang harus kita ketahui:

 
Kadar gula darah normal (sumber: canva)

 

a. Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes

Salah satu kandungan gizi yang terkenal dalam gula aren adalah serat larut inulin. Adanya nutrisi serat ini membuat gula aren tidak akan menyebabkan lonjakan gula dalam darah yang drastis. Mengapa bisa demikian?

Hal ini karena gula aren tidak akan memecah glukosa dalam darah secara langsung. Namun, pelepasan energi dari glukosa ini berlangsung secara perlahan sehingga kenaikan atau penurunan gula darah ini terjadi dengan merata.

Inilah yang membuat gula aren menjadi bahan pangan manis yang aman untuk penderita diabetes konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga mencegah seseorang yang dalam keadaan sehat terkena penyakit diabetes.

Oleh karena itu, makanan-makanan lain yang mengandung serat larut inulin juga aman bagi penderita diabetes.

 

b. Mengontrol Gula Darah

Manfaat gula aren untuk diabetes yang selanjutnya adalah mengontrol kadar gula dalam darah seseorang. Ketika seseorang yang terkena diabetes berusaha untuk menurunkan gula darah mereka, bisa saja terlewat dari batas atau “kebablasan”.

Alhasil, seseorang bisa saja mengalami gula darah yang rendah. Gula aren mencegah hal tersbut dengan meningkatkan gula darah secara perlahan dan tidak berlebihan. Hingga akhirnya gula darah berada dalam angka yang normal

Hipoglikemia atau gula darah rendah bisa membuat penderitanya merasakan lapar, berkeringan, gemetar, pusing, kejarng, mual, hingga tak sadarkan diri dalam waktu lama. Artinya, gula darah tinggi maupun rendah sama-sama berbahaya untuk kesehatan.


Kadar gula darah rendah (sumber: canva)

 

c. Manfaat Gula Aren untuk Diabetes: Kaya akan Antioksidan

Semua orang, baik orang yang sehat ataupun penderita penyakit diabetes, pasti memerlukan asupan antioksidan pada kehidupan sehari-hari. Sebab, antioksidan ini berguna untuk memerangi radikal bebas yang ada di dalam tubuh manusia.

Oleh karena itu, manfaat gula aren untuk diabetes selanjutnya adalah menyediakan asupan antioksidan. Dengan adanya antioksidan ini radikal bebas tidak akan lagi menyebabkan masalah kesehatan dalam tubuh manusia.

Sebab, radikal bebas terkenal bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan juga penyakit kardiovaskular. Sehingga dengan adanya antiokisidan polifenol dalam gula aren bisa mencegah penyakit kanker dan jantung.

 

Lebih Sehat Manfaat Gula Aren atau Gula Putih?

Indeks glikemin adalah angka yang menggambarkan pengaruh makanan terhadap peningkatan kadar gula darah seseorang. Indeks glikemik ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Indeks glikemik rendah, kelompok makanan yang memiliki indeks glikemik kurang dari 56. Artinya, karbohidrat diserap tubuh dengan cara perlahan sehingga peningkatan gula darah akan sedikit.
  • Indeks glikemik sedang, kelompok makanan yang kadar gulanya berada pada angka 55 sampai 69.
  • Indeks glikemik tinggi, kelompok makanan yang kadar gulanya lebih dari 70. Arrtinya, karbohidrat dalam makanan cepat terurai dan cepat juga dalam melepaskan glukosa ke dalam darah.

Menurut sebuah penelitian, indeks glikemik dalam gula aren ini berada pada angka 35. Sehingga gula aren ini termasuk ke dalam kelompok makanan yang rendah kadar gulanya.


Gula pasir (sumber: canva)

Sedangkan gula putih pada umumnya memiliki indeks glikemik pada angka 68. Sehingga gula pasir masuk ke dalam makanan yang sedang mendekati tinggi kadar gulanya.

Menurut penjelasan ini, gula aren ini lebih aman untuk konsumsi setiap hari daripada gula pasir yang seringkali digunakan masyarakat Indonesia. Artinya, manfaat gula aren untuk penderita diabetes lebih baik dan aman daripada gula pasir pada umumnya.

Oleh karena itu, Nutriflakes sebagai sereal sehat menggunakan gula aren sebagai pemanis alami di dalamnya. Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung dan penyakit lambung lainnya.

Dengan penggunaan gula aren ini, sereal Nutriflakes menjadi aman untuk penderita diabetes konsumsi. Sehingg tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi Nutriflakes sebagai makanan harian kita.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan aman dari penyakit!

 

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles