Tumbuhan kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tersebar di negara-negara Asia. Kelor ini memiliki segudang kegunaan yang baik untuk kesehatan, apakah manfaat daun kelor untuk pria ini menjadi salah satu contohnya?

Setiap manusia, mau perempuan atau laki-laki, pasti memiliki bagian reproduksi yang penting untuk kehidupan di masa depan. Seperti rahim yang merupakan organ penting untuk perempuan, maka laki-laki pun juga memiliki bagiannya.

Pentingnya Alat Reproduksi

Sedangkan pada laki-laki, organ yang penting dalam reproduksi ini biasanya sering disebut dengan alat vitalitas pria. Organ-organ ini sangat penting untuk masa depan karena sangat berguna untuk membuahi ovarium.

Apalagi bagi laki-laki yang sudah memiliki rencana untuk menikah dan mendirikan keluarga baru. Jika alat vitalitas laki-laki ini tidak dapat berfungsi dengan baik, maka memulai keluarga dengan anak pun juga akan sulit.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan alat vitalitas bagi kaum pria merupakan sebuah keharusan ketika mempunyai keinginan untuk berkeluarga. Tidak sedikit kasus keluarga yang gagal berkeluarga ini sumbernya dari pihak laki-laki itu sendiri.

Artinya, kegagalan dalam proses kehamilan bukan hanya berada pada pihak perempuan saja.

Manfaat Daun Kelor untuk Alat Vital Pria


Daun kelor dan bubuknya (sumebr: canva)

Kegunaan daun kelor untuk kesehatan tubuh ini tidak hanya terbatas pada mencegah berbagai penyakit yang mungkin menyerang. Ternyata kebaikan daun kelor bisa menjadi ramuan alami dalam meningkatkan vitalitas pria untuk kegiatan reproduksi.

Bahkan daun kelor ini justru menjadi salah satu bahan makanan afrodisiak, sumber makanan yang dapat membantu dalam meningkatkan gairah laki-laki. Gangguan impotensi merupakan masalah terbesar bagi kaum pria dan hal ini dapat teratasi dengan mengonsumsi kelor.

Kandungan alami dalam tumbuhan kelor mampu untuk meningkatkan vitalitas dan menjaga kesehatan organ vital pada kaum pria.

Lalu bagaimana daun kelor ini memberikan kebaikan pada pria? Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor untuk alat vital pria:

1. Meningkatkan Hormon Testoteron

Jika pada kaum perempuan terdapat hormon estrogen yang sangat khas, maka laki-laki memiliki hormon testoteron. Walaupun pada kenyataannya perempuan juga mempunyai hormon testoteron, tetapi dalam jumlah yang kecil.

Hormon testoteron sangat bertanggung jawab dalam mengatur gairah seseorang, baik laki-laki atau perempuan. Idealnya, pada laki-laki keberadaan hormon ini lebih tinggi. Dengan begitu, kekurangan hormon testoteron akan mengakibatkan hasrat untuk bercinta menjadi menurun.

Berdasarkan sebuah studi dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, daun kelor dapat mengatasi masalah tersebut. Di mana daun kelor akan memicu produksi dari hormon testoteron dalam tubuh seorang pria.

Oleh karena itu, dengan rutin mengonsumsi daun kelor ini, keseimbangan hormon testoreron akan tetap terjaga. Sehingga hasrat untuk bercinta pun tidak akan pudar.

2. Mencegah Impotensi

Manfaat daun kelor untuk pria yang selanjutnya adalah mencegah terjadinya impotensi. Disfungsi ereksi atau impotensi ini merupakan sebuah keadaan ketika penis tidak mendapat aliran darah yang cukup.

Akibatnya, penis seorang laki-laki akan sulit untuk memasuki kondisi ereksi yang penuh. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Salah satunya adalah kadar lemak pada darah yang berlebihan, hal ini akan membuat kadar kolesterol dan gula menjadi tinggi.

Sedangkan kolesterol dan gula yang tinggi ini dapat memicu impotensi. Berdasarkan kajian dalam jurnal Food and Chemical Toxicology, daun kelor memiliki kegunaan untuk mengendalikan jumlah lemak darah.

Selain itu, daun kelor juga dapat mencegah penyumbatan darah pada arteri. Alhasil, aliran darah menjadi lebih lancar, khususnya pada organ penis. Dengan suplai darah yang cukup, impotensi pun dapat tercegah.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria


Sel sperma (sumber: canva)

Berbicara mengenai kesuburan ini pria ternyata juga memiliki masa kesuburannya, tidak hanya perempuan saja. Oleh karena itu, salah satu manfaat daun kelor ini bisa untuk kesuburan vital pria.

Gangguan kesuburan atau infertelitas pada pria biasanya banyak terjadi karena sel sperma yang tidak sehat. Penyebab utamanya adalah adanya radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan oksidatif. Hal ini dapat mengganggu produksi dan kualitas pada sperma.

Daun kelor mempunyai kandungan antioksidan alami yang tinggi, sehingga dapat mengatasi keadaan di atas. Hal ini juga sudah dibuktikan dalam Journal of Ethnopharmacology yang menguji tingkat kesuburan dengan suplemen ekstrak daun kelor.

Hasilnya adalah daun kelor secara signifikan bisa meningkatkan volume air mani, jumlah sperma, dan motilias. Hal ini berhubungan dengan seberapa banyak jumlah dosis penggunaan daun kelor yang diberikan.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Lambung

4. Manfaat Daun Kelor untuk Mendukung Kesehatan Prostat Pria

Prostat merupakan salah satu organ vital pada pria yang bertugas untuk memproduksi cairan sperma. Pada organ ini juga orang rentan terkena penyakit kanker karena bisa tumbuh sel kanker.

Daun kelor kaya akan senyawa alami yang mengandung sulfur, sebuah glukosinolat yang memberikan sifat antikanker pada tumbuhan. Alhasil, daun kelor ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat pria.

Selain itu, penelitian dari Kuwait University menyatakan bahwa daun kelor dapat mengatasi gangguan prostat lainnya. Contohnya adalah benign prostatic hyperplasia (BPH) atau biasa disebut dengan prostat jinak.

Keadaan tersebut menyebabkan prostat yang membesar dan menekan saluran kemih. Akibatnya, seseorang akan mangalami kesulitan saat buang air kecil.

5. Meningkatkan Kepuasan


Pria sehat (sumber: canva)

Manfaat daun kelor untuk alat vital pria yang terakhir adalah dapat meningkatkan kepuasaan saat bercinta. Mengapa bisa?

Daun kelor merupakan tumbuhan yang kaya akan antioksidan sehingga dapat meningkatkan vitalitas pada pria. Hal ini dikarenakan antioksidan mengambil peran penting dalam menjaga kesehatan saraf, jaringan, dan neuron otak.

Melalui antioksidan ini, neuron-neuron dalam otak menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan seksual yang tubuh kita rasakan. Selanjutnya neuron ini akan melepaskan serangkaian perintah yang mengatur akan rasa nikmat.

Hal tersebutlah yang menjadikan rasa nikmat saat bercinta menjadi lebih tinggi.

Cara Mengonsumsi Daun Kelor agar Mendapatkan Manfaat

Melihat berbagai manfaat daun kelor untuk pria di atas, mengonsumsi sayuran ini menjadi penting untuk kehidupan sehari-hari. Selain mudah untuk menemukannya, mengonsumsi daun kelor ini juga sangat mudah.

Salah satu caranya ini bisa dengan merebusnya lalu meminum air rebusannya. Namun, bisa juga dengan menambahkan serbuk daun kelor pada makanan atau minuman. Selain itu, daun kelor pun juga dapat kita manfaatkan untuk menjadi minuman teh herbal.

Daun kelor juga dapat kita konsumsi melalui sereal Nutriflakes, sebuah makanan yang menggunakan kelor sebagai salah satu bahan alaminya. Cara ini sangat praktis dan tentunya lebih nikmat.

Nutriflakes, nutrisi dapat kesehatan pun terjaga!

Baca juga: Daun Kelor untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles